Mau Aneka Makanan Khas Palembang? Kampoeng Palembang Pempek Beringin Jawabannya

0
283
Pempek Beringin - foto oleh Faridilla Ainun

Pesenmakan.id, Palembang – Siapa yang tak kenal Pempek? Makanan khas Palembang ini tak hanya terkenal di lingkup Palembang dan Sumatera Selatan saja, pempek adalah salah satu makanan yang telah dikenal seantero negeri.

Nah, jika ditanya dimana bisa menikmati panganan lezat sekaligus berburu oleh-oleh khas Palembang, maka Kampoeng Palembang adalah tempatnya, lokasi yang baru saja melakukan grand opening pada Rabu, 3 Oktober 2018 lalu.

Berlokasi di Jalan Letjen Harun Sohar, Ruko 8,9,10 RT 40, kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Palembang, Kampoeng Palembang yang hanya berjarak 10 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Sehingga, bagi yang baru mendarat di Palembang, jika ingin mencicipi sajian khas Palembang dapat mampir sejenak ke tempat ini.

Kampoeng Palembang bisa dibilang tempatnya aneka makanan yang terkenal di Palembang karena ada tenant seperti Martabak Har, Mie Ayam Sari Rasa, Nasi Bakar Omah, Siomay Ny. Lani, dan pastinya tak lupa Pempek khas Lenggok dan Pempek Beringin. Selain terdapat food court, tentunya terdapat area makan yang nikmat dengan pemandangan yang indah.

Pempek Beringin di Kampoeng Palembang

Urusan pempek, Pempek Beringin menjadi salah satu pempek idola di Palembang dan ada di Kampoeng Palembang. Cabangnya banyak tersebar hampir di beberapa ruas jalan besar di Palembang sehingga mudah sekali untuk dicari. Yang paling disukai dari Pempek Beringin tentunya adalah rasa cuko yang sedikit pedas yang membuat ingin menambah kunyahan pempek.

Aneka pilihan pempek ditawarkan di Kampoeng Palembang:

  • Pempek adaan
  • Pempek irisan
  • Pempek keriting
  • Pempek pistel
  • Pempek kulit crispy
  • Pempek panggang
  • Pempek telur kecil
  • Pempek tahu
  • Pempek lenjer kecil
  • Pampai pempek kapal selam.

Selain makan langsung, terdapat pula paket pempek untuk dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh mulai dari harga Rp 100.000 untuk paket yang berisi 20 pempek campur sampai harga Rp 630.000 untuk paket 60 pempek campur, 3 pempek lenjer besar, dan 6 pempek kapal selam. Jika hanya menginginkan varian jenis pempek tertentu, Pempek Beringin juga menawarkan varian pempek dengan kemasan vacuum frozen.

Pempek sebenarnya tak hanya yang berwujud kecil-kecil saja. Ada pula variasi pempek yang diolah dengan campuran telur dan sering disebut pempek lenggang. Di Kampoeng Palembang, kita bisa menikmati pempek lenggang panggang maupun lenggang goreng. Jika senang pempek lenjer yang diiris kecil dengan campuran mie kuning, Kampoeng Palembang juga menyediakan Rujak Mie, taburan ebi kering dan potongan mentimun di atas hidangan bisa memberikan sensasi wangi yang menggungah selera.

Makanan Khas Palembang

Hidangan khas Palembang yang berasal dari olahan ikan tak hanya seputar pempek saja. Dengan adonan yang mirip, Palembang juga memiliki makanan khas lainnya:

  1. Tekwan (bakso ikan dengan kuah kaldu udang dan terdapat potongan bengkuang)
  2. Celimpungan (potongan pempek dengan kuah kental seperti kuah lontong kari)
  3. Pangsit Ikan (pangsit kuah dengan kaldu ikan)
  4. Mie Celor (mie dengan siraman kuah kental kaldu udang)
  5. Lakso (olahan tepung beras dengan bentuk mie keriting dan siraman kuah kaldu ikan dan santan)
  6. Burgo lakso (olahan tepung beras dengan bentuk seperti dadar gulung dan siraman kuah kaldu ikan dan santan)
  7. Laksan (potongan pempek dengan kuah kaldu ikan santan)
  8. Sate Kukus / Sate Ikan
  9. Model Ikan (tekwan dengan potongan besar dan biasanya berisi tahu dan kuah ikan)
  10. Model Gendum (hidangan dengan kuah kaldu daging dengan isi olahan tepung terigu)

Minuman Khas Palembang

Ada sejumlah minuman yang disediakan di Kampoeng Palembang mulai dari aneka es seperti es cincau, es alpukat, es belimbing, es tape, es teler, es dawet gula jawa, es buah, dan tentu saja es kacang merah, yang sering dianggap sebagai minuman khas Palembang.

Es kacang merah berisi kacang merah yang sudah diolah menjadi sangat empuk dan dicampur dengan es serut, sirup, dan kental manis coklat dan vanila. Rasa manis didapat tidak hanya dari campuran sirup dan kental manis yang menyatu pada es yang semakin mencair, tetapi juga dari kacang merah. Minuman ini cocok untuk diminum setelah menikmati pempek yang dicocol cuko pedas atau makan makanan berkuah panas yang disajikan. Dingin dan manis seketika menetralkan lidah kembali.

Lezatnya Aneka Panganan khas Palembang
Es Kacang Merah – Foto oleh Faridilla Ainun

Banyaknya tenant di Kampoeng Palembang tak hanya membuat pengunjung yang datang hanya menikmati sajian khas olahan ikan seperti pempek, tapi juga bisa menikmati aneka martabak telur maupun daging dari Martabak Har, Siomay dan Batagor dari Ny. Lani, aneka Mie Ayam Bakso dan Pangsit dari Mie Ayam Sari Rasa, Bakso Spesial dari Bakso Tulangan Mas Maman, serta ada pula Nasi Goreng Samin maupun Nasi Uduk.

Membeli oleh-olehpun dapat dilakukan di Kampoeng Palembang. Tak hanya oleh-oleh berupa pempek saja, kerupuk dan kemplang ikan ala Palembang, aneka kopi dari Sumatera Selatan, lempok / dodol durian, serta kain khas dari Palembang seperti songket maupun jumputan bisa dibeli di tempat ini.

Pesan Makan Secara Online

Kampoeng Palembang juga menerima pemesanan online baik makanan maupun oleh-oleh. Untuk makanan sendiri, kita bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi Go-jek karena Kampoeng Palembang sudah menjadi partner Go-Food.

Foto oleh Faridilla Ainun

Beberapa waktu yang lalu saya memesan pangsit ikan melalui Go-Food. Sayangnya, kosong dan setelah driver konfirmasi pun saya mengganti pesanan dengan tekwan. Tak apa, sama-sama segar kuahnya dan bisa menjadi pilihan untuk makan siang atau makan malam.

Cari oleh-oleh dan makanan khas Palembang? Ke Kampoeng Palembang saja. (PENA/108FA)

Banner Pesen Makan Sekarang