Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru

0
648
Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru
Lotek Bude Neti - Foto Oleh Fatma Kumala

Pesenmakan.id Pekanbaru – Mempunyai keterbatasan waktu memasak, bukan lagi menjadi masalah besar untuk dapat menyantap makanan enak di Pekanbaru. Beragam jenis makanan dapat dijumpai di tiap sudut kota. Mulai dari makanan tradisional, makanan khas hingga makanan kekinian yang dewasa ini mendapat tempat di hati pecinta kuliner.

Lotek adalah salah satunya. Makanan khas tradisional ini barangkali termasuk ke dalan 3 makanan yang paling dicari masyarakat Pekanbaru. Banyak penjual lotek yang bisa dijumpai di Kota Pekanbaru. Namanya pun beragam.

Menariknya, lotek juga dapat dipesan melalui aplikasi online. Mengetik kata “lotek” saja, aplikasi tersebut akan menyajikan banyak pilihan pelapak yang menjual lotek. Pedagang lotek memang sudah mulai melek teknologi untuk terus meningkatkan penjualannya. Untuk menghemat biaya pengiriman, carilah penjual yang jaraknya tidak jauh dari tempat pengiriman. Silakan jatuhkan pilihan lotek yang diinginkan.

Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru
Lotek Bude Neti – Foto Oleh Fatma Kumala

Menjatuhkan Pilihan Pada Lotek Bude Neti

Hampir setengah jam saya memandangi tiap nama lotek yang berjajar di layar ponsel. Menimbang perut yang sudah keroncongan setelah kerja seharian, akhirnya saya memutuskan untuk memesan Lotek Bude Neti. Alasannya sederhana, jaraknya yang dekat hanya 0,5 kilometer, tidak akan membuat perut saya menunggu terlalu lama untuk dapat menyantap makan sore yang enak.

Lotek Bude Neti menyediakan beberapa menu yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perut kala itu. Jika sedikit lapar, pesanlah menu lotek tok tanpa lontong dan telur. Jika lapar, pesan menu lotek berikut dengan lontongnya. Atau jika sangat lapar pesanlah lotek dengan lontong dan telur. Untuk level pedasnya, bisa disesuaikan dengan menyisipkan pesan pada driver online, pedas, sedang ataupun pedas.

Berhubung saya belum memakan apapun dari pagi hari, (kecuali makan janji laki-laki) akhirnya saya memesan lotek beserta lontong dan telurnya dengan level pedas yang sedang. Entah lapar mata entah memang sudah kelaparan. Tapi saya berharap loteknya segera datang. Menunggu bukan sesuatu yang senang saya lakukan, meskipun sudah menjadi kebiasaan.

Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru
Lotek Bude Neti – Foto Oleh Fatma Kumala

Menyantap Lotek Bude Neti

Lotek yang saya baca dari rangkuman penjelasan mbah google adalah makanan yang berasal dari daerah Jawa Barat. Namun saat ini lotek bisa dijumpai hampir di seluruh penjuru kota di Indonesia, termasuk Pekanbaru.

Makanan lezat ini terdiri dari bermacam jenis rebusan sayuran yang kemudian diberi bumbu ulekan dari bermacam jenis bumbu dapur, seperti cabe rawit, kencur, daun jeruk, bawang putih, garam dan asam jawa.

Lotek yang saya beli dari Lotek Bude Neti diberi tambahan mie dan tahu. Bude Neti membungkus loteknya menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas nasi. Saya senang dengan pengemasan Bude Neti tidak menggunakan steroform. Daun pisang selain menjaga harum alami makanan, juga dapat segera terurai jika menjadi sampah. Berbeda dengan steroform. Perut kenyang tanpa berkontribusi dengan sampah steroform itu keren.

Lotek yang Segar dan Sesuai Selera

Selain tampilan Lotek Bude Neti yang pas di mata, rasa Lotek Bude Neti juga pas di lidah, tidak asin, tidak ada bumbu yang mendominasi. Rasa pedasnya juga sesuai dengan pesanan. Bude Neti sepertinya menggunakan metode giling langsung jika ada pesanan. Hal itu terasa dari rasa loteknya yang segar, fresh from the oven kalau kata anak-anak seumuran saya. Menggiling bumbu lotek langsung jika ada pesanan adalah ciri khas lotek. Ini yang membedakannya dengan pecel maupun gado-gado. Bude Neti juga tidak pelit kasih bumbu lotek yang menyiram rebusan sayuran. Bumbu kuah kacangnya banyak dan kental.

Sayur-sayur rebusan Bude Neti juga enak, tidak terlalu lembek karena lama dimasak. Sehingga Lotek Bude Neti pasti sehat untuk dimakan. Sayuran yang dipakai Bude Neti di antaranya daun singkong, tauge, timun, kacang panjang dan kol.

Oh iya, bagi yang tidak suka beberapa sayur tersebut, bisa diminta untuk tidak ikut dimasukan. Bude Neti akan membuatkan lotek sesuai pesanan Anda.

Di tengah kelaparan yang melanda, Lotek Bude Neti sangat memanjakan perut, tentu juga kantong.

Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru
Lotek Bude Neti – Foto Oleh Fatma Kumala

Gofood Penyelamat Perut Keroncongan

Gofood memang menjadi andalan saya ketika males keluar tapi perut sangat lapar. Sementara di rumah tak ada satupun yang bisa dikunyah.

Layanan Gofood selalu menjadi andalan saya, apalagi cuaca Pekanbaru saat ini rentan dengan hujan. Abang driver Gofood yang tak pernah mengeluh, ramah saat mengantar makanan, dan teliti dalam pemesanan. Ini tergambar dari lotek yang saya pesan, sangat sesuai dengan deskripsi pesanan.

“Jangan lupa bintang limanya, Mbak,” tutupnya, lalu lekas berlalu ditelan gerimis senja..

( PENA/FK )

Banner Pesen Makan Sekarang