Pempek Beringin, Restoran yang Sajikan Makanan Khas Pempek Isi Pepaya!

0
342
Pempek Beringin
Pempek Beringin - foto oleh Firsty Ukhti Molyndi

Pesenmakan.id, Palembang – Makanan apa yang ringan tapi mengenyangkan? Kota Palembang punya jawabannya. Ya, Palembang punya makanan khas pempek selalu menggugah selera.

Terbuat dari ikan dan gandum membuat kita kenyang usai menyantapnya. Makanan khas Palembang ini cocok dinikmati di segala suasana. Apalagi bila dinikmati dengan saus gula merah asam-asam pedas bernama cuko. Wong Palembang pun terbiasa menjadikan pempek sebagai camilan sekaligus makanan berat.

Berkunjung ke Palembang buat kita lupa daratan. Disini terdapat banyak sekali restoran pempek. Wong luar Palembang pasti akan bingung. Tapi kusarankan kalian untuk pergi ke Restoran Pempek Beringin. Aneka pempek dan kuliner khas Palembang lainnya tersaji secara lengkap. Ada banyak pula cabangnya di kota Palembang ini. Salah satunya di Restoran Pempek Beringin Cabang Radial.

pempek beringin
Foto oleh Firsty Ukhti Molyndi

Untungnya sekarang sudah ada fasilitas Go Food. Wong yang mudah malas seperti bisa aku langsung pesan lewat aplikasi. Praktis dan hemat waktu. Kalau pesan via Go Food, kusarankan kalian gunakan Go Pay. Soalnya bisa dapat potongan harga untuk biaya antar. Jarak restorannya ke rumah yang tidak terlalu jauh, ongkirnya via GoPay hanya Rp. 4.000 saja.

Hari itu aku pesan beberapa jenis pempek. Aku pesan pempek yang kecil-kecil, sengaja biar tidak terlalu kenyang, sehingga masih bisa makan-makanan yang lain. Ada pempek telur kecil, pempek adaan, pempek kulit, dan terakhir yang paling istimewa pempek pistel. Tepat pukul 12 siang pesanannya tiba.

Favoritku tentu saja pempek pistel. Buat yang belum tahu apa itu pempek pistel, pempek ini memiliki isian yang beda dari yang lain. Apalagi kalau bukan pepaya! Yup, kebayang bukan pempek berisi buah yang oleh orang Palembang sendiri dinamakan kates. Bukan sembarang pepaya, tentunya sudah diolah terlebih dahulu. Ada tambahan udang yang telah dicacah kecil. Sehingga rasanya manis-manis gurih. Ini yang bikin aku tergila-gila dengan pempek pistel Pempek Beringin!

Pempek Pistel Beringin ini terasa sekali udangnya, tidak berbau amis. Pastilah dibuat dari udang segar pilihan yang diolah dengan bumbu rahasia. Ukurannya yang kecil untuk sekali masuk mulut. Pas dan lembut banget rasanya. Gurihnya kates plus manisnya udang bercampur jadi satu.

Pempek Beringin Palembang
Pempek Beringin – Foto oleh Firsty Ukhti Molyndi

Konon tidak banyak restoran pempek yang jual pempek pistel seperti ini. Alasannya rahasia kelezatan pempek pistel terletak pada isiannya. Bumbunya harus pas. Kematangan pepayanya pas. Cara memasaknya juga harus pas.

Apalagi makannya dengan cuko khas Pempek Beringin, dijamin ketagihan! Pempek pistel Beringin yang datang kemarin belum digoreng, jadi pasti lebih sehat. Untuk kalian yang mau pesan untuk digoreng, silahkan tulis di bagian notes lewat aplikasi Go Food.

Pempek kecil lain yang buatku tergoda adalah pempek kulit. Renyah dari gigitan pertama. Pempek kulitnya sudah dipotong terlebih dahulu. jadi makannya tinggal celup di cuko. Sensasi makan pempek kulit crispy itu terletak pada kulitnya yang renyah, mirip makan kerupuk. Pempek kulitnya Pempek Beringin termasuk kering dan tidak alot. Serasa baru digoreng sebelum diantar ke pelanggan.

Adapun selanjutnya aku suka sama pempek adaan, nama lain dari pempek bulat. Bentuknya bulat-bulat kecil mirip bakso, tapi terbuat dari ikan. Pempeknya terasa membal dan enak. Digoreng jadi makin crispy. Teraso nian iwaknyo, kalau kata orang Palembang. Makan pempek di Pempek Beringin, tidak cukup satu deh. Dijamin!

Diantara ketiganya, aku paling merekomendasikan pempek pistel. Rasanya menggoyang lidah. Cocok untuk kalian yang ingin kenyang namun tetap sehat. Karena pempek pistel disajikan tanpa minyak alias tidak digoreng. Makan lima buah tidak terasa sama sekali.

Dari segi penyajian, Pempek Beringin dikemas rapi dalam kotak. Untuk pempek pistelnya yang rebus disajikan terpisah. Disediakan pula satu kemasan kecil cuko pempek yang segera kumasukkan ke wadah lain agar tidak pecah.

Oh iya, Pempek Beringin ini sudah ada Sertifikat Halal MUI-nya, jadi untuk yang muslim nggak perlu ragu lagi. Disini mereka tidak hanya menjual aneka jenis pempek, tetapi juga kuliner khas Palembang dan Indonesia lainnya seperti brengkes patin, pindang baung, soto ayam, laksan, ayam masak kecap, dan lain-lain. Tersedia pula minuman es ala Palembang dan aneka jus segar pilihan.

Rata-rata makanan dan minuman tersebut dibandrol dari mulai harga Rp. 5.000 hingga Rp. 80.000-an. Khusus untuk pempek kecil-kecil yang aku pesan tadi harganya hanya Rp. 5.000 per buah. Kalau kalian mau pesan lebih banyak, Pempek Beringin juga menyediakan pempek paketan yang bisa diorder untuk dijadikan oleh-oleh pulang ke kampung halaman. Penasaran sama kelezatan penganan lainnya? (Pena/107FUM)

Banner Pesen Makan Sekarang