Soto Kesawan, Makanan Khas di Medan yang Selalu Dirindukan

0
413

Pesenmakan.id, Medan — Bicara soal kekayaan kuliner di Indonesia tentu tak ada habisnya. Saya beruntung tinggal di kota Medan yang notabene memiliki banyak sekali makanan khas. Hidangan istimewa memang kerap diburu oleh para penikmat kuliner. Tak peduli apakah warga lokal maupun para pendatang yang sengaja mencari di mana saja tempat makan yang bisa disambangi.
Dari sekian banyak sajian nusantara yang melegenda di kota Medan, tentu banyak yang sudah mengetahui keberadaan Soto Kesawan. Berlokasi di simpang Kesawan, tempat tersebut selalu dipadati pengunjung di jam makan siang. Kebetulan lokasinya memang berada di area bisnis yang strategis.

soto kesawan
Soto Kesawan – Foto oleh Mollyta Mochtar

Soto Kesawan Selalu Ramai oleh Pengunjung

Soto Kesawan merupakan gerai soto yang telah ada sejak lama. Usaha tersebut dilakukan oleh beberapa generasi terdahulu hingga kini. Artinya, kuliner ini adalah salah satu kuliner legendaris. Namanya akrab di telinga sampai melewati zaman.
Kalau sedang ingin makan di Soto Kesawan, biasanya saya akan segera meluncur ke lokasi. Duduk di gerainya lalu sabar menanti hidangan soto idaman. Kalau mau makan enak ya, harus ada usaha. Hehehe.
Perlu diketahui juga bahwa gerai Soto Kesawan nyaris tak pernah sepi. Pengunjung bahkan rela antri demi mendapatkan pesanan. Wajar saja bisa tempat ini selalu ramai sehingga persediaan soto pun cepat habis. Prinsipnya siapa cepat dia dapat!

Pesan Soto Lewat Aplikasi GO-FOOD

Dengan alasan kepraktisan, maka kali ini saya berniat untuk memesan soto kesayangan saya lewat aplikasi GO-FOOD dari GO-JEK. Setidaknya saya bisa lebih santai menikmati hidangan di di rumah sendiri. Tidak perlu berjibaku untuk mendapatkan seporsi soto.
Pertama-tama saya masukkan nama Soto Kesawan pada kolom pencarian. Wah, langsung muncul yang saya cari. Kemudian saya pun memilih-milih menu makanan untuk siang ini. Saya mau makan siang berkualitas.

Soto Ayam Kesawan

Ada 2 menu yang saya pesan, yakni Soto Ayam dan Soto Daging. Ada pilihan lain juga sebetulnya, seperti soto udang dan soto jeroan, berikut nasi putih. Bisa juga memesan dengan mencampur, misalnya daging dengan ayam. Begitu juga pilihan lainnya. Setiap jenis soto menggunakan kuah yang sama, hanya saja isian yang berbeda.

soto ayam dari soto kesawan
Soto Ayam – Foto oleh Mollyta Mochtar

Soto Ayam dibanderol dengan harga Rp 25.000 per porsi. Dari sisi harga sangat terjangkau dan sudah sesuai dengan banyaknya porsi maupun racikan bahan-bahan di dalamnya.

soto ayam dari soto kesawan
Soto Ayam – Foto oleh Mollyta Mochtar

Bagi yang baru pertama kali mencicipi soto di Medan, ada ciri khas yang membedakannya dari soto di daerah lain. Bila beberapa jenis soto yang pernah saya coba di pulau Jawa kuahnya cenderung bening, maka Soto Kesawan kuahnya berwarna kuning agak kehijauan dan mengandung santan plus aneka rempah.
Soto Ayam berisi daging ayam yang sudah digoreng lalu disuwir-suwir. Salut untuk porsi ayam suwirnya yang cukup melimpah dalam tiap porsi. Daging ayamnya masih terasa empuk karena tidak digoreng terlalu garing. Ditambah pula perkedel kentang yang dimasukkan ke dalam kuah soto membuatnya kaya rasa.
Kuah soto yang segar berasal dari santan yang berpadu dengan aneka rempah dan bumbu racikan khas. Kuah santannya sendiri tidak begitu kental. Harumnya saja sudah begitu menggoda selera. Aromanya memikat lembut dan tidak tajam karena pemakaian rempah yang dominan. Sesuai dengan selera saya pastinya.

Soto Daging Kesawan

Soto Daging turut pula saya pesan melengkapi acara makan kali ini. Harganya sama yakni Rp 25.000. Seperti halnya Soto Ayam sebelumnya, limpahan potongan daging sapi yang tebal membuat hidangan itu jadi istimewa. Rasanya puas sekali menikmati daging empuk di tiap suapan kuah sotonya. Intinya, saya ketagihan.

soto daging dari soto kesawan
Soto Daging – Foto oleh Mollyta Mochtar

Agar semakin lengkap, setiap porsi soto juga diberi perasan jeruk nipis dan cabai terpisah. Kita bisa mengatur sendiri ingin membubuhkannya sebanyak apa. Rasa kuah yang gurih bakal komplit karena tambahan rasa asam menyegarkan dan pedas yang menambah kenikmatan. Menyantapnya jadi makin asyik.
Baik Soto Ayam maupun Soto Daging sangat tepat disantap bersama nasi putih hangat. Cita rasa gurih soto tetap memberikan sensasi nikmat nan ringan meski dikonsumsi bersama nasi. Agaknya sang penjual sudah memperhitungkannya dengan matang, ya. Tak heran banyak orang yang suka akan rasanya.
Popularitas tempat ini tak sekadar menjadi buah bibir warga Medan sekitarnya. Bahkan teman-teman yang berkunjung ke Medan tidak melewatkan kesempatan makan di sana. Sebagai makanan yang unik dari suatu daerah, pilihan sotonya kerap diburu para pecinta kuliner.

Layanan GO-FOOD Mempermudah Hidup

Bekerja sama dengan GO-JEK lewat layanan GO-FOOD membuat merchant Soto Kesawan semakin popular dan mudah dijangkau. Di zaman yang serba digital seperti sekarang, semua menuntut kemudahan dan kepraktisan. Syukurlah saya dapat memesan soto idaman tersebut tanpa harus repot ke lokasi. Tidak ada lagi istilah bingung mau makan apa. Pesan makanan lewat layanan GO-FOOD begitu cepat dan menyenangkan. (Pena/97MM)

Banner Pesen Makan Sekarang