Sayur Asem Betawi yang Melegenda di Jakarta Barat

0
625

Sayur Asem merupakan makanan rumahan yang kerap disajikan bersama aneka lauk pauk sebagai pelengkap. di berbagai daerah di Pulau Jawa, sayur asem memiliki ciri khas rasa masing-masing yang berbeda. Salah satunya di Betawi sendiri, sayur asem gaya Betawi umumnya memiliki warna kuah yang bening agak keputihan karena tak banyak menggunakan bumbu. Hanya air asam jawa yang muda dan cabai merah yang dipotong atau digerus kasar. Ada juga yang memberi tambahan potongan oncom. Citarasanya pun cenderung asam dan asin gurih. Sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur biasanya memiliki kuah yang lebih pekat dengan berbagai bumbu dengan citarasa yang dominan asam dan manis gurih.

sumber : instagram @kulinerjktmurah

Di Jakarta Barat tepatnya di wilayah Joglo terdapat rumah makan sayur asem yang sudah melegenda. Bahkan saking terkenalnya, gang dekat rumah makan ini diberi nama gang sayur asem. Rumah makan yang tergolong sederhana dengan dekorasi khas Betawi ini selalu ramai dikunjungi pembeli dari pagi hingga sore hari. Pasalnya sayur asem disini memang memiliki rasa original khas betawi dengan isian terdiri dari kacang panjang, jagung manis, melinjo, kacang tanah, dan juga terung hijau yang diguyur dengan kuah bening. Kuahnya ini punya cita rasa yang asam menyengat dari asam yang dimemarkan dan direbus bersama kuahnya.

sumber : galeri pergikuliner.com

Tak hanya menjual sayur asem saja, namun lauk pauk pendamping dari ikan, tahu, tempe, bakwan udang pun tersedia lengkap disini. Memang sayur asem tak akan lengkap jika tidak disantap bersamaan dengan nasi hangat, sambel, dan lauk pauk yang gurih bahkan pete untuk menambah napsu makan. Jangan khawatir akan merogoh kocek banyak untuk makan disini, karena sepiring sayur asem disini seharga Rp 10rb rupiah saja. Lauk pelengkapnya pun kamu bisa dapatkan dengan Rp 2-15rb saja. Dengan citarasa yang sangat nikmat serta harga yang sangat terjangkau dijamin kalian akan ketagihan makan disini.

Banner Pesen Makan Sekarang