Mencicipi masakan Melayu di Pondok Ikan Nelayan

0
538
Mencicipi masakan Melayu di Pondok Ikan Nelayan
Ikan Salai Balado dan Sayur Asem - Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Pesenmakan.id, Pekanbaru – Ikan merupakan salah satu bahan masakan yang khas dari provinsi Riau. Nah banyak ikan yang bisa dijadikan olahan lezat seperti Ikan Patin, Baung, Nila, hingga ikan salai.

Salah satu rumah makan di Pekanbaru yang menghadirkan berbagai menu ikan adlaah Pondok Ikan Nelayan. Pondok Ikan Nelayan berlokasi di Jalan Melur No 25.

Sebenarnya, tak hanya ikan, aneka ikan, udang dan kerang pun tersedia disini. Akan tetapi, saya ingin mencicipi salah satu olahan ikan andalan khas Riau, yakni ikan salai.

Ikan salai sendiri merupakan ikan yang diasap. Ikan yang digunakan juga berbagai macam, hampir semua ikan dapat dijadikan salai. Ikan salai banyak dijadikan oleh-oleh karena sifatnya yang tahan lama, tidak banyak makan tempat serta mudah untuk diolah.

Baca juga: Pesan Makan Ikan Sambal Makassar

Mencicipi ikan salai balado

Mencicipi masakan Melayu di Pondok Ikan Nelayan
ikan salai balado – Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Dari banyak menu yang disediakan oleh Pondok Ikan Nelayan, saya menjatuhkan pilihan pada ikan salai balado. Ikan salai ini digoreng kemudian disiram dengan cabai merah yang diuleg dengan kasar. Menu-menu seperti ini menggugah selera bagi saya, semacam penambah semangat karena harumnya ikan salai berpadu dengan cabai. Sebagai teman makan, saya memilih sayur asem agar makan siang saya terasa segar.

Pada menu ikan salai balado ini terdapat 2 potong ikan salai. Ikan salai yang digunakan pun cukup berdaging dan besar juga potongannya. Nikmatnya ikan salai dari pondok ikan nelayan ini, mereka bisa menggoreng dengan sempurna minim minyak. Kadang saya sendiri suka bingung saat menggoreng ikan salai karena banyak menyerap minyak.

Saat digigit, gurihnya ikan serta aroma asap dari proses pengasapan ikan salai menyatu dalam mulut. Sensasi spesial yang takkan pernah saya lupakan dari menu ikan salai ini. Untuk cabainya sendiri disajikan terpisah, sehingga teman-teman bisa menuangkan cabai sesuai selera.

Untuk sayur asamnya sendiri, porsi yang dihadirkan cukup besar. Beberapa potongan jagung dan bahan-bahan pelengkap yang sangat banyak, membuat makanan dari Pondok Ikan Nelayan ini cocok untuk dimakan bareng-bareng.

Mencicipi masakan Melayu di Pondok Ikan Nelayan
Sayur Asem – Foto oleh Mutia Nurul Rahmah

Jenis sayur asam dari pondok ikan nelayan lebih ke segar asam dengan sedikit rasa pedas, disajikan hangat-hangat. Makannya orang indonesia tak lengkap tanpa nasi, untuk seporsi nasinya juga banyak, sekitar 2 centong nasi. Cukup mengenyangkan banget rasanya.

Mudahnya makanan dari Pondok Ikan Nelayan melalui go-food

Kadang kesibukan kita yang tak tentu ini membuat kita ingin makan yang praktis, nah senangnya lagi Pondok Ikan Nelayan ini bisa dipeasan melalui go-Food. Hampir semua menu lezat dan nikmat tersedia di aplikasi gofood. Informasi yang tertera pun cukup jelas. Maklum, kadang-kadang kita sering bingung makanan yang disajikan itu bisa dibeli dalam ukuran seperti apa.

Apakah harganya perporsi atau pergram. Nah untuk ikan salai sendiri disajikan dalam ukuran porsi.

Selain itu gambar menunya pun cukup update, sehingga kita bisa mendapatkan gambaran mengenai makanan yang dipesan. Oh ya, jangan lewatkan juga aneka promo yang tersedia di gofood, yang paling saya suka promo ongkir hehehe. Jadi bisa lebih hemat dalam pengantaran.

( PENA/MNR )

Banner Pesen Makan Sekarang