Nasi Uduk Palagan, Tempat Makan Nasi Uduk Favorit di Jogja

0
799
Nasi Uduk Palagan Yogyakarta - Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Kendaraan mengular di perempatan Jalan Palagan-Jalan Monjali. Kemacetan ini bukan tanpa alasan. Jalan Palagan kini menjadi tujuan kuliner masyarakat Jogja. Di sepanjang jalan berjejer tempat makan yang rasanya boleh diadu, termasuk Nasi Uduk Palagan. Makan di Nasi Uduk Palagan bikin ketagihan. Enggak percaya?

Saya biasanya melihat puluhan motor dan mobil parkir di halaman Nasi Uduk Palagan. Terutama menjelang makan siang, dan menuju waktu makan malam. Area parkir Nasi Uduk Palagan dipastikan ramai.

Nasi Uduk Palagan merupakan tempat makan nasi uduk favorit di Jogja. Orang-orang berbondong-bondong datang kemari. Baik masyarakat Jogja, maupun yang berasal dari luar kota. Bahkan para pejabat menyambangi tempat makan enak ini.

Apa saja menu populer dari Nasi Uduk Palagan? Tentu saja nasi uduknya. Untuk makan malam, saya memesan nasi uduk porsi besar, nasi uduk bakar palagan daging, dan nasi goreng uduk ebi. Tak lupa ayam bakar potong dan cumi bakar sebagai lauknya.

Ketika makanan datang, baunya begitu menggoda. Nasi uduk dan ayam bakar potongnya dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan kertas cokelat. Sedangkan cumi bakarnya dibungkus dengan wadah plastik beralas daun pisang juga.

Kemasan Nasi Uduk Palagan
Kemasan GoFood Nasi Uduk Palagan – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Bagaimana dengan nasi uduk bakar palagan daging? Nasi bakarnya masih terbungkus rapi di dalam daun pisang yang berwarna kehitaman karena telah melalui proses pembakaran. Sedangkan nasi goreng uduk ebi justru dikemas menggunakan dus bertuliskan Nasi Uduk Palagan.

Nasi Uduk Lauk Ayam dan Cumi Bakar, Manis Pedas Menggigit

Saya mencicipi nasi uduk dengan ayam bakar potong dan cumi bakar. Nasi uduknya masih hangat, terdapat taburan bawang goreng di atasnya. Gurih dari santan terasa di lidah. Pantas saja Nasi Uduk Palagan menjadi nasi uduk favorit di Jogja.

Nasi Uduk Cumi Bakar
Nasi Uduk Cumi Bakar – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Selanjutnya, saya menyuir ayam bakar yang tampak cokelat kehitaman. Ayam ini dibakar dengan olesan bumbu kecap. Bumbunya membuat ayam terasa manis dan gurih. Warna cokelat kehitamannya juga berasal dari karamel kecap manis.

Saat disuir, daging ayamnya lembut. Menandakan ayam dibakar dengan kematangan yang pas. Ayam bakar ini saya santap bersama nasi uduk. Tak lupa dicocol sambal yang memang disajikan sepaket dengan ayam bakar. Rasa manis berpadu dengan pedas, begitu menggigit.

Ayam bakar dan nasi uduk makin enak jika dimakan bersama lalapan. Nasi Uduk Palagan menyediakan lalapan berupa daun kemangi, dan timun iris. Makan malam saya terasa sempurna.

Saya teringat lauk satunya, yaitu cumi bakar. Cumi ukuran besar dengan warna kuning kecokelatan sangat menggoda untuk disantap. Daging cumi bakarnya tebal, dan kenyal. Sayang, rasanya agak hambar. Tapi bisa diakali dengan mencocol cumi ke sambal. Ukurannya yang besar membuat cumi bakar ini bisa dimakan bersama-sama.

Nasi Uduk Bakar Palagan, Sensasi Nasi Bakar yang Unik

Nasi Uduk Bakar
Nasi Uduk Bakar Palagan – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Menu selanjutnya adalah nasi uduk bakar palagan daging. Nasi bakarnya dibungkus daun berbentuk segitiga. Aroma nasi uduk bakar sangat harum. Ketika dibuka, di bagian atas nasi bakar terdapat kemangi dan serundeng kelapa. Wah, rupanya bahan inilah yang membuat nasi bakar menjadi harum.

Nasi Uduk Bakar Palagan daging
Nasi Uduk Bakar Palagan Daging – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Nasi uduk bakar palagan daging berisi daging sapi, bumbu rica, dan serundeng kelapa. Paduan ketiga bahan tadi menjadikan nasi uduk bakar kaya rasa. Mulai dari gurih, pedas, dan manis dari daging sapi. Wah, menu ini juga menjadi pilihan nasi uduk favorit di Jogja.

Nasi Goreng Uduk Ebi, Gurih dan Lezat

Satu lagi menu makan malam yang akan saya cicipi, yaitu nasi goreng uduk ebi. Nasi goreng berwarna cokelat muda tersaji di piring. Nasinya tidak lembek, butir-butirnya terpisah. Di dalam nasi goreng uduk terdapat potongan daun bawang, tomat, dan kecambah.

Nasi Goreng Uduk Ebi
Nasi Goreng Uduk Ebi Palagan – Foto Oleh Dian Farida Ismyama

Ketika saya menyendok nasi goreng tersebut, ebi (udang kecil) tampak tersebar di seluruh nasi goreng. Ebi membuat rasa nasi goreng uduk ini menjadi khas, seperti nasi goreng seafood. Nasi goreng uduk yang gurih, semakin lezat dengan campuran ebi.

Oleh karena itu, nasi goreng uduk ebi sangat cocok disantap bersama acar dan kerupuk. Asam dari acar dan renyah kerupuk melengkapi kenikmatan dari tiap suapan nasi goreng. Makan malam terkenyang yang pernah saya rasakan. Nasi uduk favorit di Jogja yang luar biasa mantap.

Nasi Uduk Palagan juga menyediakan menu lainnya seperti gado-gado, aneka nasi goreng uduk (babat, iso, ati ampela, petai, daging), dan berbagai varian nasi goreng biasa (nasi goreng polos, ikan asin, ayam, kerang).

( PENA/113DFI )

Banner Pesen Makan Sekarang