Mie Sagu KITE, Nikmat Asli Khas Pontianak

0
528
Mie Sagu KITE, Nikmat Asli Khas Pontianak
Mie Sagu KITE - Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Pesenmakan.id, Pontianak – Mie sagu adalah salah satu makanan khas dari kota Pontianak. Makanan yang bisa didapat merata di Kota Pontianak. Makanan khas suku Melayu ini biasanya dijual dijajanan kaki lima dengan harga yang sangat terjangkau. Makanan yang popular di Kota Pontianak ini selalu menjadi menu yang dicari. Mie Mie Sagu adalah makanan asli Indonesia karena pohon sagu ini hanya terdapat di Indonesia, seperti daerah Pontianak, Maluku, Irian Jaya (Papua), dan Riau. Ciri khas dari Mie Sagu buatan masyarakat Selatpanjang dan sekitarnya, terletak pada adanya tambahan ikan teri atau udang rebon, tauge dan potongan daun kucai. Mie Sagu memiliki kenyalan yang berbeda dari mie-mie yang berbahan dasar terigu.

Mie Sagu, Mirip Cendol Namun Gurih

Seperti namanya Mie Sagu, bentuknya ceper, tipis dan berwarna bening sedikit keruh. Makanan khas dari Kota Pontianak Kalimantan Barat ini terbuat dari bahan baku utama sagu. Kuliner warisan dari nenek moyang ini menjadi makanan andalan yang dikonsumsi masyarakat sebagai menu sarapan di pagi hari. Tak heran jika para pengunjung kota ini, akan mulai berburu kuliner terkenal ini karena cita rasa khasnya yang berbeda dari mie sagu. Banyaknya pohon-pohon sagu yang tumbuh di dataran Kalimantan ini sengaja dimanfaatkan sebagai sumber bahan makanan yang nikmat. Pohon sagu sendiri tumbuh dengan alami bahkan dibudidayakan. Dalam proses pembuatan mie ini juga masih tergolong tradisional, tanpa bahan pengawet. Dengan mengutamakan cita rasa, mie sagu dibuat dengan resep rahasia yang diwariskan secara turun-temurun oleh pendahulunya. Pembuatan mie dengan cara diuleni seperti mie lain yang kemudian dikombinasikan dengan sajian pelengkap misalnya kecambah, daging, daun kucai ditambah bumbu merica untuk aroma pedas.

Mie Sagu Kite, Pilihan Saye

Saye, atrinya saya dalam bahasa Pontianak. Lagi malas keluar rumah dan kebetulah hari ini lagi benar benar ingin mencicipi kehangatan kuah mie sagu yang super gurih, karena sedang hujan dan malas gerak alias mager jadilah membongkar merchat mie sagu yang ada di Gofood. Sampai akhirnya menemukan Mie Sagu Kite Mujahiddin. Mie Sagu KITE (Pindahan Mujahidin) beralamat di Jl. Moh. Sohor, Akcaya, Pontianak Sel, Kota Pontianak, Lumayan jauh kalau harus datang ke lokasi, mending minta tolong dengan abang gojek aja. Biar lebih gampang dan praktis. Menunya beragam, ada Mie sagu Original Rp 7.000,- , Mie sagu Lemak Rp 10.000,- , Mie sagu Bakso Rp 10.000,- , Mie sagu Komplit Rp 13.000,- Jadi bingung mau pilih yang mana karena semuanya terlihat menggiurkan.

Mie Sagu KITE, Nikmat Asli Khas Pontianak
Mie Sagu KITE – Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Oke, sekarang saya memesan dua menu, yang pertama adalah mie sagu bakso goreng dan yang kedua mie sagu komplit rebus. Pas banget dinikmati di cuaca yang agak mendung ini. Saya penasaran dengan tampilan kedua menu ini. Ada yang belum tahu cara memesan makanannya? Baiklah. sedikit digambarkan biar gampang ya

Mie Sagu KITE, Nikmat Asli Khas Pontianak
Mie Sagu KITE – Foto Oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Cara Pesan Makanan Lewat GoFood, Mudah dan Gampang

Instal aplikasi Gojek lalu kemudian buka aplikasi GoFood
Kalau kamu sudah tahu mau makan apa, tinggal langsung cari toko atau restaurant yang kamu inginkan dibagian kaca pembesar pojok kanan atas. Kalau masih bingung bisa coba cari-cari via kategori yang ada di tampilan Gofood.
Atau bisa juga dengan membuka pilihan “terdekat” untuk mencari makanan enak yang ada disekitar kita.
Masuk ke tampilan toko atau restauran yang kamu mau. Tinggal pilih deh makanan atau minuman apa yang mau kamu pesan. Kalau tukang jalan jajan sudah pasti memilih Mie Sagu Kite
Lanjut untuk memilih menu yang diinginkan, yaitu mie sagu bakso goreng dan mie sagu komplit.
Selanjutnya tinggal bayar menggunakan GoPay harga makanan dan biaya pengirimannya.
Lalu akan ada driver yang akan siap membelikan dan mengirimkan makanan ke alamat kita berada, kita juga bisa melacak keberadaan driver.
Ada fitur chat dan telepon untuk saling bertukar informasi atau ada tambahan informasi yang dibutuhkan.
Dan! voila makanan akan sampai dan kita mendapatkan token untuk bermain roda putar untuk mendapatkan poin. Jangan lupa memberikan bintang 5 jika driver memberikan pelayanan yang baik ya. Selamat menikmati Mie Sagu Kite.

Mie Sagu Kite, Kering Maupun kuah, Sama Sama Enak

Sekarang waktunya makan, Sudah siap untuk ikut mencicipi rasanya kan? Bentuknya mungkin mirip cendol namun diberi kaldu asin dan diberi macam macam topping. Nah sekarang kita mulai dari mie sagu bakso goreng. Mie sagu menyerap air dengan baik sehingga rasa kaldunya terasa hingga kedalam, untuk yang digoreng, ada rasa manis yang didapat dari tambahan kecap yang diberikan. Tampilannya nyemek alias tidak kering pun tidak basah. Ada sawi dan tauge untuk melengkapi tak lupa potongan bakso yang menggoda selera. lalu kemudian untuk mendambah rasa gurih diberi taburan udang rebon goreng lalu untuk memperkaya tekstur, diberi tambahan kacang tanang goreng yang renyah

Mie Sagu KITE, Nikmat Asli Khas Pontianak
Mie Sagu KITE – Foto oleh Agustinus Bertolomeus Eko Dony Prayudi

Beda lagi dengan tampilan mie sagu komplit yang berkuah, ada tambahan potongan daging sapi bercampur lemak yang kenyal kenyil waktu digigit, rasanya benar benar beragam. Jika ingin menambahkan rasa, ada sambal, kecap dan jeruk nipis yang bisa ditambahkan kedalam Mie sagu ini. Pokoknya, dalam setiap suapan, ada berbagai macam tekstur dan rasa yang berpadu dalam mulut.

Jajan Di GoFood, Pasnya Pakai GoPay

Jajan di GoFood dengan GoPay memang mudah dan praktis. Tidak perlu repot datang ke tempat penjualan, justru makanan yang datang sendiri. Belum lagi dengan GoPay, tak perlu repot menyiapkan uang secara fisik, menyediakan uang pas, jaga-jaga untuk kembalian dan kerepotan lainnya. Paling penting lagi, biasanya ada promo dan bonus yang menyenangkan. Jadi kalau mau jajan makanan atau minuman khas kota Pontianak, cukup menggunakan GoFood dan bayarnya pakai GoPay

( PENA/ABEDP )

Banner Pesen Makan Sekarang