Segarnya Sop Buntut Nyonya Attha, Khas Surabaya

0
374
Sop Buntut
Sop Buntut - Foto Oleh Vika wardatul wahdah

PesenMakan.id, Surabaya – Siang itu saya pengen banget makan berat sop buntut. Sebenarnya favorit sop buntut di Surabaya itu ada banyak dan memiliki cirri khas tersendiri. Diantara beberapa pilihan saya memilih menu makan di Sop Buntut Nyonya Attha yang terkenal dengan kesegaran makanan khas sop buntutnya.

Kalo ada yang belum tahu saya jelaskan dulu tentang sop buntut, jadi sop buntut itu dari ekor sapi. Jangan bayangin ekor sapinya dulu, karena ketika diolah sop buntut sangat enak disajikan panas-panas dengan nasi putih. Sop Buntut ini aslinya dari Negara China, namun kini diolah dengan menu makanan khas dari Indonesia.

Nyonya Attha merupakan warung dengan menu makanan khas Indonesia. Pilihan menu favoritnya ada banyak seperti nasi campur, nasi kuning komplit, rawon, sup igas api, asem-asem iga sapi, sup empal gentong, coto Makassar, gule kambing, coto Makassar dan beberapa menu lainnya. Harga menu-menunya antara Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 60.000,-an. Kalau mampir ke kedai restorannya saya suka dengan pelayanannya yang cepat dan kebersihan baik tempat dan makanannya.

Sop Buntut

Saya memesan menu sop buntut satu porsi seharga Rp. 58.000,- melalui GO FOOD dan bayarnya menggunakan GO PAY. Harganya menurut saya tidak terlalu mahal meskipun menu sop buntut terkenal dengan menu mewahnya karena harga buntut sapi yang mahal dan pengolahannya yang susah. Satu porsinya bias untuk satu hingga dua orang.

Packing dari Nyonya Attha ini rapi, cantik dan penutup kemasannya rapat jadi tidak mudah tumpah meskipun waktu itu saya pesannya menggunakan GO FOOD. Sop Buntut diletakkan dalam kotak kartun berwarna putih merah bertuliskan Nyonya Attha. Ada tulisan check list menu yang memudahkan kita tanpa melihat isi dari kotaknya. Lalu didalam kotak tersebut sop buntut diletakkan di dalam plastic tebal dan kotaknya bisamengurangi rasa panas dari kuah sop buntut. Ketika saya buka aroma langsung semerbak wangi khas sop buntut ala Nyonya Attha.

Sop Buntut
Sop Buntut – Foto Oleh Vika wardatul wahdah

Sop Buntut Nyonya Attha ini porsinya sesuai dengan harganya. Isinya ada tetelan buntut sekitar 4 potongan tulang yang dipotong dengan panjang cukup dan banyak dagingnya. Lalu pelengkap sayurnya ada wortel, buncis dan kentang yang diiris potongan dadu dan tipis. Warna kuahnya kuning bening dengan campuran rempah dan merica yang kuat.

Ketika kuah kaldu dari Sop Buntut ini saya cicipi terasa sangat segar. Untuk bumbu sop buntut saya bias merasakan campuran dari rempah-rempah seperti bawang putih, lada, daun seledri, pala, daun bawang dan ada rasa segar asam dari tomat.

Pesan online via GO-FOOD

Meskipun saya pesannya secara online namun kuah dari sop buntut yang saya pesan ini tidak ada lemak menggumpal, jadi saya bias langsung makan tanpa harus dipanaskan terlebih dahulu. Namun kalau pecinta makanan panas bias banget dipanaskan dahulu sesuai selera.

Makan sop buntut pastinya paling asik jika daging buntutnya mudah untuk dikoyak menggunakan sendok maupun garpu. Seperti daging buntut di Nyonya Attha ketika saya koyak menggunakan garpu langsung terlepas dari tulangnya. Nggak perlu menggunakan kekuatan super untuk melepaskan daging dari tulang-tulangnya. Dagingnya benar-benar empuk dan tidak alot, lemaknya pun tidak banyak dibagian pinggir dagingnya. Mau langsung dinikmati dengan menggigit dari tulangnya pun oke banget.

Ada rasa dari aroma kuah Nyonya Attha dari sop buntutnya yang bikin saya selalu kangen untuk memesan menu sop buntut dari Nyonya Attha. Pointer penting menurut saya ketika pesan sop buntut tuh lemaknya tidak terlalu banyak, baik di kuahnya dan juga pada lemak daging yang menempel pada tulang buntutnya.

Sop Buntut
Sop Buntut – Foto Oleh Vika wardatul wahdah

Selain sop buntut, biasanya saya juga memesan asem-asem iga sapi yang juga menjadi favorit menu di Nyonya Attha. Asem-asem iga sapi ini dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga daging terdalam iga. Kuah asem-asem iganya pun segar banget karena kaya dengan rempah. Tapi kali ini saya sengaja tidak memesan asem-asem iga karena porsi dari sop buntut sudah bias dimakan untuk dua orang, tapi kalau pengen untuk satu orang pun bias saja menghabiskannya.

Waktu itu saya memesan sop buntut Nyonya Attha menggunakan GO FOOD. Ketika saya pesan di aplikasi mudah sekali memilih menu di merchant ini. Setelah memilih menu dan menulis pesanan saya di aplikasi GO FOOD lalu saya dihubungi oleh driver GO FOOD untuk memastikan pesanan saya sudah sesuai.

Pesanan saya dikirim sekitar 20 menitan dan bayar menggunakan GO PAY. Mudah sekali pembayaran menggunakan GO PAY dan nggak perlu ribet untuk cari uang pecahan untuk pembayarannya Karena sudah terpotong menggunakan saldo GO PAY. Jadi kalau pengen banget Sop Buntut di Surabaya tinggal pesan di Nyonya Attha untuk makan siang atau makan malam.

( PENA/101VWW )

Banner Pesen Makan Sekarang