Nasi Minyak Jamillah, Kuliner Khas Palembang Kaya Rempah

0
378
Nasi Minyak Jamillah, Kuliner Khas Palembang Kaya Rempah
Nasi Minyak Jamillah - Foto Oleh Deddy Huang

Pesenmakan.id, Palembang – Nama nasi minyak barangkali masih asing terdengar. Bahkan ketika saya pertama kali mencoba juga sempat bertanya apa dimasak menggunakan minyak. Nasi minyak khas Palembang ini unik bahkan dulu termasuk makanan mewah dan hanya bisa disantap oleh Sultan Palembang setiap hari jumat. Selain itu juga dihidangkan hanya untuk tamu-tamu istimewa. Berjalannya waktu, sekarang setiap orang bisa ikut menikmati nasi minyak tanpa harus menjadi tamu Sultan.

Aroma Khas Rempah

Olahan nasi yang dimasak dengan minyak samin dan rempah-rempah ini sekilas terlihat seperti nasi kebuli. Wajar sebab nasi minyak ini mendapat pengaruh dari Timur Tengah dan Melayu sehingga pengaruh budaya akan terlihat mulai dari cita rasa hingga sajian pelengkap misalnya seperti ayam goreng, daging malbi, sate pentol dan sambal nanas. Semua lauk pelengkap ini menambah cita rasa lebih sedap.

Nasi Minyak Jamillah, Kuliner Khas Palembang Kaya Rempah
Nasi Minyak Jamilah – Foto Oleh Deddy Huang

Ciri khas dari nasi minyak Jamillah memiliki aroma bumbu yang kuat. Kini nasi minyak juga bisa dinikmati oleh semua lapisan warga. Biasanya akan lebih mudah ditemukan saat acara pernikahan orang pribumi hingga acara besar lain seperti syukuran, lebaran dan lainnya. Berhubung rumitnya proses menyiapkan nasi minyak termasuk lama waktu memasaknya, maka saat ini di beberapa toko juga menyediakan nasi minyak khusus hari Jumat saja.

Nasi Minyak Jamillah, Kuliner Khas Palembang Kaya Rempah
Nasi Minyak Jamillah – Foto Oleh Deddy Huang

Sepintas nasi minyak mirip seperti nasi kuning yang warnanya kuning pekat. Rasa nasi sedikit berbeda karena menggunakan minyak samin. Nasi minyak dibuat di kuali ukuran besar sehingga lebih gampang diaduk menggunakan kayu besar. Sedangkan untuk lauk biasanya menggunakan malbi. Malbi merupakan daging sapi yang tampilannya mirip seperti rendang, hanya saja malbi lebih kuat rempah dan terasa manis karena dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, kecap dan rempah. Sehingga tidak pedas seperti rendang.

Tak Perlu Menunggu Sampai Hari Jumat

Saya tergoda untuk memesan nasi minyak lewat pesan online. Mengetik kata kunci nasi minyak, keluar beberapa penjual nasi minyak yang ada di Palembang. Salah satunya adalah Nasi Minyak Jamillah yang belum pernah saya coba. Salah satu keunggulan memesan pesan online, terkadang sering diberikan promo-promo menarik misalnya promo gratis ongkos kirim. Promo ini sangat berguna bagi kita agar lebih hemat.

Nasi minyak Jamillah ini selalu berjualan setiap harinya sehingga bagi kita yang sedang ingin menikmati seporsi nasi minyak tidak perlu menunggu hari jumat. Saya memesan nasi minyak dengan ayam goreng. Penampakan nasi minyak sudah menggoda untuk segera disantap. Warna kuning menyala menambah gairah untuk segera disantap, apalagi nasi minyak Jamillah ini menambahkan kismis di dalam nasi.

Nasi Minyak Jamillah, Kuliner Khas Palembang Kaya Rempah
Nasi Minyak Jamillah – Foto Oleh Deddy Huang

Terasa sekali rempah-rempah yang terdiri dari kayu manis, jinten, kapulaga, ketumbar, dan pala dicampur hingga nasi minyak terasa gurih. Nasi minyak Jamillah dihidangkan dengan pelengkap lainnya seperti sambal nanas, acar mentimun, tumis kacang panjang, sambal pedas manis dan kuah. Sebenarnya hanya memakan nasi minyak saja sudah mengenyangkan perut. Tapi siapa yang tidak tergoda dengan ayam goreng? Tekstur ayam goreng lembut, manis dan gemuk di mulut.

Nasi Minyak Jamillah, Kuliner Khas Palembang Kaya Rempah
Nasi Minyak Jamillah – Foto Oleh Deddy Huang

Harga Murah dan Bisa Beli Online

Seporsi nasi minyak seharga Rp 28.000 ini memang sudah cukup mengenyangkan perut untuk seorang diri. Apalagi Nasi Minyak Jamilla juga memberikan gratis air mineral sehingga harga yang diberikan sudah cukup hemat untuk menu makan siang. Nasi minyak Jamilla ini berapa di Jalan Mayor Ruslan No.769 atau persisnya belakang gedung Bank Indonesia. Lokasinya yang mudah dijangkau serta kalian juga bisa mencarinya lewat Go Food. Perut aman dan nyaman karena tidak perlu repot jika ingin menikmati nasi minyak.

( PENA/DH )

Banner Pesen Makan Sekarang