Menikmati Aneka Menu Ayam dari Warung Makan Zaky Palembang

0
670
Paket Nasi Ayam Goreng dan Ayam bajar Warung Zaky
Ayam Goreng dan Ayam Bakar Warung Zaky - Foto Oleh Nina Fajriah

PesenMakan.id, Palembang – Menu apa yang biasanya disukai oleh orang dewasa dan anak-anak untuk makan di rumah dan di restoran? Jika anda menjawab dengan ayam, maka bisa jadi memang demikian benar adanya. Sebut saja ayam bakar, ayam rica-rica, ayam goreng hingga ayam hainan. Banyaknya olahan menu ayam membuatnya menjadi makanan yang disukai tua muda. Salah satu menu ayam yang umum tersedia di restoran seluruh Indonesia adalah Ayam Goreng dan Ayam Bakar.

Sementara Ayam Goreng sudah terasa sangat familiar, ayam bakar juga memiliki beberapa variasi. Ayam Bakar – seperti namanya, merupakan menu ayam yang dimasak dengan cara di panggang di dalam oven atau di atas bara api atau arang. Namun ada beberapa perlakuan berbeda dalam memasak ayam bakar. Yang pertama adalah ayam langsung dimasak dengan cara dibakar. Sehingga tingkat kematangan ayam sangat tergantung pada tingkat kepanasan oven atau arang yang digunakan untuk membakar ayam.

Yang kedua adalah ayam yang dimasak atau direbus terlebih dahulu, sebelum dibakar. Dalam hal ini, daging ayam dipastikan telah lembut dan bumbu lebih meresap dengan cara direbus. Setelahnya baru ayam di bakar dengan bumbu bakar, namun dengan lama waktu pembakaran yang tidak terlalu lama. Yang mana yang anda pilih, tentu tergantung dengan selera anda.

Sama seperti di kota-kota lain di Indonesia, tentu tidak sulit menemukan restoran atau warung makan yang menyediakan menu ayam goreng dan ayam bakar di Palembang. Salah satunya adalah Warung Makan Zaky yang berlokasi di Jl.PW Subekti Bukit Kecil Palembang.

Mencari Merchant di Go-Food

Untuk anda yang tinggal agak jauh dari Bukit Kecil, tentu untuk mencapai Warung Zaky terasa agak merepotkan. Layanan Go-Food dari Go-Jek bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mencicipi menu ayam di Warung Makan Zaky dari rumah sendiri. Di aplikasi Go-Food, anda bisa mencari lewat tombol search lalu mengetik : Warung Makan Zaky. Setelah itu tampilan layar akan menunjukkan Warung Makan Zaky, Bukit Kecil.

Ada banyak menu di Warung Zaky. Untuk mendapatkan pilihan Nasi Ayam Goreng dan Nasi Ayam Bakar, anda bisa scroll layar ke arah bawah dan masuk ke kolom Makanan (Free Es Teh). Sayangnya di tampilan merchant tidak kita dapatkan deskripsi lengkap mengenai menu makanan yang akan kita pesan; apakah menu hanya terdiri dari nasi dan ayam atau ada tambahan lainnya seperti sayur lalap dan lain sebagainya. Merchant juga tidak menyertakan foto sehingga membuat kita menebak-nebak seperti apa menu yang akan disajikan nantinya.

Meski demikian, saya tetap memutuskan untuk mencoba satu porsi Nasi Ayam Bakar dan satu Porsi Nasi Ayam Bakar dari Warung Makan Zaky via Go-Food.
Nasi Ayam Bakar dan Nasi Ayam Goreng Warung Zaky

Sekitar 30 menit kemudian, pesanan saya terima dengan baik. Kedua paket masing-masing dikemas dalam kotak styrofoam, sedangkan es teh dikemas dalam gelas plastik dilengkapi dengan sedotan. Kemasan paket nasi dalam styrofoam juga diikat kembali dengan karet, untuk memastikan bahwa tidak ada makanan yang tumpah selama perjalanan.

Paket Nasi Ayam Goreng

Paket Nasi Ayam Goreng Warung Zaky terdiri dari : nasi, ayam goreng, sambal, tempe goreng, sayur asem dan irisan timun sebagai pelengkap. Mengenai cita rasa, saya suka rasa ayam gorengnya yang lembut, karena tidak digoreng secara berlebihan. Kulit ayam terasa tipis dengan bumbu yang pas. Tempenya sedikit hambar namun bisa diatasi dengan sambal. Sambal yang disediakan adalah sambal khas rumahan, dengan gilingan cabai hijau yang tidak terlalu halus. Sayur asemnya terasa sangat biasa sekali cenderung hambar. Namun jika dinikmati secara keseluruhan, rasanya cukup memuaskan. Setidaknya saya masih bisa menikmati nasi ayam goreng ini sampai habis.

Paket Nasi Ayam Goreng Dari Warung Zaky
Paket Nasi Ayam Goreng – Foto oleh Nina Fajriah

Paket Nasi Ayam Bakar

Paket Nasi Ayam Bakar Dari Warung Zaky
Paket Nasi Ayam Bakar – Foto oleh Nina Fajriah

Paket Nasi Ayam Bakar isinya terdiri dari : nasi, ayam bakar, sambal, tempe goreng, sayur asem dan irisan timun sebagai pelengkap. Mengenai cita rasa, saya sangat suka rasa ayam bakarnya yang lembut. Bumbu bakarnya terasa kuat, namun tidak berlebihan. Sama seperti paket sebelumnya, rasa tempe dan sayur asem agak sedikit hambar, tapi bisa dikompensasi dengan baik oleh cita rasa ayam bakarnya yang menurut saya enak.

Sebagai bonus, saya mendapatkan es teh yang rasanya juga perlu ditambah lagi sedikit gula. Meski demikian, saya memahami mengapa merchant membuat es teh dengan rasa manis ‘jambu’ yaitu tidak manis dan juga tidak hambar. Karena beda orang terkadang berbeda dalam selera manisnya. Sehingga jika es teh dibuat kurang manis, masih bisa ditambah gula sesuai selera.

Memesan Menu Ayam di Warung Zaky via Go-Food

Dengan harga masing-masing menu ayam adalah sebesar Rp.18.000, karena saya memesan dua paket – berarti total tagihan adalah sebesar Rp.36.000 ditambah ongkos kirim 5.1 km sebesar 8.000. Sehingga total keseluruhan sebesar Rp.44.000

Kebetulan saya masih memiliki saldo di Go-Pay sebesar Rp.25.000 dan mendapatkan voucher potongan ongkos kirim sebesar Rp.5000 dari Go-Food. Sehingga sisa yang harus saya bayar secara tunai adalah sebesar Rp.14.000 saja.

Secara keseluruhan, menu ayam di Warung Makan Zaky Palembang cukup memuaskan. Merchant juga telah memiliki tampilan yang baik di Go-Food. Hanya saja, dari sekian banyak paket nasi yang tersedia, kebetulan hanya Paket Nasi Goreng dan Paket Nasi Bakar yang tak tersedia gambarnya. Namun semuanya dapat dikompensasi dengan rasa makanan yang enak. Apakah anda tertarik untuk mencoba? Jika ya, anda bisa memesan lewat Go-Food untuk pengalaman makan yang mudah dan menyenangkan.

( PENA/106NF )

 

Banner Pesen Makan Sekarang