Menuntaskan Rasa Kangen dengan Nasi Jamblang di Dapur Buluk

0
93
Menuntaskan Rasa Kangen dengan Nasi Jamblang di Dapur Buluk
Nasi Jamblang - Foto Oleh Myra Anastasia

Pesenmakan.id Jakarta – Saya sudah 2x jalan-jalan ke Cirebon bersama keluarga. Memang belum sering, tetapi selama 2x ke sana hanya 1 lokasi wisata yang kami kunjungi yaitu Goa Sunyaragi. Selebihnya, kami memilih kulineran.

Nasi jamblang, empal gentong, tahu gejrot, mie koclok hanyalah beberapa kuliner yang langsung terlintas di kepala saya. Padahal kuliner khas Cirebon tuh masih banyak juga yang enak. Baru membayangkan saja sudah membuat perut saya mendadak lapar.

Apalagi kalau udah mengingat nasi jamblang. Saya kangen makan nasi yang dibungkus daun jati dengan berbagai lauk pauk, terutama cumi hitam. Bila makan di kota asalnya, biasanya sega jamblang (nasi jamblang) ini disajikan secara prasmanan. Pembeli bebas memilih lauk dan sayur yang disukai.

Nasi Jamblang Dapur Buluk

Menuntaskan Rasa Kangen dengan Nasi Jamblang di Dapur Buluk
Nasi Jamblang – Foto Oleh Myra Anastasia

Jarak Jakarta Cirebon sebetulnya tidak terlalu jauh. Tetapi, kalau tidak sempat ke Cirebon, bukan berarti tidak bisa menikmati kuliner khas kota udang yang enak. Salah satu rumah makan yang menjual kuliner Cirebon, khususnya nasi jamblang yang enak adalah Dapur Buluk.

Unik sekali nama rumah makannya. Karena menurut KBBI, buluk itu artinya jelek kalau untuk makanan. Entah apa yang jelek dari nasi jamblang di dapur buluk. Apakah cumi hitam yang memang seperti itu penampilannya atau ada alasan lain di balik nama tersebut? Pastinya nasi jamblang di sini rasanya enak.

Saya memilih 2 menu yaitu, nasi jamblang komplit blekutak dan nasi blekutak. Kedua menu ini memiliki harga yang sama. Perbedaannya ada di kemasan dan isinya.

Nasi jamblang komplit blekutak merupakan salah satu dari 2 menu yang paling direkomendasikan. Menu ini dikemas di kotak kotak kertas. Isiannya terdiri dari nasi yang dibungkus daun jati, blekutak, sayur tahu, sambel goreng, telor dadar, dan oseng tauco hitam.

Menuntaskan Rasa Kangen dengan Nasi Jamblang di Dapur Buluk
Nasi jamblang – Foto Oleh Myra Anastasia

Sedangkan, nasi blekutak dikemas di paper bowl. Isiannya terdiri dari nasi, oseng oncom kemangi, telor dadar, blekutak, dan sambal bawang. Nasinya tidak dibungkus daun jati kalau untuk menu ini. Sambalnya juga berbeda. Sambal bawang jauh lebih pedas daripada sambal goreng.

Nasi Jamblang Komplit Blekutak

Bila ingin merasakan nasi jamblang ciri khas Cirebon memang pilihan yang mendekati adalah nasi jamblang komplit blekutak. Nasinya dibungkus dengan daun jati. Tetapi, bila menginginkan kemasan yang lebih kekinian dan praktis, maka pilih menu yang satunya.

Nasi blekutak lebih praktis karena tinggal makan. Sedangkan untuk nasi jamblang komplit blekutak, saya harus memindahkan ke piring. Kalau tidak dipindahkan, khawatir kemasannya akan bocor karena basah dengan kuah sayur tahu dan blekutak. Sedangkan kemasan paper bowl memang lebih tahan air.

Menuntaskan Rasa Kangen dengan Nasi Jamblang di Dapur Buluk
Nasi Jamblang – Foto Oleh Myra Anastasia

Blekutek atau cumi hitam juga menjadi salah satu ciri khas dari nasi jamblang. Tetapi, bila tidak suka blekutak juga bisa order lauk lain seperti paru goreng, perkedel, atau pepes jamur.

Kuliner khas Cirebon lainnya tentu saja ada. Ada tahu gejrot, mie koclok, dan empal gentong. Dapur Buluk juga menawarkan beberapa paket menu bila ingin memesan menu sama lebih dari 1 item.

Pesan Lewat Go-Food Aja

Rasa kangen saya akan nasi jamblang sudah terjawab tanpa harus ke Cirebon. Bahkan saya tidak harus datang ke Dapur Buluk karena tinggal buka aplikasi Go-Jek. Andalan saya banget nih fitur Go-Food. Saya langsung ketik Dapur Buluk di kolom search Go-Food. Setelah itu tinggal pilih apa yang mau dipesan. Saya pun tidak perlu menunggu lama karena makanan sudah datang dalam keadaan yang masih hangat.

( PENA/MA )

Banner Pesen Makan Sekarang