Soto Abah Opan : Kriuknya Soto Legenda dari Palembang

0
290

Pesenmakan.id, Palembang – Urusan makan siang, apalagi untuk pekerja kantoran biasanya menjadi persoalan pelik. Pertanyaan “makan di mana kita siang ini?” bahkan bisa muncul setelah selesai sarapan pagi bersama di kantor. Hal ini juga kerap aku rasakan sejak awal bekerja dulu.

Awal pindah ke Palembang dulu, sudah pasti rasanya ingin mencoba seluruh restoran yang menjadi rekomendasi banyak orang. Apalagi, untuk aku yang suka sekali makan makanan berkuah segar. Rekomendasi restoran soto dari teman sekantor menjadi ajang pembuktian. Salah satu rekomendasi restoran soto dan sop di Palembang adalah Soto Abah Opan.

Soto Abah Opan

Outlet Abah Opan awalnya berdiri di belakang International Plaza (IP). Ada gang sempit di belakang mall tersebut dan hampir setiap jam makan siang, warung makan ini dipenuhi oleh orang-orang yang ingin menikmanti hidangan berkuah agak kental yaitu soto. Bahkan, antrian mengular tak jarang terlihat di jam padat seperti ini. Lokasi Soto Abah Opan yang pertama memang berada di kawasan pusat kota dan banyak perkantoran sehingga sangat wajar untuk didatangi pada jam makan siang.

Terkenalnya Soto Abah Opan sebagai soto legendaris di Palembang sejak tahun 1988 membuatnya membuka cabang-cabang baru. Cabang resmi Soto Abah Opan berada di belakang IP, belakang BRI PIM (Palembang Indah Mall), dan daerah Kambang Iwak (Jalan Ki Ranggo Wirasantiko).

Hidangan berkuah asli Palembang yang cukup terkenal adalah pindang, mulai dari pindang ikan, pindang burung, sampai pindang tulang. Pindang kerap menjadi pilihan sebagai menu makan siang atau menu makan malam dan disantap dengan sepiring nasi. Tak ada menu sop atau soto khas Palembang setahuku. Mungkin alasan inilah yang bisa menjadikan Soto Abah Opan menjadi legenda dan spesial di benak warga Palembang.

Rama Cita Rasa Soto

Selain soto, Soto Abah Opan juga menawarkan menu lain berupa sop. Pilihan menu soto di warung ini pun beragam mulai dari Soto Ati, Soto Ampela, Soto Sayap, Soto Ayam + Ati, Soto Ayam + Ampela, Soto Sayap + Ati, Soto Sayap + Ampela, Soto Ayam + Sayap, Soto Babat, Soto Ceker, serta Soto Daging.

Selain untuk 1 porsi soto, ada pula pilihan Soto Jumbo yaitu soto dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya (1,5 porsi). Varian pilihan untuk sop pun serupa dengan pilihan soto. Isian pilihan mulai dari ceker, ampela, sayap, ati, daging, babat, dan ayam. Perbedaan jelas antara sop dan soto yang ditawarkan di Soto Abah Opan adalah untuk sop kuahnya bening sementara sotonya sedikit kental seperti ada campuran santan di dalamnya.

soto ceker soto abah opan
Foto oleh Faridilla Ainun

Menikmati hidangan soto, tentu tak lengkap rasanya kalau tak ada hidangan pendamping lainnya. Soto Abah Opan pun menyediakan emping melinjo, tempe dan tahu bacem bakar, kerupuk (udang atau ikan), perkedel kentang, telor asin, keripik tempe, peyek teri, pangsit pedas, jamur krispy balado, peyek kacang, pangsit bawang, dan sambal kerang. Soto Abah Opan juga kini menawarkan paket ayam bakar baik dada maupun paha dengan tambahan sayur asam.

Untuk minuman sendiri, Soto Abah Opan menawarkan sajian minuman mulai teh manis, teh tawar, es jeruk, es kopi, es lemon tea, es cappuccino, es susu, es teh tarik es jeruk nipis, es milo, jus buah (manga dan alpukat).

Penyajian yang Rapih

soto abah opan
Soto Abah Opan – Foto oleh Faridilla Ainun

Yang paling menarik dan tak bisa dilupakan dari sajian Soto Abah Opan adalah tata cara penyajiannya. Jika kita memilih paket nasi dengan soto pilihan. Kita akan diberikan nasi dan semangkuk kuah soto yang polos tanpa isi karena isian untuk soto berada dalam piring terpisah bersama kriuk dan sambal hijau.

Oh iya, kriuk di Soto Abah Opan ini memang menjadi primadona, rasanya gurih-gurih asin nikmat. Kalau diibaratkan, kriuk ini seperti kremesan namun dengan warna lebih kecoklatan.

Tak ketinggalan, potongan jeruk nipispun disajikan ketika kita memesan hidangan soto sehingga bagi pecinta rasa asam menyegarkanpun bisa menyesuaikan dengan seleranya. Sayangnya, memang bagi penikmat hidangan soto yang biasa menikmati hidangan soto dengan tambahan kubis atau bihun, hal itu tak akan ditemui di sini.

Cara Pesen Soto Abah dengan Mudah

Lama tak merasakan hangat dan segarnya kuah soto Abah Opan membuatku rindu juga ternyata. Beruntungnya sih, sekarang urusan makan tak perlu harus jauh-jauh datang ke tempatnya karena bisa pesan melalui aplikasi Go-Jek dan masuk di menu Go-Food.

spanduk soto abah opan
Foto oleh Faridilla Ainun

Kegemaran anak menikmati ceker ayam membuat beberapa waktu lalu aku memesan Soto Ceker Ayam Jumbo dari Soto Abah Opan melalui Go-Food. Beberapa kali melintas memang Soto Abah Opan Belakang PIM sudah memasang banner kerja sama dengan Go-Food.

Setelah menunggu sebentar, akhirnya ada Go-Jek yang membawa sebungkus kuah soto hangat dari Soto Abah Opan beserta aneka isian yang terpisah di kemasan lainnya. Namun, karena aku tim makan soto dicampur, dengan segera aku mencampurkan kuah soto dan campuran isi, serta menaburkan bubuk kriuk di bagian atas sajian. Hidangan ini bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin sesuatu yang hangat dan berkuah serta terasa segar.

Nah, sudah ada rekomendasi makan siang nih. Udah gak pusing lagi kan untuk makan siang apa dan dimana?. (Pena/108FA)

Banner Pesen Makan Sekarang