Mencicipi Mie Sagu Makanan Khas Bengkalis Yang Bikin Ketagihan

0
296
Mencicipi Mie Sagu Makanan Khas Bengkalis Yang Bikin Ketagihan
Mie Sagu Bengkalis - Foto Oleh Andrew Pradana

Pesenmakan.id, Pekanbaru – Jika sedang berkunjung ke ibukota bumi melayu Provinsi Riau, tak ada salahnya mencicipi mie sagu makanan khas Bengkalis. Makanan ini menjadi unggulan dan banyak dicari oleh wisatawan yang ingin mencoba langsung masakan khas yang ada di Pekanbaru tanpa harus pergi ke Kabupaten Bengkalis.

Walapun Pekanbaru lebih dikenal sebagai kota untuk perdagangan dan jasa, bukan berarti ibukota provinsi Riau ini tidak mempunyai tempat kuliner khas melayu yang bisa dikunjungi. Apalagi jika ingin menikmati dan mencoba mie tradisional ini. Salah satu tempat makan yang menyajikan mie sagu ini di kota Pekanbaru adalah Kedai Kopi Yong Bengkalis.

Makanan Khas Bengkalis di Kedai Kopi Yong Bengkalis

Tidak perlu jauh ke Kabupaten Bengkalis untuk bisa menikmati mie sagu ini. Di Pekanbaru, kedai kopi Yong Bengkalis banyak menyajikan berbagai ragam makanan khas Bengkalis. Sebut saja mie sagu goreng atau mie basah Bengkalis, lontong, roti kawin, roti canai, mie keling, miso khas Bengkalis, lempeng sagu dan berbagai macam pilihan makanan lainnya.

Dari banyak tempat tentunya ada alasan banyak orang memilih tempat makan ini termasuk saya sendiri. Selain harganya lebih murah dan pas di kantong, cita rasa masakannya yang khas memang membuat lidah saya bergetar. Selain itu untuk dapat menikmati berbagai makanan tradisonal, kedai kopi ini tak hanya memiliki satu lokasi saja, masih ada beberapa lokasi kedai kopi lainnya yang tersebar hampir di setiap kecamatan yang ada di kota madani ini.

Lalu bagaimana dengan pengunjung? tentu saja ramai, mulai dari warga biasa hingga pejabat rutin meluangkan waktunya untuk mencicipi makanan-makanan khas Bengkalis yang ada di kedai kopi ini. Mulai dari pukul 06.00 pagi hingga datangnya malam kedai ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Ketagihan Mie Sagu Bengkalis yang Pedas

Mencicipi Mie Sagu Makanan Khas Bengkalis Yang Bikin Ketagihan
Mie Goreng Sagu – Foto Oleh Andrew Pradana

Dari berbagai macam menu yang ada pada kedai kopi ini, saya akhirnya mencoba mie sagu khas Bengkalis. Awalnya memang saya berpikir jika yang saya makan ini adalah kwetiau. Kenyataannya berbeda, walaupun dari tekstur mienya lebih kecil dari pada kwetiau.

Meskipun sekilas terlihat seperti karet gelang, tidak mengurungi niat saya untuk segera melahap mie sagu yang digoreng ini. Rasanya memang gurih dan mie yang terbuat dari olahan sagu ini terasa kenyal digigit. Dengan paduan irisan sayur sawi dan bawang prai, ditambah dengan potongan timun dan tomat. Belum lagi ikan teri halus yang menyebar dan bergelut dengan mie sagu. Plus telur mata sapi dan kerupuk yang kriuk.

Keringat pun tak henti bercucuran dikarenakan rasanya yang pedas sesuai dengan cita rasa khas melayu. Walapun jika dilihat seporsi sedikit, tetapi ketika disantap membuat perut cepat terasa kenyang.

Mencicipi Mie Sagu Makanan Khas Bengkalis Yang Bikin Ketagihan
Lempeng Sagu – Foto Oleh Andrew Pradana

Selain mie goreng berbahan sagu, saya juga mencoba lempeng sagu yang juga merupakan masakan khas dari daerah Bengkalis. Walau hanya terlihat seperti lempeng dan tak menarik, namun rasanya oke punya. Sagu yang disandingkan dengan parutan kelapa lalu menjadi sebuah lempengan seperti pizza dan dikombinasikan dengan sambal teri.

Mencicipi Mie Sagu Makanan Khas Bengkalis Yang Bikin Ketagihan
Sambal Teri – Foto Oleh Andrew Pradana

Rasa sagu yang khas ini berpadu dengan bau wangi kelapa yang dicocol dengan sambal teri pedas, terasa pecah, enak dan sedap di lidah. Apalagi menyantapnya dalam keadaan hangat, pastinya lebih enak lagi.

Memang, tak pernah terpikirkan sebelumnya bisa mencoba langsung makanan khas Bengkalis ini. Alhamdulillah, berawal dari aplikasi GOJEK pada fitur GOFOOD dan coba mencari makanan khas akhirnya bisa mencicipi langsung. Tanpa perlu datang ke lokasi, tanpa antri dan pesanan makanan yang lebih cepat sampai. Plus dengan penggunaan GOPAY yang bisa menghemat ongkos kirim ke rumah. So, kalau ke Pekanbaru jangan lupa untuk mencoba dan mencicipi ya teman-teman.

( PENA/AP )

Banner Pesen Makan Sekarang