Resep Es Selendang Mayang, Minuman Khas Tradisional Betawi yang Enak Banget

0
120
Resep Es Selendang Mayang, Minuman Khas Tradisional Betawi
Resep Es Selendang Mayang, Minuman Khas Tradisional Betawi. Foto: Shutterstock

Minuman tradisional Betawi memang bukan hanya Es Selendang Mayang. Tapi, Es Selendang Mayang menjadi salah satu minuman tradisional Betawi yang masih menjadi favorit masyarakat, dan bisa ditemukan di beberapa tempat Wisata. Salah satunya di kawasan wisata Kota Tua Jakarta.

Selain itu, minuman khas tradisional Betawi ini kadang masih bisa kita temukan dalam acara pernikahan masyarakat di Jakarta. Memang, biasanya Es Selendang Mayang disajikan dalam perayaan khas Betawi, baik acara pernikahan maupun hajatan lainnya.

Es Selendang Mayang mulai populer sejak 1940an. Namanya diambil dari warna isian es ini menyerupai warna pada selendang. Sedangkan kata mayang, merujuk pada arti kenyal dan manis.

Es Selendang Mayang sekilas mirip es campur, yang membedakannya adalah isi dari minuman khas Betawi ini. Isi Es Selendang Mayang adalah kue kenyal yang terbuat dari tepung beras, santan cair, es batu, dan sirop merah atau gula merah cair. Dari komposisi bahan tersebut, kebayang dong bagaimana rasa Es Selendang Mayang ini: manis dan sudah pasti bikin segar.

Mencicipi Minuman Khas Betawi di Kota Tua

Meski ditutup karena pandemi Corona, di sekitar Kota Tua masih banyak pedagang yang berjualan. Termasuk penjual minuman tradisional khas Betawi Es Selendang Mayang.

Foto: Pesenmakan.id

Gerobak sederhana dengan susunan huruf berwarna merah berhasil mencuri perhatian tim Pesenmakan.id. Cuaca yang lumayan terik membuat pesona es ini naik 10 kali lipat.

Harga yang ditawarkan penjual Es Selendang Mayang di Kota Tua juga nggak mahal, hanya Rp5.000 per porsinya. Padahal biasanya kebanyakan makanan dan minuman di tempat wisata harganya bisa naik hingga 3x lipat.

Meski murah, rasa minuman khas Betawi ini tetap enak dan benar-benar bikin segar. Rasa manisnya tidak dominan sehingga saat disantap berbarengan dengan santan dan es, segarnya keterlaluan. Nggak sampai 5 menit, Es Selendang Mayang pun habis kami minum.

Resep Es Selendang Mayang

Foto: Shutterstock

Resep minuman tradisional khas Betawi ini sebenarnya mudah. Kamu bisa membuat Es Selendang Mayang ini di rumah. Jadi nggak harus ke Jakarta atau ke Kota Tua dulu kalau ingin menikmati kesegaran Es Selendang Mayang khas Betawi.

Kali ini kami akan mengajak kamu untuk MaBar (Masak Bareng) Pesenmakan.id dari rumah masing-masing, hehe. Berikut resep Es Selendang Mayang, minuman tradisional khas Betawi yang menjadi favorit semua orang a la Pesenmakan.id:

Bahan isian:

750 ml air

50 gram tepung sagu aren

50 gram hunkwe

1 sdm tepung beras

2 lembar daun pandan dan buat simpul

½ sdt garam

125 gram gula pasir

½ sdt pewarna makanan merah dan hijau

Bahan kuah:

1. Sediakan santan dari 1 buah kelapa sebanyak 750 ml. Kemudian kamu bisa tambahkan ½ sdt garam, ½ sdt gula pasir ke dalam santan tersebut. Lalu 3 lembar daun pandan untuk bahan tambahan.

2. Kuah kedua, yaitu air gula dari 300 gram gula merah yang sudah kamu sisir halus. Kemudian tambahkan ¼ sdt garam.

Cara Membuat Es Selendang Mayang

1. Campurkan tepung sagu, hunkwe, tepung beras dengan air sebanyak 250 ml. Kemudian didihkan sisa air dengan daun pandan, garam, dan gula pasir sampai larut. Setelah itu angkat dan saring. Masak kembali campuran air dan daun pandan di atas api kecil.

2. Tambahkan adonan tepung ke dalam air dan aduk cepat hingga semua tercampur rata. Didihkan lalu angkat. Adonan tersebut kemudian kamu tuangkan ke dalam loyang dan ratakan. Beri pewarna merah dan ratakan kembali dengan kuas sehingga seluruh permukaan berwarna. Lakukan hal yang sama untuk warna hijau. Lalu biarkan dingin dan mengeras.

3. Rebus santan dengan garam, gula, dan daun pandan di atas api sedang hingga mendidih. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Kemudian angkat dan sisihkan. 

4. Rebus gula merah dengan air dan garam dengan api sedang sampai gula larut dan mendidih. Setelah itu, kecilkan api dan masak hingga mengental. Angkat dan biarkan dingin.

Penyajian Es Selendang Mayang:

Potong balok atau sesuai selera selendang mayang. Tempatkan dalam gelas atau mangkok saji. Guyurkan dengan kuah santan dan sirup gula merah di atasnya. Jika ingin dingin, tambahkan es batu atau es serut sesuai selera. Es Selendang Mayang minuman tradisional khas Betawi sudah bisa kamu santap di rumah bareng keluarga. Selamat mencoba. 

Banner Pesen Makan Sekarang