Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan

0
78
Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan
Sate Toge - Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Pesenmakan.id, Pekanbaru – Setiap tahun di daerah Kuantan Singingi ada satu event yang sangat ditunggu-tungu, yakni Pacu Jalur. Acara yang memperlombakan perahu jalur ini menjadi event tahunan nasional yang ramai pengunjungnya. diadakan sebulan penuh mulai dari pra event, penyisihan hingga event utama.

Mengunjungi kuantan singingi, berarti tak lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Ada sebuah sate yang sangat terkenal dari Kuantan Singingi, yakni Sate Toge. Akan tetapi, untuk menuju Kuantan Singingi membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam. Nah bagaimana kalau ingin mencicipinya Sate toge di Pekanbaru?

Beberapa hari yang lalu, untuk menuntaskan penasaran akan Sate Toge ini saya mencoba untuk memesan Sate toge tersebut. Dengan bantuan aplikasi GoFood, saya bisa memesan Sate Toge ini untuk makan siang.

Sate Toge Kuansing ini berlokasi di jalan Rajawali Sakti, buka dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Cocok untuk teman-teman yang ingin sarapan atau makan siang dengan sate yang cukup unik ini.

Sate Toge

Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan
Sate Toge – Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Awalnya saya bingung, apa sih yang bikin sate ini jadi berbeda dan banyak dicari? Ternyata pada seporsi Sate Toge ini, ya memang di taburi toge.

walau penampilannya hampir sama dengan sate padang (menggunakan kuah tepung) tapi kuah sate toge ini tidak merah dan tidak pedas. Kuahnya cenderung cokelat kehijauan, seporsi sate disajikan dengan ketupat, daun ubi serta taburan toge.

Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan
Sate Toge – Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Daun ubi? Betul sekali teman-teman, daun ubi rebus menjadi pendamping dalam sate toge ini. Untuk teman-teman yang menyukai pedas, bisa menambahkan cabai cair yang juga disediakan dalam pembelian sate ini.

Beberapa orang mungkin tidak suka toge, tapi toge yang digunakan di Sate toge Pondok kuantan ini cukup bersih pengolahannya. Ini yang cukup saya suka setelah mencicipi sate ini. Dengan kuahnya yang tidak pedas, tentu sate toge ini menjadi makanan yang kids friendly¬Ě dan dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Jajanan Tradisional

Untuk makanan penutupnya, di pondok sate toge kuantan ini juga menyediakan aneka kue tradisional. Seperti Kue Talam Ubi (yang dibungkus daun) serta pulut kucung srikaya, kue talam yang disram santan ini dibungkus daun pisang dan bisa langsung dimakan dalam satu suapan. Terasa serat-serat ubi halus manis yang khas banget.

Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan
Pulut Kucung – Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Untuk pulut kucung srikayanya pun, ini jadi makanan tradisional yang saya suka, karena masih jarang dipasaran. Oh ya, kadang saya suka lupa diri kalau udah ketemu pulut kucung srikaya ini. Kalau bisa pesan srikayanya saja, mungkin sudah saya pesan. Tapi sayangnya ini sudah sepaket dan cara makannya adalah berbarengan. Tapi tak mengapa, pokoknya kawan-kawan jangan sampai tidak mencicipi penganan tradisional ini.

Praktis memesan makanan melalui GoFood

Tak hanya bisa makan ditempat, Pondok Sate Toge Kuantan bisa dinikmati dimana saja. Karena sudah hadir di Gofood. Tak perlu bingung mau pesan apa, karena menu makanan di Sate Toge Pondok Kuantan ini hanya Sate dan kue tradisional. Jangan lupa, manfaatkan promo dari Gopay, karena bisa dapat potongan harga juga lho.

( PENA/MNR )

Banner Pesen Makan Sekarang