Review Nasi Jagal, Nasi Dengan Olahan Daging Sapi Khas Tangerang

0
350

Pesenmakan.id, Tangerang — Kuliner yang satu ini sepertinya masih terdengar asing di telinga masyarakat di luar Kota Tangerang. Aku sendiri baru mengetahui ada sebuah menu masakan yang bernama Nasi Jagal setelah lama tinggal di kota ini. Nah kali ini, aku akan review Nasi Jagal, nasi dengan olahan daging sapi khas Tanggerang. Kira-kira gimana ya rasanya?

Sepintas terdengar seram ya namanya, tapi jangan salah sekali kamu mencoba kuliner khas Tangerang ini dijamin pasti ketagihan deh dengan sensasi rasanya. Dan meskipun namanya terdengar sadis ternyata nasi jagal merupakan kuliner khas yang cukup melegenda loh di kota Tangerang.

Sejarah Nasi Jagal

Kalau sudah melegenda berarti ada sejarahnya juga dong awal mula nasi jagal ini tercipta, ya kan. Sedikit informasi yang aku tahu nih, jadi di Tangerang itu terdapat lokasi penjagalan hewan atau RPH (Rumah Pemotongan Hewan) yang cukup besar, tepatnya di daerah bayur Tangerang. Dan tidak jauh dari RPH tersebut terdapat kawasan kuliner nasi jagal, karena ternyata di sanalah pertama kali nasi jagal dijajakan.

Awalnya nasi jagal ini dijual oleh orang madura yang tinggal di Tangerang dan mengolah daging sapi bagian yang empuk seperti daging kepala, gajih, atupun jeroan yang diambil dari penjagalan, kemudian dimasak dengan bumbu kecap ala Madura untuk dijual pada para pekerja di penjagalan ataupun warga sekitar.

Makanya di wilayah Tangerang sendiri, di beberapa tempat lain belum terlalu banyak yang menjual makanan yang namanya bikin penasaran ini.

Sesuai dengan tempat dijajakannya, yaitu di tempat penjagalan sapi jadi nasi jagal ini terdiri dari sepiring nasi hangat yang diberi lauk berupa potongan daging sapi berbumbu kecap yang hitam, pekat, dan kental. Biasanya dinikmati dengan sambal goreng yang pedas menggigit lidah.

Review Nasi Jagal, dari Cita rasa sampai Harganya yang Terjangkau

Seperti yang sudah aku jelaskan, menu ini terdiri dari nasi dengan olahan daging sapi yang tentunya disukai banyak orang. Kenapa tidak, karena daging yang dipakai seperti daging kepala yang empuk, gajih yang lumer ketika bertemu dengan nasi panas yang mengepul, duh rasanya pasti nikmat banget deh.

menu di nasi jagal
Nasi Jagal – Foto oleh Yesi

Apalagi bagi penyuka cita rasa masakan manis seperti semur, rasa dari bumbu nasi jagal ini gak terlalu berbeda dengan semur namun memiliki cita rasa khas tersendiri karena menggunakan bumbu kecap ala Madura.

Biasanya nasi jagal juga disajikan dengan telur asin, lalapan seperti timun, kerupuk, dan sambal. Selain itu di beberapa kios nasi jagal juga menyediakan menu nasi goreng jagal. Menu ini sama-sama menggunakan lauk yang sama namun diolah kembali menjadi nasi goreng.

Penasaran kan dengan harganya? Untuk menikmati satu piring nasi jagal atau nasi goreng jagal yang nikmat ini kamu cukup merogoh kocek sekitar RP. 11000 – Rp. 15000 aja, untuk menu tambahan seperti telur asin, mentimun, dan kerupuk dijual terpisah juga mulai dari Rp.1000 – Rp. 3000,-

Murah meriah kan, selain itu buat kamu warga kota Tangerang dan lagi mager keluar rumah tapi tiba-tiba ngiler mau makan nasi jagal ternyata bisa dipesan lewat online juga dong. Dan warung nasi jagal ini buka 24 jam.

Kuliner Nasi Jagal Ibu Zahra Tangerang

Alamat: Jl. Raya Bayur Periuk, Koang Jaya, Kec. Karawaci, Banten 15112

Jam buka:

Open 24 hours

Telepon: 0878-8545-4065

(PENA/Y)

Banner Pesen Makan Sekarang