Mengobati Kangen dengan Nasi Kuning Gorontalo Seroja

0
213
Nasi Kuning Seroja
Nasi Kuning Gorontalo - Foto Oleh Mugniar

PesenMakan.id, Makassar – Memiliki separuh darah Gorontalo, Nasi Kuning Gorontalo sudah menjadi salah satu makanan khas yang akrab di lidah saya. Paling suka lauknya yang berupa ikan (biasanya ikan cakalang) yang disuwir-suwir (ikannya sudah masak dipotong-potong atau dicabik kecil-kecil).

Akrabnya Gorontalo dan Makassar

Di Makassar, banyak sekali warga kota yang berasal dari Gorontalo. Provinsi Gorontalo terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi, berbatasan dengan dua provinsi Sulawesi Tengah di sebelah barat dan Sulawesi Utara di sebelah timurnya.

Generasi pertama yang bermigrasi ke Makassar kebanyakan datang pada tahun 1960-an, salah satunya adalah ibu saya. Dengan tujuan melanjutkan kuliah, Ibu menetap di Makassar seperti kebanyakan pendatang dari Gorontalo.

Maka tak heran setelah sekian lama berasimilasi dengan warga setempat, terdapat tempat makan ataupun usaha rumahan yang juga menawarkan makanan khas Gorontalo di Makassar. Hal ini amat menguntungkan para perantauan beserta anak-cucu mereka yang lidahnya sudah akrab dengan makanan enak Gorontalo.

Beberapa waktu yang lalu, ketika kangen dengan Nasi Kuning Gorontalo dan ingin menyenangkan Ibu, saya mencoba mencari tahu apakah ada yang jual di Makassar. Selama ini belum pernah beli, kadang-kadang menemukannya di acara keluarga besar pihak Ibu. Akhirnya ketemu nama Rumah Makan Seroja yang terletak 2,6 kilo meter dari rumah kami.

Nasi Kuning seroja Gorontalo
Nasi Kuning Gorontalo – Foto oleh Mugniar

Rumah Makan yang Menjual Nasi Kuning Khas Gorontalo

Seroja sebenarnya bukan rumah makan yang khusus menjual makanan khas Gorontalo, rumah makan ini menjual aneka macam nasi kuning. Ada yang menawarkan lauk daging, paru, telur, ikan, dan campuran. Nasi Kuning Gorontalo merupakan salah satu menunya.

Positif, saya membeli Nasi Kuning Gorontalo. Selain itu, ingin mencicipi Nasi Kuning Ikan. Penasaran, seperti apa rasanya. Kalau nasi kuning dengan lauk paru, daging, atau ayam, sudah biasa. Nasi kuning berlauk ikan seperti apa rasanya?

Testimoni Rasa Nasi Kuning Gorontalo Ala Seroja

Nasi Kuning Gorontalo dari Rumah Makan Seroja ini kaya dengan lauk-pauk. Ada telur rebus, sambal tumis, laksa, potongan-potongan kentang atau mungkin ubi kayu berbentuk korek api, dan ikan suwir-suwirnya. Nasi Kuning Gorontalo Seroja ini teksturnya berbeda dengan nasi kuning yang pada umumnya dijual di kota ini. Teksturnya agak lebih kering.

Nasi kuning yang biasanya dijual di Makassar biasanya Nasi Kuning Jawa, lebih basah karena ada kuah rawonnya. Nasi Kuning Gorontalo tak berkuah. Khusus yang ala Rumah Makan Seroja, ikan suwir-suwirnya bukan seperti ikan suwir-suwir yang biasa saya santap pada masakan Nasi Kuning Gorontalo.

Nasi Kuning Gorontalo Seroja
Nasi Kuning Gorontalo – Foto Oleh Mugniar

Kalau yang biasa saya makan, ikan suwir-suwirnya berasal dari ikan yang telah direbus atau digoreng setengah matang yang kemudian disuwir-suwir lalu ditumis dengan bumbu. Yang dari Rumah Makan Seroja ini lebih terasa seperti abon ikan. Tapi tak masalah, kami sekeluarga bisa menyantapnya dengan nikmat. Apalagi ada taburan bawang goreng di atasnya yang memperkaya cita rasanya.

Bagaimana dengan Nasi Kuning Ikannya? Khusus untuk menu yang ini, teksturnya mirip Nasi Kuning Jawa. Lauknya berupa ikan bolu (bandeng) goreng yang berukuran cukup besar untuk disantap satu orang. Ikannya ditumis dengan bumbu pedas dengan sedikit rasa manis.

Nasi Kuning Seroja
nasi Kuning Ikan – Foto Oleh Mugniar

Selain itu ada tempe goreng bumbu pedas manis, irisan kentang (atau ubi) goreng yang agak manis, dan sedikit sayur (tumis wortel dan buncis). Nasi Kuning Ikan ini berbeda dengan Nasi Kuning Gorontalo yang rasanya lebih ke asin. Itulah sebabnya saya katakan tadi bahwa Nasi Kuning Ikan lebih mirip Nasi Kuning Jawa.

Selain karena tekstur nasinya, juga karena cita rasa bumbunya yang mengandung rasa manis karena masakan kami orang Sulawesi biasanya tak mengandung cita rasa manis itu. Kalaupun ada yang membubuhkan gula ke dalam masakannya, itu tak sampai membuat rasanya manis. Kecuali jika menggunakan kecap manis, barulah terasa manis.

Bagaimana Memesan Nasi Kuning Gorontalo Secara Online

Kabar baiknya bagi warga Kota Makassar, menu dari Rumah Makan Seroja bisa Anda pesan melalui aplikasi Go-Jek pada fitur Go-Food. Mudah sekali pemesanan secara online melalui aplikasi ini. Prosesnya pun cepat karena driver yang mengambilkan pesanan adalah driver yang memang posisinya sedang berada di dekat mechant yang diinginkan. Bagaimana, tertarik memesan Nasi Kuning Gorontalo atau Nasi Kuning Ikan? Rekomendasi Nasi Kuning Gorontalo di Makassar bisa Anda beli online di sini.

( PENA/119M )

Banner Pesen Makan Sekarang