Warung Mas Joko: Kuliner Enak Khas Jawa di Makassar!

0
83
Warung Mas Joko: Kuliner Enak Khas Jawa di Makassar!
Warung Mas Joko - Foto Oleh Alfu Laila Walaila

Pesenmakan.id Makassar – Di Makassar Sulawesi Selatan, tidak sulit untuk menemukan kuliner khas luar Sulawesi. Begitu banyak pendatang dari luar (terutama dari Pulau Jawa) mengadu nasib di Makassar dengan membuka usaha warung makan. Hal ini membuat warga Makassar bisa mencicipi berbagai kuliner dengan aneka cita rasa yang berbeda.

Salah satu warung makan yang menjual kuliner khas Jawa adalah Warung Makan Mas Joko yang berlokasi di jl. Nipa Nipa lama no 48, Antang. Warung mas Joko ini tidak hanya ramai didatangi oleh pembeli asal Jawa, saya yang asli Makassar pun sering memilih Warung Makan ini untuk membeli menu makan siang keluarga. Selaian karena lokasi yang dekat dengan rumah, tentunya juga makanan yang mereka jual cocok dengan selera lidah saya.

Menu yang ditawarkan juga beragam. Ada gado-gado, mi pangsit, bakso, mi kering, nasi goreng dengan beragam varian, ayam goreng lalapan, dan yang paling khas yaitu soto ayam Lamongan. Berikut menu makan siang enak yang saya beli di warung makan mas Joko:

Gado -gado

Warung Mas Joko: Kuliner Enak Khas Jawa di Makassar!
Gado gado – Foto Oleh Alfu Laila Walaila

Sejujurnya saya bukan penggemar makanan dengan bumbu olahan kacang ini. Tapi ada saat tertentu yang membuat saya ingin sekali makan gado- gado. Kesan pertama saat mencoba gado- gado warung mas Joko ini, bumbu kacangnya terasa banget, campuran bumbunya tidak terlalu cair maupun terlalu kental. Pas banget pokoknya.

Bahannya terdiri dari tauge, kacang panjang, tahu tempe, lontong, dan telur rebus. Dengan diberi kecap, sambal cair, serta perasan jeruk nipis, rasa gado- gado menjadi lebih nikmat dan segerrr.

Nasi Goreng Jawa

Warung Mas Joko: Kuliner Enak Khas Jawa di Makassar!
Nasi Goreng Jawa – Foto Oleh Alfu Laila Walaila

Saya baru pertama kali mencoba yang namanya nasi goreng Jawa ini. Biasanya sih makan nasi goreng Jakarta. Yang membuat rasa nasi oreng Jawa ini unik adalah karena ada campuran taugenya. Sebelumnya saya belum pernah makan nasi goreng yang ada campuran tauge, hehe. Bumbunya pas tidak berlebihan.

Warung Mas Joko: Kuliner Enak Khas Jawa di Makassar!
Nasi Goreng Jawa – Foto Oleh Alfu Laila Walaila

Pulennya nasi juga terasa karena kualitas beras yang bagus. Selera menyantap nasi goreng pun semakin tinggi dengan taburan suiran ayam goreng dan telur dadar sebagai pelengkap. Tidak lupa ada irisan mentimun dan kerupuknya juga, mantap deh!

Soto Ayam Lamongan

Warung Mas Joko: Kuliner Enak Khas Jawa di Makassar!
Soto Ayam Lamongan – Foto Oleh Alfu Laila Walaila

Ini dia yang menjadi menu andalan di warung makan Mas Joko. Soto Ayam Lamongan dengan tampilan yang sederhana tp rasanya memikat hati, hihi.

Bumbu rempahnya sangat terasa, kuahnya juga kaya akan kaldu dan membuat santap siang makin nikmat. Kesegaran kuah soto lamongan ini cocok banget dinikmati apalagi dengan cuaca medung yang terjadi di wilayah Makassar belakangan ini.

Mau Order? Pake Gofood aja

Cuaca mendung, hujan, dan angin kencang yang belakangan ini terjadi di wilayah Sulawesi Selatan tentu membuat sebagian besar warga berpikir dua kali untuk keluar rumah kecuali ada urusan yang sangat penting. Eits..Tapi urusan perut penting juga ya, dan kita bisa kok membeli makanan tampa harus capek- capek keluar rumah.

Bagi yang tinggal di daerah Antang dan ingin mencoba menu komplit dari Warung Makan Mas Joko ini, bisa langsung pesan pake Gofood loh. Ongkos antarnya murah banget bahkan bisa dapat gratis.

( PENA/ALW )

Banner Pesen Makan Sekarang