Nasi Goreng Merah Khas Batu Raja yang Merona

0
141

Pesenmakan.id, Palembang – Hampir semua orang sangat menyukai nasi goreng dengan alasan sederhana: mudah dimasak dan rasanya juga enak. Seperti halnya Nasi Goreng Merah khas Batu Raja yang begitu merona ini.

Dari tampilannya saja, Nasi Goreng Merah Batu Raja berbeda dengan nasi goreng di pasaran. Warnanya sesuai dengan nama: merah. Sementara Batu Raja merupakan nama daerah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi ini konon juga terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak makanan yang enak-enak.

Mengupas Tuntas Kelezatan Nasi Goreng Merah Batu Raja

nasi goreng merah khas batu raja
Nasi Goreng Merah – Foto oleh Oktafirda Yeni

Setelah mencicipi Nasi Goreng Merah Batu Raja, saya dapat menyimpulkan bahwa makanan ini memiliki cita rasa unik. Selain warna merahnya yang memang berbeda, rasanya juga begitu khas masakan Kota Batu Raja, Sumatera Selatan.

Jika boleh sedikit membahas sejarah nasi goreng, makanan ini sebenarnya berasal dari Tionghoa. Kemudian dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa ketika berdagang merantau ke Asia Tenggara.

Di tangan masyarakat Batu Raja, nasi goreng ini kemudian dimodifikasi. Nasi Goreng Merah Batu Raja menggunakan saus tomat sebagai bumbu dasar pembuatan. Tak heran, jika warna nasi goreng ini merah; dan bukan cokelat.

nasi goreng merah khas batu raja
Nasi Goreng Merah – Foto oleh Oktafirda Yeni

Nasi Goreng Merah Batu Raja juga tidak menggunakan kecap sama sekali. Cita rasa khas nasi goreng ini disempurnakan dengan penggunaan cengkeh dalam bumbu masakannya. Tentu selain menggunakan bawang merah, bawang putih dan kecap dan telur berdasarkan selera mau dikocok ketika minyak matang atau dibubuhkan setelah nasi matang.

Nasi Goreng ini terasa gurih sekali dan menurut saya rasa ini didapat dari minyak samin. Tetapi, Nasi Goreng Merah Batu Raja ini rasanya hampir sama dengan Nasi minyak yang sering disajikan di acara resepsi pernikahan. Tetapi Nasi Goreng ini tidak seperti nasi minyak kondangan yang cenderung berminyak.

Nasi Goreng ini lebih enak lagi dengan tambahan Ayam Suwir dan telur dadar yang diiris tipis. Apalagi tambahan sambal cengek yang benar-benar pas sebagai perpaduan antara Nasi Goreng Merah Merona Batu Raja ini.

Harga satu porsi Nasi Goreng Merah Batu Raja juga tidak mahal. Cenderung bisa dijangkau oleh semua kalangan. Satu porsi Nasi Goreng Merah Batu Raja original hanya berkisar Rp20 ribu saja. Murah banget untuk satu porsi makanan enak begini, bukan?

Rahasia Kenikmatan Nasi Goreng Batu Raja yang Bikin Nagih

nasi goreng merah khas batu raja
Nasi Goreng Merah – Foto oleh Oktafirda Yeni

Saya suka sekali dengan Nasi Goreng Merah Batu raja ini karena memang biasanya saya disuguhkan dengan nasi goreng yang berwarna cokelat yang cara pemasakannya menggunakan bahan dasar kecap. Rasanya tentu sangat berbeda sekali dengan Nasi Goreng Merah Batu Raja ini.

Tekstur nasi gorengnya benar-benar terpisah yang artinya tergoreng sempurna dengan tingkat kematangan nasi yang sangat baik untuk digunakan pada nasi goreng. Sehingga Nasi Goreng Merah Batu Raja ini enak sekali ketika dikunyah. Pertama kali melihat Nasi Goreng Merah Batu Raja ini saya pikir rasanya adalah pedas tetapi ternyata rasanya tidak ada pedas-pedasnya sama sekali. Rasanya asam manis dan gurih. Menurut saya rasa asam manis dan gurih tersebut itu didapat karena penggunaan saus tomat sebagai bahan dasar bumbunya.

Ingat soal cengkeh tadi? Menurut saya rasa cengkehnya tidak terlalu terasa tetapi mampu memberikasn sensasi nikmat yang berbeda dari nasi goreng pada umumnya.

Kenikmatan Nasi Goreng Merah Batu Raja ini semakin sempurna dengan hadirnya sambal Cengek yang enak banget karena terdapat rasa asem pedas. Sambal Cengek dibuat dengan bahan dasar cabai keriting dan asam serta gula merah sehingga untuk rasanya menurut saya adalah sambal yang manis dan asamnya tidak terlalu terasa. Sambal Cengek rasanya sangat nikmat karena pedasnya dapat dinikmati semua kalangan dan sangat pas dengan Nasi Goreng Merah Batu Raja ini.

sambal cengek nasi goreng merah khas batu raja
Sambal Cengek – Foto oleh Oktafirda Yeni

Tambahan ayam suwir yaitu potongan kecil ayam yang sudah digoreng dan disuwir kecil-kecil dan telur dadar yang diiris kecil dan tipis merupakan nilai plus dalam menambah kenikmatan Nasi Goreng Merah Batu raja ini. Tak lupa juga Kerupuk Udang goreng yang krenyes dan acar timun dengan tambahan cabai rawitnya sebagai menu pelengkap Nasi Goreng Merah Khas daerah Batu Raja, Sumatera Selatan.

Penasaran? Cicipi Nasi Goreng Merah Batu Raja di GoFood Festival OPI Palembang Yuk!

Nasi Goreng ini bisa kita temukan di GoFood Festival OPI Mall Palembang, lho. Tepatnya berada di lantai dasar OPI Mall atau masuk dari pintu utama OPI Mall – kawasan Jakabaring.

Tempat makan ini didesain dengan sangat apik, nyaman dan menyenangkan. Kamu bisa menikmati Nasi Goreng Merah Batu Raja dengan dekorasi menarik. Belum lagi jika ada pengisi acara yang sedang manggung. Makan sambil diiringi musik atau penampilan menghibur lainnya tentu akan sangat menyenangkan, bukan?

Di GoFood Festival OPI Mal Palembang, kamu juga berkesempatan mendapatkan cashback hingga 50 persen dengan menggunakan metode pembayaran digital melalui QR Code dengan GoPay.

Untuk menu lain di Booth-nya Nasi Goreng Merah adalah sebagai berikut:

Nasi Goreng Merah Original : Rp20.000

Nasi Goreng Merah Mini : Rp10.000

Nasi Goreng Merah Ayam Goreng : Rp25.000

Nasi Goreng Merah Telur Dadar/Mata Sapi : Rp22.000

Nasi Goreng Merah Sambal Pete : Rp23.000

Sate Angkringan : Rp2.000

Cilok 5 Tusuk : Rp12.500

Cilok 6 Tusuk : Rp15.000

Cilok 4 Tusuk : Rp10.000

Cilok 3 Tusuk : Rp8.000

List harga ini adalah berdasarkan harga yang ada di booth Nasi Goreng Merah Batu Raja di GoFood Festival OPI Mall Palembang. Harga sangat ramah di kantong dan rasanya enak banget.

Sebagai informasi, Nasi Goreng Merah Batu Raja ini berada di Jalan Slamet Riady (Samping Pasar Durian Kuto), Kuto Batu, Ilir Timur 2 Palembang. Nasi Goreng Merah Batu Raja telah bekerjasama dengan Gojek sehingga dapat pula dipesan melalui layanan GoFood. Bagaimana tertarik untuk mencoba? (PENA/OY)

Banner Pesen Makan Sekarang