Mie Ayam Mahmud, Pilihan Makan Enak di Medan yang Pantang Dilewatkan

0
323

Pesenmakan.id, Medan — Siapa yang belum tau kuliner terkenal bernama Mie Ayam Jamur H. Mahmud S.? Penduduk kota Medan lebih mengenalnya sebagai Mie Ayam Mahmud. Sebagai salah satu tempat makan legendaris yang hadir sejak tahun 1988, keberadaannya hingga kini cukup diperhitungkan. Di waktu-waktu tertentu seperti saat makan malam, ramai sekali orang memenuhi outlet utamanya yang terletak di Jl. Abdullah Lubis no.57/71 Medan.

Merintis Usaha Kuliner Sejak Dahulu

Ketika memutar kembali memori, saya ingat sekali sewaktu usaha kuliner ini dimulai. Bermula hanya dengan berjualan menggunakan gerobak keliling hingga akhirnya berhasil memiliki outlet tetap di tahun 2010. Sungguh sebuah perjalanan usaha yang tidak dapat dipandang dengan sebelah mata.

mie ayam mahmud
Foto oleh Mollyta Mochtar

Usaha kuliner yang telah berjalan kurang lebih 30 tahun tersebut sudah memiliki pelanggan tetap, termasuk saya. Lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau membuat orang tak ragu untuk mampir ke sana. Mereka rata-rata ingin mencicipi citarasa mie ayam jamur andalan di tempat itu. Terlebih lagi Mie Ayam Mahmud dijamin halal. Tak perlu khawatir menyantap aneka menu yang disajikan.

Untung Ada Layanan GO-FOOD

Di suatu kesempatan saya tiba-tiba ingin sekali makan enak tapi bingung mau makan apa. Lalu saya coba membayangkan kira-kira menu apa yang pas bagi selera saya siang itu. Lalu saya teringat akan wujud dari Mie Ayam Mahmud kegemaran saya hingga tak sabar untuk segera menyantapnya. Tapi ah, saya sedang banyak pekerjaan di rumah.
Keinginan makan mie ayam yang tidak terbendung membuat saya memilih untuk memesannya lewat layanan GO-FOOD. Aplikasi pesan makanan dari GO-JEK tersebut sungguh mempermudah hidup dan menjadi solusi saat tak ada waktu untuk keluar.
Kebetulan Mie Ayam Mahmud sudah bekerjasama dengan GO-FOOD hingga tak perlu susah payah lagi menuju ke outletnya. Menjadi salah satu merchant tentu menjadi sebuah keuntungan, kan? Kalau ingin memesan, konsumen perlu memastikan deposit saldo GO-PAY cukup untuk bertransaksi lalu voilaaa, menu yang dipesan siap hadir di hadapan.

Menggunakan Kemasan Khusus Produk Pangan

Ada 3 macam menu yang saya pesan kali ini, yakni Mie Ayam Bakso, Pisang Coklat Keju, dan Es Sop Buah. Perut saya tengah bergemuruh hingga saya tak ragu makan untuk menghalau lapar.

Pertama-tama saya akan bahas mengenai kemasan saat dipesan. Saya sangat terkesan dengan kemasan mie ayam bakso dan pisang coklat keju. Keduanya dikemas rapi dalam sebuah box pengganti mangkok yang berwarna dasar coklat.

mie ayam mahmud
Foto oleh Mollyta Mochtar

Kemasannya menggunakan Food Grade Paper yang digunakan khusus untuk kemasan produk pangan. Ia juga ramah lingkungan sehingga baik dan aman bagi konsumen. Senang ya kalau pemilik usaha produk pangan menunjukkan kepeduliannya lewat kemasan seperti ini.

Box pengganti mangkok tersebut dapat dimasukkan ke dalam microwave oven dengan temperatur maksimal 100 derajat Celcius selama 1 menit. Tujuannya agar makanan dapat kembali dihangatkan. Kemasan itu juga bersifat Leak Proof, yakni tidak akan bocor. Wah kebetulan sekali karena Mie Ayam Bakso yang saya pesan memakai kuah kaldu. Repot pastinya bila harus memakai wadah terpisah untuk menghindari kebocoran. Untung saja yang ini aman.

Mie Ayam Bakso

Mie Ayam Bakso seharga Rp 25.000 terdiri dari mie kuning berikut tambahan isi. Mie-nya dibuat sendiri supaya tetap higienis. Tingkat kekenyalannya pun cukup baik. Seperti namanya, sajian ini juga dilengkapi dengan bakso sapi berukuran sedang. Baksonya lembut dan terasa daging sapinya saat dikunyah. Tidak kebanyakan tepung sehingga tak menjadikannya terlampau kenyal.

mie ayam bakso dari mie ayam mahmud
Mie Ayam Bakso – Foto oleh Mollyta Mochtar

Yang membuat mie ini terasa istimewa adalah suwiran daging ayam berikut kremes dengan racikan bumbu khusus. Sehingga bila keduanya bercampur dengan kuah kaldu dan mie-nya, langsung menghasilkan citarasa gurih yang pas.

Dilengkapi pula dengan pangsit goreng yang berbentuk gulungan sehingga mudah digigit. Pun tak lupa ada bakso tahu, potongan telur, sayur sawi dan tauge rebus untuk menyempurnakan rasa. Bila menyukai pedas, tersedia pula cabai yang sudah dihaluskan dan dikemas dalam plastik kecil. Tak lupa seiris jeruk nipis untuk menambah ketajaman rasa. Singkat kata, saya tak pernah menyesal memilih sajian ini untuk makan siang. Porsinya sesuai untuk memanjakan perut yang bergemuruh lapar.

Es Sop Buah

Menu selanjutnya yang saya pesan adalah Es Sop Buah seharga Rp 22.000. Hari yang panas terik cocok sekali bila meneguk minuman segar. Bila memesan melalui GO-FOOD, minuman ini akan dikemas dalam gelas plastik bertutup yang tak terlalu tebal. Sayangnya tutup gelas plastik tak cukup rapat sehingga rentan tumpah bila ditenteng.

es sop buah dari mie ayam mahmud
Es Sop Buah – Foto oleh Mollyta Mochtar

Saya baru pertama kali mencoba Es Sop Buah dari merchant ini. Awalnya saya pikir tampilannya akan lebih bening dan tersaji dengan es serut. Ternyata minuman tersebut berwarna sedikit merah muda berkat diberi tambahan sirup untuk menghasilkan rasa manis. Bahan Es Sop Buah seperti ini terbilang sederhana. Pembuatannya juga mudah sekali. Hanya butuh air, susu kental manis, sirup, potongan batu es, dan tentunya pilihan buah yang telah dipotong dadu.

Saat minuman diaduk, rasa manis yang dihasilkannya tidak berlebihan. Perpaduan rasa manis, segar, dan sedikit asam melebur sempurna ketika menyuapkan potongan buah-buahan di dalamnya yakni melon, stroberi, nenas, dan irisan kolang-kaling berwarna hijau. Minuman seperti itu sungguh memuaskan indera pengecap saya.

Pisang Coklat Keju

Menu terakhir yang saya pesan adalah Pisang Coklat Keju seharga Rp 15.000. Nah kali ini saya mendapati pisangnya digoreng dalam balutan tepung dengan tingkat kematangan tertentu dan berbentuk persegi, lantas dipotong menjadi 3 bagian. Selanjutnya diberi susu kental coklat, meises, dan keju parut. Hidangan penutup yang manis dan gurih begini seolah melengkapi rasa dari semua menu yang dipesan. Menu-menunya cocok di lidah saya.

pisang coklat keju dari mie ayam mahmud
Pisang Coklat Keju – Foto oleh Mollyta Mochtar

Layanan GO-FOOD Begitu Menyenangkan

Memesan makanan yang ada di merchant Mie Ayam Mahmud lewat GO-FOOD sangat mudah dan praktis. Aksesnya juga cepat karena saat mengetikkan nama merchant di kolom pencarian maka langsung muncul. Proses pemesanannya juga anti ribet karena tinggal memilih menu kesukaan, memasukkan jumlah item-nya, mencantumkan alamat pengantaran, dan muncul total harga berikut ongkos antarnya berdasarkan metode pembayaran yang dipilih (tunai atau GO-PAY). Selanjutnya tinggal menunggu pesanan tiba. Senang sekali salah satu merchant favorit saya itu tersedia di GO-FOOD. Kalau sedang lapar, tinggal pesan saja. (Pena/97MM)

Banner Pesen Makan Sekarang