SBC Spesial Cah Kangkung, Tempat Makan Murah Enak di Jogja

0
379
sbc spesial cah kangkung tempat makan murah enak spesialis kangkung
sbc spesial cah kangkung tempat makan murah enak spesialis kangkung - Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Cah kangkung merupakan sayur yang digemari oleh banyak orang. Tua-muda, mahasiswa hingga pengusaha, semua menyukai cah kangkung. Mau makan enak dan murah spesialis cah kangkung? Makan di SBC Spesial Cah Kangkung dan temukan kelezatan dalam setiap suapan cah kangkungnya.

Cah kangkung merupakan menu rumahan yang sering saya masak. Cara memasaknya mudah, dan kandungan gizi kangkung bagus untuk kesehatan. Kangkung diketahui mengandung vitamin dan mineral seperti serat, selenium, zat besi, fosfor, vitamin A, B, dan C.

Zat besi yang tinggi di dalam kangkung dapat mencegah anemia. Sementara itu, kandungan selenium dan sengnya dapat membuat saraf lebih rileks. Jadi jika kamu mengalami insomnia, cobalah mengkonsumsi kangkung. Saraf santai akan membuat tidurmu lebih nyenyak.

Saya jadi penasaran, bagaimana rasa cah kangkung di SBS Spesial Cah Kangkung? Bayangkan, ada tempat makan khusus masakan cah kangkung. Tentu saja cah kangkung menjadi menu andalan di tempat ini.

Kemasan sbc cah kangkung
Kemasan sbc cah kangkung – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Saya memesan makan siang dengan menu PAS (Paket Sehat) 19, PAS 3, dan nasi cumi asam manis. Pesanan saya dibungkus dengan kemasan yang cantik. Dusnya berbentuk segi empat dengan bagian atas berwarna hijau muda. Nama SBC Spesial Cah Kangkung, dan tulisan lainnya berwarna putih, kontras dengan latar hijaunya.

Cah Kangkung Nila Bakar, Bumbunya Meresap Hingga ke Dalam

Menu pertama yang saya cicipi adalah PAS 19 yang terdiri dari nasi, ikan nila bakar, cah kangkung, dan sambal. Ikan nilanya cukup besar, dan berwarna cokelat kehitaman karena dibakar.

Ikan nila bakar sbc special cah kangkung
Ikan nila bakar sbc special cah kangkung – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Biji-biji cabai terlihat merata di kulit ikan sehingga saya berkesimpulan bahwa ikan ini dibakar dengan olesan bumbu kecap dan cabai. Ikan terasa manis, pedas, dan gurih. Bumbunya meresap hingga ke daging. Enak sekali!

Daging ikan nila bakar terasa lembut dan kenyal. Dengan kata lain, ikan yang digunakan adalah ikan segar. Ikan bakar ini cocok dimakan dengan sambal dari SBC Spesialis Cah Kangkung, makin mantap pedasnya.

Apalagi ketika saya mencicipi cah kangkungnya, rasanya dan aromanya khas. Potongan tomat, cabai merah iris, menyatu dengan bumbu oriental. Ketika dikunyah, cah kangkung seolah menari-nari di mulut.

Apakah ada yang belum tahu apa bedanya tumis kangkung dengan cah kangkung? Sebagai informasi, cah merupakan cara masak ala oriental. Sedangkan tumis adalah perpaduan antara cah dengan oseng-oseng (yang merupakan sajian Indonesia), dengan lebih cenderung ke oriental.

Bumbu yang digunakan pun berbeda. Tumis biasanya menggunakan bumbu rempah Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, daun lengkuas, daun salam, dan cabai. Sedangkan cah memakai bumbu oriental seperti kecap asin, kecap ikan, saus tiram, bawang putih dan jahe. Pada akhir masakan cah akan ditambahkan sedikit minyak wijen. Inilah yang menyebabkan aroma dan rasa cah kangkung menjadi khas.

Udang Goreng Tepung, Kerenyahannya Menggema

Menu berikutnya adalah PAS 3 yang berisi nasi, udang goreng tepung, cah kangkung, dan sambal. Cah kangkungnya sama rasanya dengan yang ada di menu PAS 19. Begitu juga dengan sambalnya.

Udang goreng tepung sbc special cah kangkung – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Udang bersama kepalanya digoreng dengan baluran tepung. Meskipun ukuran udangnya tidak terlalu besar, tapi tampilannya cukup menarik karena berwarna oranye kecokelatan.

Saat digigit, kress! Kerenyahannya menggema. Rasa udangnya gurih, dengan daging yang tebal dan empuk. Setiap makan satu udang goreng tepung, saya langsung ingin nambah. Udang goreng tepung ini semakin nikmat jika dimakan bersama sambal dan cah kangkung.

Cumi Asam Manis Untuk Pecinta Makanan Pedas Berkuah

Kalau kamu suka makanan pedas berkuah, cobalah menu cumi asam manis. Cumi diiris, lalu digoreng tepung. Kemudian disiram saus asam manis. Saus asam manisnya berwarna oranye, dengan tekstur yang tidak terlalu kental, dan tidak encer.

Cumi asam manis spesial cah kangkung
Cumi Asam manis sbc spesial cah kangkung – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Cumi yang renyah dan lezat berpadu dengan saus asam manis yang agak pedas, menjadikan menu ini patut dicoba oleh pecinta pedas. Cumi asam manis cocok sekali disantap dengan nasi putih hangat. Menu ini merupakan favorit saya, karena daging cuminya lembut, tidak alot.

Selain menu yang saya makan, SBC Spesial Cah Kangkung juga mempunyai menu lainnya seperti penyetan dan sop iga. Buat penggemar ayam ada menu ayam goreng, ayam bakar, dan ayam asam manis.

Terdapat pula varian lele, jamur, telur, tahu dan tempe yang di bakar, dipenyet, crispy, dan dimasak asam manis. Minumannya bervariasi, mulai dari soda gembira, cokelat, beraneka minuman cincau, hingga jus dan float.

Kalau sedang ingin makan di rumah seperti saya, kamu bisa memesan makanan di SBC Spesial Cah Kangkung melalui GO FOOD. Caranya, buka aplikasi GO FOOD lalu ketik SBC Spesial Cah Kangkung di kolom pencarian. Nanti akan keluar nama tempat makan tersebut. Lalu, pilihlah menu makanan dan minuman yang ingin kamu cicipi.

( PENA/113DFI )

Banner Pesen Makan Sekarang