Tempat Makan di Surabaya yang Asik dan Enak, Dijamin Bikin Nagih

0
158

Pesenmakan.id, Surabaya – Kota Surabaya, Jawa Timur sering kali dikunjungi para pebisnis maupun wisatawan domestik dan mancanegara. Kota Pahlawan ini memiliki segudang destinasi wisata kuliner yang enak dan murah.

Jangan khawatir kelaparan di Kota Surabaya. Banyak tempat makan di Surabaya yang asik dan enak bisa Anda kunjungi. Selain asik tempatnya, menu kulinernya dijamin bikin Anda nagih lagi, dan lagi. Mau tahu di mana saja? Simak ulasan artikelnya di bawah ini:

1. Sate Ayam Lisidu

Jika biasanya bentuk daging pada sate berupa potongan-potongan kecil, berbeda dengan Sate Ayam Lisidu. Bentuknya pipih sehingga bumbu mudah terserap ke dalam daging. Selain itu, sate ini bersih dari arang yang menempel pada daging yang dibakar lantaran sistem pembakarannya di kipas dari dua arah, yakni dari atas dan bawah.

Anda bisa bebas memilih bagian ayam yang akan dibuat sate. Mulai dari bagian dada, paha, kulit, hingga jeroan. Soal bumbunya, sate ini menggunakan kacang tuban yang disangrai dengan rasa manis yang khas. Untuk Anda yang berniat wisata kuliner di Sate Ayam Lisidu pun tak perlu khawatir sate yang disajikan cepat dingin karena untuk ada yang namanya anglo di setiap meja untuk menjaga sate tetap hangat. Menarik bukan? Catat nih, kedai Sate Ayam Lisidu terletak di Jalan Kutai No. 53-C, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya.

2. Zangrandi Ice Cream

Jika di Jakarta ada Ragusa Italian Ice Cream, maka di Surabaya ada Zangrandi Ice Cream yang merupakan salah satu destinasi wisata kuliner cukup terkenal di Kota Pahlawan. Cuaca Kota Surabaya yang sering kali panas cocok untuk menjadikan Zangrandi sebagai salah satu bucket list wisata kuliner Anda.

Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso. Wisata kuliner yang berdiri sejak tahun 1933 ini uniknya memiliki bangunan dengan konsep Eropa kuno yang khas. Salah satu menu yang cukup terkenal di tempat ini adalah Noodle Ice Cream. Tertarik ingin mencobanya?

3. Soto Lamongan Cak Har

Jika Anda berkunjung ke Kota Surabaya, sempatkanlah mampir ke kedai Soto Lamongan Cak Har yang terletak di Jalan Arief Rachman Hakim, Keputihan, Sukolilo, Kota Surabaya atau cabangnya di Jalan Ir. Soekarno, Kota Surabaya. Variasi soto yang ditawarkan kedai ini cukup beragam, mulai dari soto ceker ayam, soto daging ayam, soto jeroan ayam, sampai brutu.

4. Mie Pecun

Bagi Anda penggemar makanan dengan cita rasa pedas, patut mencoba Mie Pecun. Anda bebas memilih tingkat kepedasan sesuai kemampuan lidah Anda. Ada Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing dengan tingkat kepedasan sedang, dan paket culun alias tidak pedas. Kedai Mie Pecun menawarkan beberapa topping tambahan seperti telur, udang, hingga kornet.

5. Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi

Karena letaknya tak terlalu jauh dari Madura, maka beberapa makanan khas Surabaya didominasi oleh makanan Madura. Salah satunya adalah olahan bebek. Untuk Anda yang ingin mencoba olahan bebek yang cukup istimewa, Anda bisa mengunjungi Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi yang berdiri di Jalan Tanjung Torowitan No. 39.

Kedai nasi bebek ini buka mulai pukul 15.00 hingga 18.00. Meski hanya buka 3 jam, namun menunya selalu habis diborong pembeli. Itu karena daging bebek yang disajikan begitu empuk dan gurih, tidak seperti olahan bebek lain yang biasanya keras atau alot. Daya Tarik lain dari nasi bebek di kedai ini adalah disajikan dengan sambal pencit atau sambal mangga muda yang rasanya khas.

6. G-Walk

G-Walk yang terletak di tengah-tengah hunian mewah Citra Raya Surabaya Barat menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Surabaya karena memiliki konsep mirip, seperti Clarke Quay di Singapura. Pantas ya, wong slogan G-Walk saja yakni ‘The Singapore of Surabaya’.

Clarke Quay di Singapura adalah kawasan hiburan sekaligus tempat wisata kuliner yang cukup tersohor di Singapura. Begitupun dengan G-Walk yang menyediakan berbagai pilihan kuliner dengan konsep food court dan hanya buka pada malam hari. G-Walk terbagi menjadi 2 lajur dengan panjang masing-masing 1 km. Di 1 km pertama, Anda akan disajikan dengan ambience lampu yang temaram dengan cahaya lilin dan nuansa jazzy. Sedangkan di 1 km berikutnya lebih terang dengan hiasan lampu neon yang setiap stand-nya menyediakan kuliner khas nusantara.

7. Nasi Empal Pengampon

Kedai Nasi Empal Pengampon terletak di Jalan Pengampon II Nomor 3 ini buka setiap pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau di bawah Rp 30.000. Menu yang disediakan Nasi Empal Pengampon lauk empal suwir, kering tempe, tumis kacang, lalapan timun, sambal dan kemangi.

8. Rawon Pak Pangat Surabaya

Jika Anda sedang mencari rawon nikmat di Kota Surabaya, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Rawon Pak Pangat. Kedai tersebut berada di Ruko Lotus, Jalan Ketintang Baru Selatan 1/15. Daerah ini mudah diakses lantaran terletak di sekitar daerah Masjid Agung Surabaya. Kedai Rawon Pak Pangat buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi sampai 9 malam. Untuk harga satu porsi rawon di kedai Rawon Pak Pangat hanya Rp 8.000. Murah banget kan.

9. Pakuwon Food Festival

Salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup terkenal di Kota Surabaya adalah Pakuwon Food Festival. Tempat makan ini menyediakan berbagai pilihan kuliner dengan harga beragam. Pakuwon Food Festival berbentuk seperti food court, namun dengan area cukup luas. Saat makan, Anda akan diiringi pertunjukan musik. Tempat ini sering dijadikan sebagai venue festival kuliner, di antaranya adalah festival sate, festival duren, dan berbagai festival kuliner lain.

10. Tahu Campur Kalasan

Hidangan Tahu Campur Kalasan adalah masakan yang terdiri dari irisan daging sapi, sop, perkedel, tahu goreng, selada, dan bahan lainnya yang membuat masakan satu ini tak pernah sepi penggemar. Terletak di Jalan Kalasan No. 22, Tambak Sari, kedai ini hanya membanderol satu porsi tahu campur seharga Rp 8.000 saja. Murah, sehat dan tentunya enak.

11. Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Salah satu kelebihan dari Nasi Goreng Jancuk dibanding nasi goreng lain adalah porsi yang cukup besar, tapi tetap ada rasa pedas khas Jawa Timur. Dengan rempah-rempah yang pas, membuat kedai nasi goreng ini banyak dikunjungi pecinta kuliner. Untuk Anda yang tertarik mengunjungi kedai Nasi Goreng Jancuk Surabaya ini terletak di Jalan Pemuda 31-37, Surabaya. Satu porsi nasi goreng ini bisa dinikmati 4 hingga 5 orang. Jadi kalau Anda datang bersama rombongan tentu harganya akan semakin murah karena bisa patungan.

12. Nasi Krawu Sufayah Surabaya

Nasi krawu adalah makanan khas Gresik, tapi ada satu nasi krawu di Surabaya yang terkenal yakni Nasi Krawu Sufayah yang terletak di Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya. Untuk mempertahankan tradisi nasi krawu, kedai ini masih menggunakan daun pisang untuk membungkus nasi. Nasi krawu adalah kuliner yang menyajikan irisan daging sapi, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasi. Kuliner ini tentunya tidak akan Anda temukan di manapun selain dari kota asalnya maupun di Surabaya.

13. Nasi Tambak Bayan

Kedai Nasi Tambak Bayan terletak di Jalan Pasar Wetan Nomor 7 dan menyajikan berbagai olahan masakan rumahan, seperti telur, soun, tahu, daging sapi masak kecap, dan pilihan lauk seperti empal yang dipotong-potong. Isinya cukup variatif membuat Nasi Tambak Bayan ini tak pernah sepi pengunjung.

Jika ingin menikmati Nasi Tambak Bayan, Anda bisa datang antara pukul 04.30 hingga 17.00. Harga satu porsinya sebesar Rp 29.000, sedangkan untuk satu porsi nasi campur biasa adalah seharga Rp 20.000. Nasi Tambak Bayan memiliki beberapa cabang, salah satunya di Jalan Raya Darmo I, Ruko Gateway Waru.

14. SBS Surabaya

SBS adalah singkatan dari Spesial Belut Surabaya. Sesuai namanya, kedai satu ini menyediakan berbagai olahan belut. Selain kaya nutrisi, belut juga baik bagi kecerdasan otak. Banyak wisatawan yang mampir ke kedai ini untuk menikmati olahan belut. SBS memiliki beberapa cabang, di antaranya di Jalan Banyu Urip Kidul IV/39, Jalan Ngagel Jaya Selatan No.119, dan Jalan H. R Muhammad No. 249.

Beberapa jenis olahan belut yang disajikan di SBS yaitu pecel belut ulek, belut goreng biasa atau kering, belut saus Inggris, dan berbagai menu lauk lainnya, seperti burung dara dan lele. Harga yang dipatok antara Rp 9.000 hingga Rp 13.000. Untuk satu porsi nasi di kedai ini dihargai Rp 2.500, sedangkan untuk varian minuman yang dapat dinikmati mulai dari Rp 500 sampai Rp 3.500 saja, murah bukan?

15. Tahu Tek

Wisata kuliner selanjutnya di Surabaya adalah Tahu Tek. Merupakan sajian tahu goreng yang dipotong-potong, berpadu dengan lontong, kentang, dan ditaburi dengan kecambah,dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya. Sebagai pelengkapnya, ada kerupuk. Untuk Anda yang penasaran dengan harga tahu tek, satu porsinya dibanderol Rp 8.000.

16. Bebek Tugu Pahlawan

Kedai nasi bebek selanjutnya yang dapat Anda kunjungi di Surabaya, yakni Bebek Tugu Pahlawan. Lokasinya tak terlalu jauh dari Tugu Pahlawan. Walaupun warungnya sederhana, dan buka mulai pukul 6 sore, tapi tak pernah sepi pengunjung. Bahkan tak jarang pembeli di kedai ini rela mengantre untuk seporsi Nasi Bebek Tugu Pahlawan.

17. Warung Nasi Cumi

Untuk Anda yang hobi kuliner malam, patut datang ke Warung Nasi Cumi yang terletak di Jalan Waspada. Di kedai ini, Anda bisa memilih berbagai macam menu nasi cumi, di antaranya ada nasi cumi peyek, nasi campur, dan nasi komplit. Tampilan makanan ini memang gelap, tapi jangan tanya cita rasanya. Satu porsi nasi cumi ini dipatok seharga Rp 15.000 saja.

18. Pecel Semanggi

Salah satu destinasi wisata kuliner pecel yang bisa Anda sambangi adalah Pecel Semanggi. Penjual Pecel Semanggi cukup banyak jumlahnya di Surabaya. Jadi Anda tak perlu kahwatir untuk bisa mencicipi makanan yang satu ini.

19. Lontong Kupang Kenjeran

Jika Anda sedang plesiran ke Pantai Kenjeran, jangan lupa untuk menyantap Lontong Kupang yang berada di lokasi tersebut. Sambil berwisata, Anda bisa meniklamti lezatnya Lontong Kupang Kenjeran.

20. Soto Ayam Cak To

Kalau Anda ingin menikmati kuliner berkuah, Anda dapat mencoba Soto Ayam Cak To yang terletak di dekat Rumah Sakit Undaan. Rasanya yang lezat, membuat kedai soto selalu ramai pengunjung, terutama pada saat jam makan siang, antrean cukup panjang. Lantaran pengunjungnya sering kali membludak, ada 2 kedai Soto Ayam Cak To yang tak terlalu berjauhan.

21. Kepiting Kapasan

Sebagai salah satu kota pesisir, Surabaya menawarkan berbagai pilihan seafood yang lezat. Salah satunya Kepiting Kapasan yang terletak di Jalan Simolawang Pojok, Surabaya. Ada juga di Jalan Kapasan Nomor 27, Simokerto, Kota Surabaya.

22. Sego Sambel Mak Yeye

Jika Anda berada di Kota Surabaya, jangan lupa makan di Sego Sambel Mak Yeye yang cukup fenomenal. Untuk lauk nasi sambel yang tersedia, ada iwak pe, ikan pari panggang, telur dadar, tahu dan tempe.

23. Gado-Gado Arjuno

Gado-gado nyatanya bukan cuma ada di Jakarta. Di Surabaya, Anda pun bisa menemukan kedai gado-gado. Yang terkenal adalah Gado-gado Arjuno yang terletak di Jalan Arjuno No. 125, Kota Surabaya. Selain menu gado-gado, ada juga sajian lainnya, seperti siomay, rujak cingur, nasi campur, sampai es kacang hijau. Harga yang ditawarkan cukup murah, yakni antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

24. Sate Karak

Sate Karak atau yang biasa dikenal dengan Sate Kerak adalah olahan sate yang cukup langka. Jika ingin menjajalnya, coba datang ke kawasan religi Sunan Ampel atau biasa disebut dengan Kampung Arab, tepatnya di Jalan Ampel Lonceng No.60, Ampel, Semampir, Kota Surabaya. Sate karak menggunakan bahan dasar berupa usus yang disajikan dengan karak atau nasi ketan hitam yang ditaburi parutan kelapa di atasnya. Penasaran?

25. Bebek Palupi

Ada lagi nih kedai nasi bebek di Kota Surabaya, namanya Bebek Palupi. Kedai nasi bebek ini terletak di Jalan Rungkut Asri Tengah No. 10, Surabaya. Berbagai macam olahan bebek dapat Anda pilih, di antaranya bebek goreng dan bebek bakar yang terbilang lezat menurut beberapa situs review kuliner. Kedai satu ini buka setiap hari dengan harga relatif terjangkau. Salah satu kelebihan Bebek Palupi, yakni daging bebeknya yang empuk, dan bumbu kuningnya meresap dengan sambal yang lezat.

26. Cafe Ice Cream Amai

Selain Zangrandi Ice Cream, Anda dapat mengunjungi Cafe Ice Cream Amai yang terletak di Jalan Sutorejo Prima Utara II Blok PPD 25. Sesuai dengan namanya, di tempat ini Anda bisa menikmati kelezatan es krim. Beberapa rasa yang ditawarkan, ada vanila, matcha, coklat, dan lemon yang segar. Selanjutnya Anda bisa memilih bubuk untuk es krim plus topping, seperti honey star, koko crunch, milo, dan pocky. Harga satu porsi Ice Cream Amai dibanderol Rp 15.000.

Yuk Melancong ke Surabaya

Di Surabaya, Anda tidak akan mati gaya. Meski salah satu kota besar yang sibuk dengan aktivitas bisnis, Kota Surabaya menawarkan berbagai destinasi wisata bersejarah. Selain napak tilas, Anda bisa juga bisa mencicipi ragam kuliner yang sudah cukup terkenal dengan harga terjangkau.

Sumber: cermati

Banner Pesen Makan Sekarang