Pempek Dapur Raihana, Makanan khas Palembang yang Hadir di Makassar

0
266
Pempek Palembang di Makassar
Pempek Palembang - Foto Oleh Irma suryani

PesenMakan.id, Makassar – Dunia kuliner Makassar semakin semarak. Beragam makanan dan minuman hadir demi memenuhi selera pasar mulai dari menu tradisional hingga internasional, dari warung kaki lima, cafe, rumah makan hingga sekelas restoran dengan harga yang membuat kita merogoh kocek lumayan dalam. Hanya perlu memilih sesuai budget yang tersedia. Pempek sebagai makanan khas Palembang, turut hadir pula meramaikan khazanah kuliner di Makassar. Yang sedang ingin makan pempek, sekarang ga perlu jauh-jauh lagi ke Palembang.

Pempek, atau biasa juga disebut empek-empek merupakan makanan khas Palembang berbahan dasar ikan dan tepung kanji, dengan penambahan telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam. Ada 7 macam jenis olahan pempek tergantung cara penyajian dan komposisi bahan atau isinya, yaitu Pempek Lenjer, Pempek Kapal Selam, Pempek Adaan, Pempek Pistel, Pepek Keriting, Pempek Kulit dan Pempek Panggang.

Yang paling sering dijumpai di pasaran adalah pempek kapal selam, adaan dan lenjer. Pempek Kapal Selam adalah jenis pempek yang menyerupai kantung dan berisi telur di dalamnya. Pembuatannya cukup tricky juga karena bila tak mahir, bisa-bisa pempek kapal selam akan gagal yang disebabkan oleh adonan yang bocor dan isian telur akan keluar.

Pempek Palembang di Makassar
Pempek Palembang – Foto Oleh Irma suryani

Pempek lenjer merupakan pempek yang paling standar, paling mudah cara membuatnya dan polos tidak memiliki isian di dalamnya. Hanya dibentuk lonjong saja dan dibuat dalam dua ukuran yaitu besar dan kecil. Sedangkan pempek adaan adalah jenis pempek yang paling digemari karena berasa lebih gurih oleh tambahan santan dan rempah-rempah. Cara pembuatannya sedikit berbeda dengan jenis pempek lainnya, tidak melalui proses perebusan melainkan langsung digoreng.

Pempek Palembang di Makassar
Pempek Palembang – Foto Oleh Irma suryani

Pempek Dapur Raihana

Pempek Dapur Raihana, salah satu warung makan yang menyediakan makanan khas Palembang di Makassar. Selain menyediakan menu pempek adaan, kapal selam dan lenjer yang bisa dipesan dan disantap langsung, di sini juga tersedia pempek beku yang dijual per bungkus. Jadi kalau mau simpan-simpan dulu di lemari es, olah dan santapnya besok-besok aja tetap bisa juga. Selepas menikmati seporsi pempek, bisa ditutup dengan segelas jus buah atau minuman lain seperti thai tea, es jeruk dan es teh yang disediakan di warung ini.

Menikmati Pempek Kapal Selam, Lenjer dan Adaan

Saya memesan pempek Kapal selam, Lenjer dan Adaan dari Dapur Raihana, supaya bisa menikmati perbedaan setiap jenis pempek tersebut. Seperti yang dibahas di atas, pempek yang datang memang sama persis. Kapal selam berisikan telur di dalamnya, lenjer berbentuk lonjong dan adaan berbentuk bulat.

Seporsi pempek dinikmati dengan kuah lezat berwarna kecoklatan dengan rasa pedas, manis dan sedikit asam, biasa disebut dengan kuah cuko. Jangan lupakan mentimun cincang untuk menambah kenikmatan citarasa.

Pempek Palembang di Makassar
Pempek Palembang – Foto Oleh Irma suryani

Pempek dari Dapur Raihana ini memang gurih dan garing. Daging ikannya berasa banget, legit tanpa ada bau amis. Sungguh nikmat bila disantap dalam keadaan yang masih hangat. Potongan buah timun yang ditambahkan di kuah cuko juga segar, menandakan timun baru dipotong. Kuah cukonya lumayan, meskipun rasanya masih kurang kuat bagi saya yang penggemar asam pedas. Tapi ini masih bisa tertutupi dengan baik oleh gurih dan garingnya pempek.

Memesan Pempek Dapur Raihana dengan Go-Food

Fitur Go-Food yang hadir di aplikasi Go-Jek sungguh membantu jika sedang malas membuat pempek sendiri ataupun tidak ada waktu keluar membeli ke warung makan yang menyediakan makanan khas Palembang ini. Pempek Dapur Raihana termsuk salah satu merchant yang berkerja sama dan bisa dipesan dengan aplikasi ini. Cukup dengan membuka aplikasi Go-Jek di ponsel, mencari nama Pempek Dapur Raihana di fitur Go-Food, pilih menu pempek yang diinginkan, bayar dengan Go-Pay dan duduk manis di rumah menunggu pesanan diantarkan oleh driver.

Meskipun pembayaran bisa dilakukan cash pada saat driver datang mengantarkan pesanan, tapi lebih direkomendasikan menggunakan Go-Pay. Ada banyak promo yang bisa didapatkan bila pakai Go-Pay, misalnya free ongkir, voucher 15ribu rupiah dan lain-lain. Lebih hemat kan?

( PENA/129IS )

Banner Pesen Makan Sekarang