Waroeng Teh Kotjok, Menjadikan Ngeteh Sebagai Gaya Hidup

0
537

Pesenmakan.id, Jakarta — Beberapa tahun terakhir ini, trend minum kopi terus meningkat. Saya pernah juga membaca salah satu artikel yang menulis kalau konsumsi kopi di Indonesia meningkat hingga 7% per tahun. Gak heran bila kedai kopi semakin menjamur di mana-mana. Lalu bagaimana dengan teh? Mungkin gak ya ngeteh bisa menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia? Waroeng Teh Kotjok bisa menjadi salah satu jawabannya.

Tradisi Minum Teh di Indonesia

Di Inggris, ada tradisi minum teh yang dinamakan Afternoon Tea. Kegemaran masyarakat Inggris akan minuman teh dna biasanya diminum pada sore hari. Ada berbagai camilan sebagai teman minum teh. Tradisi ini juga dijadikan sebagai ajang untuk bersosialisasi.

Kita juga mulai akrab dengan yang namanya matcha. Saat ini, “demam matcha” juga melanda masyarakat Indonesia. Banyak makanan dan minuman yang menggunakan bahan ini. Matcha adalah teh hijau yang digiling halus hingga menjadi bubuk menggunakan metode khusus. Matcha berasal dari Jepang. Di Jepang, minum teh masih menjadi tradisi turun temurun yang masih bertahan hingga sekarang.

Di Indonesia juga sebetulnya ada tradisi minum teh di beberapa daerah. Salah satunya adalah tradisi nyaneut yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Nyaneut (Nyai Haneut) atau meminum air hangat, agak mirip seperti afternoon tea. Menikmati teh hangat ditemani dengan berbagai penganan lokal seperti pisang goreng, kacang rebus, dan lain sebagainya.

Waroeng Teh Kotjok, Ngeteh Gaya Baru

Tidak seperti tradisi minum teh di negara lain di mana masih terus bertahan, di Indonesia kebiasaan ini mulai tergerus dengan zaman. Kalau di skala rumah tangga, teh memang kelihatannya masih menjadi minuman yang sering dihidangkan bila ada tamu. Tetapi, untuk menjadi tradisi sudah mulai tidak terdengar suaranya.

Ada yang mengatakan kalau salah satu penyebabnya adalah karena teh lebih terkesan old fashion dibanding kopi. Kesannya minum teh hanya cocok untuk orang tua dan anak-anak. Jadi berasa kurang gaul kalau minum teh. Ada juga yang berpendapat kalau teh agak susah bila dikasih campuran berbagai rasa.

Saya juga sempat berpikir seperti itu. Makanya, ketika mengetahui ada gerai Waroeng Teh Kotjok dengan tagline ngeteh gaya baru, langsung tertarik untuk mencoba.

Teh Kotjok Milo dan Jelly

teh susu dari waroeng teh kotjok
Teh Kotjok Milo dan Jelly – Foto oleh Myra Anastasia

Di Waroeng Teh Kotjok ini ada 2 jenis minuman yaitu teh susu dan teh manis. Saya memilih 4 varian minuman, masing-masing 2 gelas teh susu dan 2 gelas teh manis. Saya suka dengan kemasan minuman ini. Terkesan Indonesia banget karena teh Indonesia kan juga sebetulnya berkualitas sejak dulu.

Teh Kotjok Milo menjadi minuman pertama yang kami cobain. Milo dikasih susu memang enak. Tetapi, kalau dikasih teh masih tetap enak atau enggak? Makanya saya penasaran banget. Ternyata memang enak! Penggemar Milo, tetapi gak ingin rasa coklat yang terlalu pekat, bisa cobain ini.

Teh Kotjok Jelly adalah teh susu berikutnya yang kami coba. Buat yang sudah pernah merasakan teh dicampur susu, gak akan aneh dengan rasa ini. Hanya diberi tambahan jelly.

Teh Kotjok Kietna

teh kotjok kietna dari waroeng teh kotjok
Teh Kotjok Kietna – Foto oleh Myra Anastasia

Kalau untuk teh manis, minuman yang pertama kali kami coba adalah Teh Kotjok Kietna. Buah ini termasuk jeruk yang berasal dari Medan. Terlihat serpihan halus buah jeruk di dalam tehnya. Untuk rasa, tentu saja sangat berbeda dengan Lemon Tea. Saya merasa agak unik rasanya. Asam dan dan agak sedikit kemanisan.

Teh Kotjok Kiamboy

teh kotjok kiamboy dari waroeng teh kotjok
Teh Kotjok Kiamboy – Foto oleh Myra Anastasia

Minuman berikutnya yang kami coba adalah Teh Kotjok Kiamboy. Kalau Kiamboy ini adalah buah plum yang dikeringkan dan dijadikan manisan. Ada 2 buah manisan di dalam teh. Bisa dimakan kok buahnya. Rasanya ada sedikit kemiripan dengan Teh Kotjok Kietna. Hanya kalau yang ini juga ada rasa sedikit asin. Kalau untuk rasa manisnya, saya lebih suka yang Kiamboy.

Biar Praktis, Order Lewat Go-Food

waroeng teh kotjok
Foto oleh Myra Anastasia

Di Jabodetabek, gerai Waroeng Teh Kotjok yang sudah ada sejak tahun 2010 ini lumayan banyak. Tetapi, karena saya lagi ingin yang serba praktis, maka pesan lewat Go-Food aja. Gak sulit, kok. Saya tinggal buka aplikasi Go-Jek, pilih Go-Food, kemudian ketik Teh Kotjok. Keluar beberapa pilihan gerai minuman ini. Tentu saja saya pilih yang terdekat dari rumah biar memudahkan driver dan pesanan juga bisa segera sampai. (Pena/MA)

Banner Pesen Makan Sekarang