Pempek Sriwijaya – Khas Palembang di Kota Medan

0
406
Pempek Sriwijaya - Khas Palembang di Kota Medan
Pempek Sriwijaya - Foto Oleh Amelia Pratami

Pesenmakan.id, Medan – Bagi warga Palembang, Pempek adalah makanan yang populer ya. Mungkin juga sudah bosan menikmati pempek karena memang pempek adalah makanan khas kota Palembang sendiri. Tapi bagi warga Medan? Mencari pempek yang enak dan beneran pempek itu susah lho. Susah yang enak dan pas rasanya seperti di Palembang, kota asalnya.

Untung, di Medan ada gerai Pempek Sriwijaya yang memang merupakan gerai pempek yang beneran pempek. Maksudnya beneran pempek itu dari teksur pempeknya, rasa ikan tenggiri-nya dan juga kuah cuko-nya yang pedas manis. Karena kalau pempek ala-ala sih banyak banget di pinggiran jalan. Tapi teksturnya itu lho, seperti bakso.

Jadi saya senang sekali menemukan gerai Pempek Sriwijaya, apalagi lokasinya cukup dekat dari tempat tinggal saya. Meskipun dekat, saya tetap saja memesan melalui GO FOOD, karena sangat praktis tinggal klik lalu sampai deh. Saya pesan dua macam pempek, yaitu Pempek Kapal Selam Dumbo dan Pempek Kulit.

Kemasan yang seadanya

Lagi-lagi saya kecewa dengan kemasan jika take-away makanan. Pempek Sriwijaya ini pun masih menggunakan Styrofoam untuk wadah kemasan-nya. Padahal Pempek itu di goreng dengan minyak panas. Saya khawatir aja karena Styrofoam belum aman untuk wadah makanan. Semoga next, Pempek Sriwiaya lebih peduli lagi dengan kemasan-nya.

Kapal Selam Dumbo, Pakai Telur Bebek

Pempek Sriwijaya - Khas Palembang di Kota Medan
Kapal selam Dumbo, Pakai Telur Bebek – Fotot Oleh Amelia Pratami

Kapal Selam adalah pempek yang cukup tenar. Di isi dengan telur dan di bentuk mirip kalap selam. Namun, Pempek Kapal Selam Dumbo dari Pempek Sriwijaya ini menggunakan telur bebek. Ukurannya cukup besar, dan tekstur dari pempeknya juga nggak membal seperti makan bakso. Kenyal dan empuk di dalam, namun garing di luar. Gorengan pempek-nya juga pas. Nggak terlalu kematengan jadi masih enak untuk di kunyah.

Sebenarnya saya tidak terlalu suka dengan telur bebek. Saya pilih Pempek Kala Selam Dumbo, karena saya pikir Dumbo itu adalah besar aias Jumbo. Ternyata saya salah menerka, Dumbo maksudnya diganti dengan telur bebek.

Pempek Kulit, Kriuknya bikin Nagih

Pempek Sriwijaya - Khas Palembang di Kota Medan
Pempek Kulit – Foto Oleh Amelia Pratami

Kalau Pempek Kulit dari Pempek Sriwijaya ini sudah berkali-kali saya pesan. Baik Take-away maupn makan di tempat. Karena, memang rasanya bikin nagih. Pempek yang terbuat dari kulit ikan tenggiri, di uleni tipis-tipis. Teksturnya jadi kriuk dan rasanya cenderung lebih asin, bikin saya nggak tahan untuk mencocolnya ke cuko. Aroma dari pempek Kulit juga harum banget. Khas ikan tenggiri yang masih segar.

Cuko Yang Asem Pedas Manis

Pempek Sriwijaya - Khas Palembang di Kota Medan
Cuko Yang Asem Pedas Manis – Foto Oleh Amelia Pratami

Gurihnya cuko di Pempek Sriwijaya ini pas rasanya. Gula Merah, cabi rawit, ebi, bawang merah dan bawang putih berpadu dengan baik. Cuko ini bisa di cocol atau di siram ke pempek, tergantung selera. Kalau saya, karena tidak tahan pedas, rasanya lebih pas kalau cuko-nya di cocol sajalah. Biar tidak terlalu meresap ke dalam pempek, dan tetap bisa di nikmati tanpa harus kepedasan.

Pempek Sriwijaya - Khas Palembang di Kota Medan
Cuko Yang Asem Pedas Manis – Foto Oleh Amelia Pratami

Pendamping Pempek, Mie Kuning dan Irisan Timun

Sebagai teman, ada Mie Kuning dan irisan timun ketika saya membeli Pempek Sriwijaya ini. Sayangnya, bubuk Ebi nggak termasuk di dalamnya. Setau saya sih, , bubuk Ebi merupakan salah satu teman untuk menikmati pempek biar rasanya lebih pas.

Hayo, apakah sudah mulai ngiler? Bisa pesan Pempek Sriwijaya melalui GO FOOD. Apalagi kalau membayar secara cashless alias melalui GO PAY, akan ada potongan untuk ongkos kirim di merchant tertentu.

( PENA/AP )

Banner Pesen Makan Sekarang