Piyya Piyya Lumpia Semarang, Makanan Khas Kota Semarang yang Nikmat Sampai Gigitan Terakhir

0
551

Pesenmakan.id, Semarang — Semarang selain terkenal dengan bangunan-bangunan yang memiliki desain arsitektur unik juga terkenal dengan makanan khasnya yang membuat lidah berdecap, salah satunya adalah Lumpia Semarang.

Saking terkenal dengan panganan Lumpianya, kota ini dijuluki sebagai kota Lumpia. Di mana hampir setiap sudut Kota Semarang menawarkan makanan dibuat dari adonan tepung yang ditipiskan lalu diisi cacahan daging ayam, potongan sayuran dan rebung. Digulung dan dilipat, kemudian digoreng dalam minyak panas.

Di Surabaya, mencari Lumpia bukan hal sulit karena panganan yang satu ini masuk ke dalam salah satu kudapan yang disukai oleh banyak orang. Bahkan, ada beberapa jalan yang memang khusus menjual makanan yang satu ini.

Citarasa Lumpia yang ada di Surabaya amat berbeda dengan Lumpia Semarang. Di Surabaya kadang isiannya berupa potongan wortel, kecambah dan daging berbeda dengan Lumpia Semarang yang isinya berupa rebung, telur orak-arik, cacahan ayam dan udang. Kalaupun ada yang isi rebung tapi karena pengolahannya tidak tepat sehingga menghasilkan bau yang tidak enak.

Kemarin, saya mencari-cari di sebuah aplikasi makanan online, dan menemukan sebuah merchant yang membuat Lumpia seperti yang saya inginkan. Namanya Piyya Piyya Lumpia Semarang.

Piyya Piyya Lumpia Semarang

piyya piyya lumpia
Foto oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Dari deskripsi yang saya dapatkan dari aplikasi daring, Piyya Piyya Lumpia Semarang ini memang terkenal sebagai spesialis Lumpia dengan khas dan citarasa asli kota Semarang.

Piyya Piyya Lumpia Semarang ini tidak menjual Lumpia dalam bentuk satuan melainkan dalam kemasan paket mulai dari isi 5 sampai isi 50 pcs dengan harga yang cukup terjangkau. Lebih murah malah dibanding Lumpia yang dibeli langsung di Semarang.

Cocok menjadi alternatif oleh-oleh meskipun tidak beli dari Semarang langsung.

Ada dua varian yaitu Lumpia Basah (Siap Goreng) dan Lumpia Goreng. Untuk isiannya standar dan tidak ada pilihan rasa.

Piyya Piyya Lumpia Semarang memiliki 6 cabang outlet yang tersebar di Surabaya yaitu Waru, Wiyung, Kaliwaru, Sepanjang, Tropodo dan Sidoarjo.

Testimoni Rasa

piyya piyya lumpia
Foto oleh Swastikha Maulidya Mulyana

 

Lumpia ini datang dengan kemasan plastik mika dalam keadaaan panas. Berisi 5 potong Lumpia dengan ukuran yang cukup besar, lengkap lokio dan potongan cabai.

Tekstur kulit lumpia renyah dan tidak alot ketika digigit. Saya menemukan potongan daging ayam yang cukup besar di antara rebung dan orak-arik telur. Pada gigitan terakhir terdapat beberapa potong udah, menambah rasa khas dari Lumpia ini.

Saya sama sekali tidak mencium aroma rebung yang biasanya cukup menyengat. Rasanya gurih berpadu sedikit manis, rasa favorit saya. Dimakan dengan potongan cabai dan lokio akan menambah kenikmatan dari Lumpia ini. Satu nggak bakal cukup.

Sayangnya, Piyya Piyya Lumpia Semarang ini tidak menyertakan sambal tauco khas Semarang yang menjadi teman makan Lumpia melainkan saus sambal kemasan yang kurang nendang. Apalah Lumpia tanpa saus tauco.

Untuk kemasannya, akan lebih apik jika dikemas berupa kardus dengan label sehingga bisa menjadi buah tangan yang cantik untuk kerabat. Mungkin saja karena kemasan yang saya beli hanya berisi 5 pcs.

Kapan-kapan saya mau coba yang isi 10 pcs deh siapa tahu mendapat kemasan yang lebih baik.

Pesan Lewat Go Food Aja

piyya piyya lumpia
Foto oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Berhubung saya sedang malas keluar rumah, saya memutuskan menggunakan jasa Go Food. Mudah dan praktis. Tinggal masukkan Piyya Piyya Lumpa Semarang di daftar pencaharian, pilih outlet yang dekat dengan tempat tinggal supaya menghemat ongkos kirim. Klik pesan dan tunggu Lumpiamu datang. Selamat Menikmati. (Pena/SMM)

Banner Pesen Makan Sekarang