Pempek Farina, Makanan Khas Palembang yang Super Mak Nyus dan Harga Affordable!

0
426
Pempek Farina
Pempek Farina - Foto Oleh Nurul Rahmawati

Pesenmakan.id, Surabaya – Semua makanan yang kenyal-kenyal seperti siomay, bakso, batagor, itu adalah definisi makan enak menurut saya. Para peracik menu-menu ini, adalah maestro di kancah kuliner. Mereka bisa banget mengawinkan tepung kanji/tapioca dan ikan plus aneka bumbu dapur, dan voila! Jadilah, makanan yang sungguh lezat tiada tara! BRAVO!

Salah satu menu serba kenyal yang nggak pernah bosan untuk dijadikan teman makan siang maupun makan malam adalah Pempek. Dari sekian banyak makanan khas Palembang, Pempek adalah yang paling kondang dan sangat identik sebagai kuliner khas wong kito. Beruntung banget, saya tidak perlu jauh-jauh pesan tiket pesawat ke ibukota Sumatera Selatan itu, untuk sekedar menikmati pempek yang membuai lidah. Di Surabaya, ada banyak banget restoran/warung/tempat makan yang menyajikan menu pempek. Kita bisa memilih untuk makan di tempat (dine in) ataupun bawa pulan (take away) dan delivery.

Nah pertanyaannya, restoran pempek mana yang paling banyak direkomendasikan? Tidak lain dan tidak bukan, Pempek Farina! Di Surabaya, kita bisa menjumpai stand pempek ini di berbagai tempat. Di mall, ataupun rumah makan yang berdiri sendiri. Yang jelas, mereka menerapkan standar dan kontrol kualitas yang amat ketat. Sehingga, mau makan di manapun, rasa dan service tim Pempek Farina tetap sama.

Varian Pempek di Pempek Farina

Pempek Kapal selam adalah menu yang wajib dipesan manakala kita berwisata kuliner di destinasi makanan khas Palembang ini. Pempek yang berbahan ikan tengiri berkualitas, dengan isian telor di dalamnya. Digoreng dengan kematangan sempurna, aroma makanan sedap menguar dari pempek kapal selam yang kita pesan. Sedaaaaapp! Lebih mak nyus lagi, manakala cuko alias kuah yang terbuat dari cuka, gula merah dan asam, mengguyur pempek kita. Berpadu dengan mie kuning serta irisan mentimun, sungguh merem melek tatkala kita merasakan gigitan pertama dari pempek ini.

Isian telor juga sama sekali tidak amis. Kandungan protein yang ada di dalamnya bisa melengkapi nikmatnya momen makan enak kita.

Selain pempek, masih banyak makanan khas Palembang lainnya juga bisa kita nikmati di resto Pempek Farina. Tekwan, salah satunya.

Tekwan Pempek Farina
Tekwan Pempek Farina – Foto Oleh Nurul Rahmawati

Ini adalah menu yang terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka. Tekwan adalah makanan yang berupa bulatan kecil-kecil, lalu disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Kuahnya segar! Mirip kuah bakso, dengan rasa udang yang sulit dienyahkan dari memori. Pada umumnya, tekwan disajikan dengan teman-teman pelengkap. Ada soun, irisan bengkoang dan jamur kuping (jamur yang berwarna hitam), serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Bahan Berkualitas dan Kontrol Kualitas yang Ketat ala Pempek Farina

Pempek dan tekwan adalah dua menu makanan khas Palembang yang selalu saya pesan setiap bertandang ke resto Pempek Farina. Harganya terjangkau, dengan porsi yang cukup mengenyangkan. Yang lebih asyik lagi, kita tetap bisa menikmati makanan yang sarat gizi dan berkualitas.

Pempek Farina
Pempek Farina – Foto Oleh Nurul Rahmawati

Ketika makan di restoran Pempek Farina, saya pernah berjumpa dengan David Christian, Bussiness and Development Manager Pempek Farina. Ia mengatakan, bahwa Pempek Farina menerapkan quality control yang amat ketat untuk bahan baku serta proses pengolahan semua makanan. Mengenai rasa pempek yang ikan banget, David menuturkan, “Kami memang menggunakan ikan tengiri asli, bukan perisa. Bahkan untuk bahan pembuatan pempek, model, tekwan dan lain-lain, ikannya dikirim langsung oleh mitra/ partner kami dari Papua. Jumlahnya berton-ton, karena demand yang sangat tinggi dari masyarakat.

Lebih lanjut, David juga menjelaskan bahwa restoran maupun seluruh stand Pempek Farina ini dirancang sedemikian rupa, sehingga cocok untuk tempat makan keluarga, sahabat ataupun untuk lokasi meeting juga bisa.

Akan tetapi, sebagaimana kita ketahui bersama, tantangan masyarakat urban/ perkotaan adalah, takut kena macet! Hahaha. Ingin menikmati pempek sebagai menu makan siang, tapi biasanya pas jam istirahat kantor, macetnya Surabaya sudah mirip banget dengan macet Jakarta! Kalau mau pesan untuk makan malam, kadang kita sudah terlampau lelah untuk sekedar mampir dan berkunjung ke tempat makan.

Solusinya bagaimana? Untunglah, di era yang serba digital ini, kita bisa memanfaatkan GO FOOD. Yap, ingin makanan khas Palembang, tidak harus terbang ke Palembang dan tidak harus datang langsung ke restoran. Cukup buka GO FOOD di aplikasi Go Jek Anda. Kemudian search Pempek Farina. Maka, Anda akan menemukan suggestion terkait restoran terdekat. Lalu, cukup order mana menu yang ingin Anda coba. O iya, di GO FOOD sering ada promo bundling Pempek Farina lho. Jadi kita bisa membeli dengan harga yang lebih terjangkau, apabila pakai aplikasi GO FOOD.

Jadi, untuk makan siang ataupun makan malam, kita tetap bisa menikmati sedapnya pempek, tekwan, model, dan aneka menu makanan khas Palembang lainnya.

( PENA/93NR )

Banner Pesen Makan Sekarang