Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen

0
96
Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Nasi timbel - Foto Oleh Faradila Danasworo Putri

Pesenmakan.id Bogor – Siapa yang sudah pernah mencoba nasi timbel? Nasi timbel adalah masakan khas Bogor atau daerah Sunda (daerah Jawa Barat dan Banten) yang sangat popular. Hidangan ini kerap kali ada di menu pada rumah makan khas Sunda. Perbedaan nasi timbel dengan nasi lannya adalah nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Nasinya dihidangan hangat dan memiliki tekstur pulen yang tidak keras.

Lauk yang menemani nasi timbel ini sangat bervariasi, seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng, ikan bakar, ikan asin, hingga empal goreng. Selain itu, jika kita memesan nasi timbel komplit, sering kali nasi timbel dengan lauk ditemani dengan pilihan hidangan lainnya seperti tahu, tempe, sayur asam atau oncom. Tidak lupa dengan lalapan sayuran segar dan juga sambal yang mengunggah selera untuk melengkapi nasi timbel. Yumm, kebayang kan enaknya!

Merak Kitchen

Salah satu tempat untuk menikmati nasi tmbel khas Bogor adalah di Merak Kitchen (Saung Merak). Restoran ini terletak di Jl. Merak No.15 Tanah Sareal Kota Bogor. Lokasinya yang terletak di tengah kota Bogor sangat strategis dan menjadi tempat pilihan untuk makan bersama keluarga dan teman.

Dahulu, restoran ini bergaya sunda klasik dengan meja bambu dan area lesehan. Namun, beberapa saat yang lalu, Saung Merak mengalami proses renovasi. Sekarang tampilannya lebih baru dan fresh. Selain renovasi, terjadi rebranding juga menjadi Merak Kitchen yang memiliki menu yang lebih beragam.

Nasi Timbel Komplit Merak Kitchen

Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Nasi Timbel – Foto oleh Faradila Danasworo Putri

Sejak SMA, saya sering mengunjungi rumah makan ini. Tidak perlu lama untuk membuat Saung Merak (sekarang Merak Kitchen) menjadi salah satu rumah makan favorit saya. Menu andalan yang selalu saya pesan adalah nasi timbel komplit dengan ayam goreng dan juga es podeng.

Bertahun-tahun kemudian, saya baru tau Saung Merak berubah menjadi Merak Kitchen. Tentu saya juga penasaran dengan makanan yang dihidangkan. Apakah rasanya masih sama seperti dulu? Oleh karena itu, saya tidak segan-segan untuk memesan Nasi Timbel Komplit ala Merak Kitchen.

Nasi Timbel yang saya pesan dilengkapi dengan ayam goreng bagian paha, tahu goreng, ikan asin, oncom, sayur poh-pohan dan juga sambal yang pedas. Entah kenapa tidak ada tempe goreng, namun mengingat saya memesannya pada weekend dan pada sore hari, saya berpikir mungkin tempe sudah habis.

Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Ayam Goreng – Foto Oleh Faradila Danasworo Putri

Meskipun dalam kondisi hujan, nasi timbel yang diantar kerumah aman dan tidak basah. Packagingnya juga sangat menarik lengkap dengan box khas yang bertuliskan Merak Kitchen. Nasi timbel yang terbungkus daun pisang masih hangat dan menggoda untuk disantap.

Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Nasi Timbel Merak Kitchen – Foto Oleh Faradila Danasworo Putri
Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Ikan Asin – Foto Oleh Faradila Danasworo Putri

Ayam gorengnya tidak terlalu besar namun empuk dan berasa. Ikan asinnya pas, tidak terlalu asin. Saya kurang suka ikan asin yang terlampau asin, karena agak mendominasi rasa yang lain. Oncom yang dihidangkan juga tidak terlalu pedas. Jadi aman bagi kalian yang tidak terlalu menyukai pedas. Namun sambalnya jangan ditanya, endeus! Rasa pedas sambalnya bisa membuat kalian ketagihan!

Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Oncom – Foto Oleh Faradila Danasworo Putri
Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Sambal – Foto Oleh Faradila Danasworo Putri

Empal Goreng

Mencicipi Nasi Timbel Khas Bogor di Merak Kitchen
Empal Goreng – Foto Oleh Faradila Danasworo Putri

Selain nasi timbel komplit, saya juga memesan empal goreng khas Merak Kitchen. Potongannya tidak terlalu besar namun tetap empuk. Empal yang dipesan dilengkapi dengan kremesan, sayur poh-pohan dan juga sambal.

Go Food Memudahkan Membeli Makanan di Meraks Kitchen

Lokasi Merak Kitchen cukup jauh dengan rumah saya sekarang. Namun dengan terdaftarnya restoran ini di Go Food Merchant, saya sekarang bisa memesan nasi timbel dan makanan lainnya dari mana saja. Yeay! Cukup dengan mengisi Go Pay dan memesan menu pilihan di Meraks Kitchen, kurir via Gojek akan langsung datang ke lokasi, memesan makanan dan mengantarkannya ke rumah.

( PENA/FDP )

Banner Pesen Makan Sekarang