Yogyakarta Rasa India ala Ateeya

0
384
Yogyakarta Rasa India ala Eteeya
Eteeya - Foto Oleh Aji Sukma

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Salah satu hal yang selalu saya syukuri dalam hidup saya adalah terlahir sebagai omnivora. Maksudnya, saya bisa makan makanan apa saja tanpa ada pantangan karena alergi atau sebab lainnya. Pun dengan berbagai masakan yang pernah saya temukan dari berbagai daerah bahkan negara. Paling hanya sekedar suka atau tidak suka, tapi sejatinya saya masih bisa memakannya. Makanan khas India misalnya. Banyak teman saya yang kurang menyukai bahkan tidak doyan dengan masakan India karena dirasa terlalu tasty. Itu bukanlah hal yang aneh karena masakan India pada umumnya memang menggunakan banyak rempah sehingga aroma dan rasanya jauh lebih tajam jika dibandingkan dengan masakan Indonesia.

Yogyakarta Rasa India Ada di Ateeya

Di Yogyakarta ada beberapa tempat makan yang menyajikan masakan timur tengah hingga India, salah satunya adalah rumah kuliner Ateeya. Rumah kuliner Ateeya ini berada di Jl. Anggajaya 2 No.111, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman. Lokasinya masih terbilang strategis karena cukup mudah dijangkau dari berbagai arah, dan hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Jogja.

Yogyakarta Rasa India ala Eteeya
Ateeya – Foto Oleh Aji Sukma

Menyajikan beragam menu makanan khas dari timur tengah dan India, membuat kita serasa sedang berkelana rasa ke negeri asalnya saat menikmatinya.

Banyak Pilihan Menu dan Ukuran

Ada banyak pilihan menu dengan berbagai ukuran di Ateeya. Mulai dari nasi biryani, nadi kebuli, nasi mandi, paratta, sawarma, roti naan, dan masih banyak lainnya. Harganya mulai dari belasan hingga puluhan ribu, tergantung menu dan ukuran yang dipilih.

Porsi yang pas untuk satu orang dan praktis untuk take away atau dibawa pulang, saya sangat rekomendasikan menu rice bowl. Berbagai pilihan nasi seperti kebuli, biryani atau mandi disajikan dalam satu wadah dengan porsi yang pas. Topingnya pun bisa memilih sesuai selera, seperti ayam, telur, atau daging kambing.

Sementara jika ingin memesan menu selain nasi atau sekedar kudapan, ada banyak pilihan roti cane, naan, bahkan martabak.

Ramah Bagi Lidah Indonesia

Sejujurnya, meski makanan yang dijual khas timur tengah dan India, saya pribadi menilai masakannya masih terasa Indonesianya. Misalnya rasa kuah kari yang yang ada di biryani rice bowl dan martabak telur kari ayam yang saya pesan. Jika kari India biasanya memiliki aroma dan rasa rempah yang sangat kuat, maka tidak begitu dengan kari yang ada di Ateeya ini. Bahkan tekstur dan warnanya cenderung mirip opor Indonesia, meskipun rasanya tetap ada rasa kari.

Yogyakarta Rasa India ala Eteeya
Martabak Kuah Kari – Foto oleh Aji Sukma

Hal ini menurut saya justru bagus untuk pelanggan yang baru mencoba masakan India pertaman kalinya, karena rasanya cukup ramah dan mudah diadaptasi oleh lidah lokal.

Terlepas dari rasa kuah karinya, porsi nasi biryani rice bowl ayam nya sangat pas. Di dalamnya terdapat sepotong ayam, kuah kari dan tambahan acar mentimun. Nasi biryani ini terlihat menarik karena berwarna warni, dan teksturnya tidak terlalu pera.

Yogyakarta Rasa India ala Eteeya
nasi biryani rice bowl ayam – Foto Oleh Aji Sukma

Sementara untuk martabak telurnya memiliki rasa cenderung polos jika dimakan tanpa cocolan kuah kari, sehingga sangat saya sarankan untuk mencelupkan martabak ke dalam kuah kari terlebih dahulu saat menyantapnya. Sayangnya, menu ini tidak menambahkan cabe rawit dan acar. Sebagai orang Indonesia, rasanya ada yang kurang saat menikmati gorengan tanpa ada rasa pedasnya. Soal tekstur, kulit martabak di Ateeya ini terasa lebih tebal dari martabak pada umumnya.

Yogyakarta Rasa India ala Eteeya
Martabak Kuah kari – Foto oleh Aji Sukma

Bisa Dipesan di Go-food

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, menu yang pas untuk dimakan sendiri adalah menu rice bowl. Sangat cocok disantap saat jam makan siang karena porsinya cukup mengeyangkan. Dengan kemasan rice bowl ini kita juga tidak perlu kawatir berantakan saat memesannya lewat aplikasi online.

Seperti saat saya memesannya via Go-food beberapa waktu lalu. Seporsi nasi biryani rice bowl ayam, dan martabak telur kari ayam sampai di tangan dengan kemasan yang tetap rapi dan tidak berantakan sama sekali.

( PENA/AS )

Banner Pesen Makan Sekarang