Mi Lethek Khas Bantul Ada di Kedai Kolega

0
445
Mi Lethek Khas Bantul Ada di Kedai Kolega
Mi Lethek bantul - Foto Oleh Aji Sukma

Pesenmakan.id Yogyakarta — Di Bantul, ada sebuah produksi mi unik yang dikenal sebagai mi sehat. Itu karena proses pembuatannya menggunakan tenaga sapi, serta bahan yang digunakan dijamin tanpa pewarna, penyedap, dan pengawet. Namanya adalah mi lethek. Lethek dalam bahasa jawa berarti kusam atau kecoklatan. Seperti namanya, mi ini memang tidak seputih mi pada umumnya. Meskipun demikian, mi lethek menjadi salah satu makanan khas Bantul yang cukup digemari. Terlepas dari warnanya yang kurang menarik, mi ini dianggap lebih sehat dan rasanya pun tak kalah nikmat.

Mi Lethek Kedai Kolega

Banyak warung atau restaurant di Jogja yang menyajikan mi lethek sebagai salah satu menu andalannya. Sayangnya, tidak semua warung makan menyediakannya sepanjang hari. Rata-rata mi lethek ini dijual mulai sore hingga malam hari saja.

Mi Lethek Khas Bantul Ada di Kedai Kolega
Mie Lethek – Foto OlehAji Sukma

Jika ingin menyantap mi lethek sebagai menu makan siang, saya punya rekomendasinya. Kamu bisa menemukannya di Kedai Kolega yang berada di Jl. Gedongkuning Selatan No. 128.

Menu Komplit

Sebenarnya Kedai Kolega ini masuk kategori coffee and eatery, meski kopi menjadi menu utama mereka, tetapi berbagai pilihan makanan dan minuman lain juga tersedia. Bahkan terbilang sangat komplit, mulai dari makanan ringan hingga yang berat.

Di menu minuman, selain aneka ragam kopi mereka juga menawarkan milkshake dan wedang-wedangan. Di menu kudapan ada pilihan kentang goreng, lumpia, singkong, onion ring, cake, dan lain sebagainya. Sementara untuk makanan berat mereka menyediakan mi goreng jawa, mi godhog jawa, ayam hot plate, hingga mi lethek baik goreng maupun godhog.

Rasa Tak Sekadarnya

Meskipun mi lethek bukan menu utama, tetapi soal rasa mereka tidak menyajikannya ala kadarnya. Bahkan untuk ukuran coffee and eatery yang modern, Kedai Kolega ini menyajikan makanan tradisional khas Bantul ini dengan rasa yang cukup istimewa.

Mi Lethek Khas Bantul Ada di Kedai Kolega
Mi Lethek Goreng _ Foto Oleh Aji Sukma

Saya memesan mi lethek goreng dan mi lethek godhog sekaligus. Keduanya sama-sama lezatnya. Mi lethek goreng porsinya tampak lebih padat jika dibandingkan yang godhog. Tidak terlalu banyak, tapi cukup pas untuk mengisi perut yang keroncongan. Disajikan dengan tambahan lalapan seperti daun selada, timun, dan tomat, mie lethek goreng dari Kedai Kolega ini terasa semakin lezat.

Mi Lethek Khas Bantul Ada di Kedai Kolega
Mie Lethek Godhog – Foto Oleh Aji Sukma

Berbeda dengan versi goreng, mie lethek godhog porsinya lebih banyak dengan kuah yang nyemek. Rasanya tak kalah nikmat. Versi godhog ini terasa lebih gurih jika dibandingkan mi lethek goreng yang cenderung manis. Dalam satu porsi mi lethek godhog tidak ada tambahan lalapan seperti yang ada di versi goreng. Sebaiknya tidak menunggu lama untuk meyantap mi lethek godhog ini karena teksturnya akan menjadi lembek.

Karena saya menyukai onion ring, maka saya tak ketinggalan untuk memesannya. Porsinya tak terlalu banyak, tapi cukup membuat lidah tak rela berhenti untuk menyantapnya. Disajikan dengan dua saus tomat dan saus pedas, onion ring dari Kedai Kolega ini terasa renyah dan gurih.

Mi Lethek Khas Bantul Ada di Kedai Kolega
Onion Ring – Foto Oleh Aji Sukma

Mudah dan Cepat via Gofood

Cuaca yang akhir-akhir ini sering turun hujan, membuat saya terkadang malas untuk beranjak meski hanya sekedar mencari makan. Padahal mi lethek ini salah satu makanan yang sangat cocok dinikmati saat hujan.

Untungnya, Kedai Kolega ini sudah ada di aplikasi go-food, jadi bisa pesan kapan saja tanpa perlu kawatir kehujanan. Tinggal pesan melalui aplikasi gojek, maka driver siap datang sebagai penolong rasa lapar. Cukup membayar Rp49.000,- saja menggunakan gopay, saya sudah bisa menikmati seporsi mi lethek goreng, seporsi mi lethek rebus, dan seporsi onion ring. Mantap!

( PENA/AS )

Banner Pesen Makan Sekarang