Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang

0
220
Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur - Foto Oleh Uniek Kaswarganti

Pesenmakan.id, Semarang – Ketika berkunjung ke suatu kota, apa sih yang biasa kita jadikan incaran selain oleh-oleh berupa merchandise ataupun jajanan yang bisa dibawa pulang? Bagaimana jika teman-teman berkunjung ke Semarang, apa yang ingin dicoba?

Ya benar, tempat makan enak di Semarang tuh banyaaakk banget. Bakalan berasa rugi kalau tidak menyempatkan diri untuk mencoba makanan khas kota ini. Mulai dari makanan laut berupa kepala manyung, lunpia, kue ganjel rel, wingko, hingga satu ini yang tak boleh ketinggalan. Yuk cobain mie kopyok.

Mie Kopyok Pak Dhuwur yang Iconic

Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur – foto Oleh Uniek Kaswarganti

Kemana sih kaki harus melangkah ketika ingin mencoba mie kopyok? Ada banyak penjual mie kopyok saat ini. Namun yang awal-awal berdiri dan masih melegenda hingga kini tentu saja Mie Kopyok Pak Dhuwur yang berada di Jl. Tanjung Semarang. Gampang banget dituju bagi para pendatang, apalagi bagi mereka yang melakukan perjalanan ke Semarang via Stasiun Poncol. Tidak sampai 5 menit perjalanan menuju Mie Kopyok Pak Dhuwur ini.

Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur – Foto Oleh Uniek Kaswarganti

Mie kopyok paling pas disantap saat pagi hingga siang. Kesegaran kuahnya bakalan terasa saat kita menikmatinya di cuaca yang cerah. Komposisi berbagai bahan yang ada di mie kopyok ini selain sehat juga beda banget jika dibandingkan dengan sajian maupun olahan mie dari kota-kota lain. Makanya tidak heran jika banyak orang yang berpendapat bahwa mie kopyok ini khas Semarang banget. Teman-teman yang berkunjung ke Semarang selalu minta diantarkan untuk makan ke Mie Kopyok Pak Dhuwur. Selain datang langsung ke tkp, kita bisa juga memesannya lewat GO FOOD.

Sajian Segar dalam Sepiring Mie Kopyok Pak Dhuwur

Makan mie kopyok di Pak Dhuwur tuh yang bikin istimewa adalah komposisi kuah dengan campuran air bawang yang pas. Tidak terlalu menyengat namun terasa bawangnya. Bawang yang digunakan memang bawang mentah yang kadang-kadang ada orang tidak suka untuk mengonsumsinya. Tapi di Mie Kopyok Pak Dhuwur ini tidak usah khawatir. Pas banget sih di lidah kalau menurutku.

Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur – Foto Oleh Uniek Kaswarganti

Mie kopyok terdiri dari susunan mie basah dan kecambah yang dimasukkan ke dalam alat khusus dan dicelup ke dalam panci berisi air mendidih. Proses pemasakan ini dinamakan ‘kopyok’, jadi nggak heran kan kalau makanan ini dinamakan mie kopyok.

Ketika mie dan kecambah sudah panas, diletakkan di dalam piring dan ditambahkan potongan tahu goreng. Lalu diguyur dengan kuah dan air bawang, juga ditambahkan irisan seledri, bawang goreng dan yang tidak boleh ketinggalan adalah kerupuk gendarnya. Wajib banget pakai kerupuk gendar, bakalan aneh rasanya mie kopyok kalau tidak ada kerupuk gendarnya.

Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang
Kerupuk Gendarnya – Foto Oleh Uniek Kaswarganti

Semisal masih kurang kerupuknya, kita bisa nambah kok, harga kerupuknya murah banget. Kerupuk gendar ini termasuk bahan pelengkap mie kopyok yang cukup spesial karena keberadaannya mulai langka. Tidak begitu mudah mendapatkannya di toko maupun tempat belanja sehari-hari.

Mie Kopyok Pak Dhuwur, Rekomendasi Makan Enak di Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur – Foto Oleh Uniek Kaswarganti

Oya, yang tidak boleh ketinggalan juga adalah sambalnya. Makan mie kopyok tanpa tambahan sambal duuuhh rasanya bakalan hambar. Sehambar cinta yang tak pernah dirawat. *yaelah

Pesan Mie Kopyok Pak Dhuwur via GO FOOD dan bayar pakai GOPAY

Ada kalanya saat jam makan tiba, kita sedang menghadapi pekerjaan yang bejibun. Padahal perut sudah terasa lapar dan kemungkinan jatah berkunjung ke Semarang besok sudah habis. Yah, gimana dong jika teman-teman yang dari luar kota ingin menikmati sajian Mie Kopyok Pak Dhuwur yang merupakan makanan khas Semarang, tapi lagi nggak punya waktu untuk menyantapnya di tempat?

Mie Kopyok Pak Dhuwur ini sudah bekerja sama dengan GO FOOD sehingga kita bisa dengan memudah memesannya lewat aplikasi di smarthpone. Cek aja kalau pas ada promo potongan ongkir ataupun pembayaran GO FOOD, lumayan kan. Bayarnya pakai GOPAY saja agar makin maksimal mendapatkan promo berikutnya.

( PENA/UK )

Banner Pesen Makan Sekarang