Mie Ayam Cah Wonogiri, Citarasa Original Aseli dari Wonogiri

0
254
Mie Ayam Cah Wonogiri, Citarasa Original Aseli dari Wonogiri
Mie Ayam - Foto Oleh Dwi Wahyudi

Pesenmakan.id, Pontianak – Pontianak merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki keanekaragaman jenis kuliner karena masyarakatnya bersifat heterogen, terdiri atas beberapa suku seperti Melayu, Dayak, Chinese, Jawa, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, wajar saja jika kota Pontianak dianggap sebagai surganya para pecinta kuliner yang datang.

Selain sajian kuliner berbahan dasar nasi, kita dapat mencicipi sajian kuliner berbahan dasar mie. Diantara begitu banyak penjual mie ayam, salah satu yang bisa direkomendasikan adalah Mie Ayam Cah Wonogiri, Adisucipto. Lokasi kuliner ini terletak di Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kubu Raya. Diantara begitu banyak merchant kuliner yang bisa dipesan melalui aplikasi Gojek, rumah makan ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Sekilas Mengenai Mie Ayam

Mie Ayam Cah Wonogiri, Citarasa Original Aseli dari Wonogiri
Mie Ayam – Foto Oleh Dwi Wahyudi

Mie Ayam dibuat dari mie kuning yang direbus dalam air mendidih dan kemudian dimasukkan potongan daging ayam dan sayuran. Jangan lupa sertakan juga saos kecap khusus untuk memberikan citarasa dan aroma yang khas. Terkadang ditambahkan juga bakso, pangsit, dan jamur demi menambah selera.

Jenis kuliner berbahan dasar mie awal mulanya berasal dari negeri Tiongkok, akan tetapi mie ayam yang serupa di Indonesia tidak ada ditemukan di Tiongkok. Mi ayam aslinya dari Tiongkok Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong.

Meskipun mie bukan merupakan kuliner asli Indonesia, namun sekarang keberadaan jenis kuliner mie ayam sepertinya sudah menjadi makanan tradisional Indonesia. Jenis kuliner ini sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia, apalagi di daerah Jawa Mie Ayam sangat mudah di temukan. Penjual mie ayam di Indonesia yang cukup terkenal berasal dari Wonogiri.

Proses Pembuatan

Untuk membuat mie ayam, bahan dasar yang dibutuhkan adalah mie. Mie ini bisa dibuat sendiri, namun tentu saja membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Jika tidak mau repot membuat sendiri bahan mie mentahnya di rumah, kita bisa langsung pergi ke toko yang menjual bahan mie. Pilihlah mie basah atau mie telur.

Mie Ayam Cah Wonogiri, Citarasa Original Aseli dari Wonogiri
Mie Ayam – Foto Oleh Dwi Wahyudi

Setelah bahan dasar siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan minyak ayamnya. Panaskan minyak goreng. Masukkan kulit dan lemak ayam, bawang putih dan kunyit. Goreng dengan api kecil sampai kulit ayam kering dan mengeluarkan banyak minyak. Masukkan air dan kecap asin. Biarkan sampai minyak mendidih. Angkat dan tiriskan.

Kemudian tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan bawang putih sampai matang dan kecokelatan. Masukkan ayam, tumis hingga warnanya pucat. Masukkan daun bawang, kecap manis, kecap asin, minyak wijen, gula, garam dan merica bubuk. Setelah semuanya masuk dalam wadah, aduk dan tambahkan air jika perlu. Masak hingga ayam matang.

Masukkan mie yang ke dalam mangkok, aduk rata dengan minyak ayam yang sudah dibuat. Tambahkan sawi, tumisan ayam dan daun bawang menyesuaikan selera. Mie ayam siap disajikan.

Order via Go Food

Mie Ayam Cah Wonogiri, Adisucipto merupakan salah satu outlet merchant kuliner Gojek. Untuk melakukan pemesanan via aplikasi Go Food langsung ketik kata kunci di kolom pencarian “Mie Ayam Cah Wonogiri” maka nama brand kuliner ini akan langsung muncul di layar.

Meski ada beberapa nama outlet merchant menggunakan nama Wonogiri, namun Mie Ayam Cah Wonogiri, Adisucipto tidak memiliki cabang. Memang jika dilihat lokasinya, salah satu merchant Go-Food Pontianak ini terletak di daerah pinggiran kota, tepatnya masuk di Kabupaten Kubu Raya.

Menu Pilihan

Mie Ayam Cah Wonogiri menyediakan beberapa jenis menu dengan bahan dasar mie. Menu Ayam Bakso masuk dalam kategori best seller dengan harga jual Rp. 15.000,- belum termasuk ongkos pengantaran.

Mie Ayam Cah Wonogiri, Citarasa Original Aseli dari Wonogiri
Mie Ayam – Foto Oleh Dwi Wahyudi

Selain Mie Ayam Bakso, tersedia juga menu Bakso yang dijual dengan harga Rp. 13.000,-, Bakso Mie Rp. 15.000,-, dan Mie Ayam Rp. 12.000,-. Gunakan sistem pembayaran melalui Go Pay untuk mendapatkan promo potongan untuk ongkos pengantaran.

( PENA/DW )

Banner Pesen Makan Sekarang