Soto Pak Marto, Warung Makan Legendaris di Yogyakarta yang Enak Banget

0
615
Sumber: javafoodie/twitter

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Yogyakarta kerap kali menjadi destinasi liburan favorit masyarakat Indonesia. Tidak hanya sekali, beberapa orang bahkan mengaku ketagihan mengunjungi Yogyakarta. Selain terkenal dengan wisatanya yang indah, Yogyakarta juga memiliki ragam kuliner yang menggugah selera. Nah, jika kamu ke Yogyakarta, cobain makan di Warung Soto Pak Marto – makanan legendaris Yogyakarta yang enak banget.

Di Yogyakarta, soto sudah seperti sarapan khas masyarakatnya. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya warung soto yang bisa ditemui di Yogyakarta. Soto Pak Marto sendiri termasuk soto terlama di kota ini. Warung ini dibuka sejak 1960 – tahun di mana saya belum dilahirkan ke dunia.

Pemilik pertama warung ini adalah Pak Marto sehingga nama warung soto ini dikenal dengan nama Warung Soto Pak Marto. Namun, Pak Marto sudah tiada, warung soto ini kemudian dilanjutkan oleh generasinya. Saat ini, yang mengelola Warung Soto Pak Marto adalah generasi ketiga. Tapi, meski sudah pindah tangan, rasa khas soto di sini nggak berubah. Buktinya, masih banyak pelanggan setia Soto Pak Marto yang berkunjung untuk menyantap kesegaran dan kelezatan soto di warung ini.

Sumber: javafoodie/twitter

Kabar gembiranya, Warung Soto Pak Marto saat ini melayani selama 24 jam. Jadi, kalau malam tiba-tiba ingin makan soto, meluncur aja ke Warung Soto Pak Marto di Jalan Mayor Jenderal S. Parman nomor 44, Notoprajan. Bisa juga ke cabangnya yang ada di perempatan gejayan atau ke cabangnya yang lain. Warung Soto Pak Marto sudah ada 10 cabang, lho!

Soto Enak Nan Segar yang Kaya Akan Topping

Mencicipi soto di Warung Soto Pak Marto, saya dibawa dalam rasa kuah soto yang beneran seger banget. Ciri khas soto di warung ini adalah kuahnya bening dari kaldu sapi asli. Isian sotonya juga nggak asal-asalan, ada tauge seger, daging sapi, tomat seger, kol, dan daun bawang.

Sumber: javafoodie/twitter

Rasa kaldu pada kuah soto ini tidak terlalu pekat, pas untuk kuah soto. Isian yang juga sederhana dan dibuat dalam porsi sedang membuat soto ini cocok dimakan kapan pun. Untuk siang hari, bisa request dengan nasi biar lebih kenyang poooolll.

Rasa kuah soto di sini terasa manis-manis gurih. Kamu bisa melengkapi santapan soto dengan beberapa topping. Di antaranya babat, iso, lidah, janung, dan ginjal sapi. Biar makin kenyang, di meja sudah tersaji perkedel, aneka sate jeroan, lumpia, tempe goreng, dan masih banyak yang lainnya.

Sumber: javafoodie/twitter

Untuk bisa makan di warung soto ini, kamu tidak harus merogoh kantong. Harganya mulai dari Rp11 ribuan. Warung Soto Pak Marto bener-bener rekomendasi kuliner di Yogyakarta yang wajib dicoba.

Warung Soto Pak Marto Sudah Go Online

Mengingat banyaknya peminat dan pelanggan, Warung Soto Pak Marto sudah mendaftarkan diri di layanan pesan antar makanan online. Salah satunya Gojek. Warung Soto Pak Marto sudah bisa dipesan melalui layanan GoFood di aplikasi Gojek.

Kamu bisa pilih menu layanan GoFood lalu ketik Soto Pak Marto. Di sana, ada banyak menu yang bisa kamu pilih sesuai selera. Misalnya saja soto campur harganya Rp11 ribu. Jika ingin menambahkan nasi, cukup menambahkan biaya sebesar Rp3 ribu saja.

Gimana? Sudah laper belum. Selamat mencicipi Soto Pak Marto! (PENA/FK)

Banner Pesen Makan Sekarang