Malah Dicubo, Nasi Padang Populer di Bandung

0
586
Malah Dicubo, Nasi Padang Populer di Bandung
Nasi Rendang & Dendeng Cabe Ijo - Foto Oleh Raisa Hakim

Pesenmakan.id Bandung – Tahun 2017, CNN merilis daftar 50 makanan terenak sedunia melalui 35.000 voting di media sosial. Hasilnya, Rendang makanan khas Padang menduduki peringkat pertama. ” Rendang is the best,” tulis seorang voter bernama Kamal F Chaniago. Voter lainnya, Isabela Desita menuliskan, “Rendang should be the first! It’s really nice, you should try!”

Tak hanya rendang, makanan populer Indonesia lainnya yakni nasi goreng menempati peringkat kedua. Sementara itu, makanan Nusantara populer lainnya yang masuk rilis adalah sate, menduduki peringkat ke-14.

Saat ini aku seorang ibu menyusui sangat mengandalkan nasi padang sebagai ASI Booster terenak. Bayangkan dalam satu porsi lengkap nasi rames padang itu banyak yang ijo-ijo yang bisa nambah volume ASI. Seperti daun singkong atau daun pepaya yang jadi lalapan lalu rebusan kacang panjang, kol, sayur nangka, belum lagi kacang merah dari rendang. Beuh… Tinggi serat banget deh kalau makan nasi padang protein dari daging nya ada, karbohidrat juga lengkap. Hahahaha

Nah hari ini aku lagi pengen makan nasi rames padang plus Rendang untuk makan siang. Setelah browsing dan nanya teman ternyata mereka merekomendasikan Rendang di RM. Padang Malah Dicubo yang sudah tersedia di aplikasi GoFood, rumah makan ini legend banget dan disebut sebagai RM. Padang terenak di Bandung

Mungkin karena letaknya di stasiun juga kali ya, orang-orang yang makan disini memang yang kelaparan semua jadinya bilang terenak, hahahaha tapi asli loh bukan hanya mereka yang kelaparan yang bilang enak. Aku juga bilang malah dicubo adalah makanan enak di Bandung

RM. Padang Malah Dicubo

Rumah makan ini sudah buka sejak tahun 1996. Pemiliknya bernama Pak Yun, seorang keturunan Payakumbuh pekerja kantoran yang mencoba membuka usaha masakan Padang. Tak disangka, masakannya diminati banyak orang. Kini, usaha tersebut diteruskan anak dan menantunya.

Masakan Padang unggulan di Malah Dicubo adalah Dendeng Lambok Lado Merah dan Dendeng Batokok Lado Hijau. Dendeng Batokok merupakan potongan daging paha sapi yang direbus, diberi bumbu dendeng, digoreng, kemudian ditumbuk, dan digoreng lagi. Dibalur dengan cabe hijau atau cabe merah yang digiling kasar dan minyak makan yang terhidang dalam piring kecil. Menu unggulan lainnya adalah Rendang, Gajeboh (gulai lemak), Gulai Kepala Kakap serta Es Timun dan Es Tebak. Es tebak ini mirip dengan Es Cendol yang kaya akan santan, diberi cendol berwarna putih terbuat dari tepung beras, kemudian ada tape, roti, dan disiram sirup pandan, kayu manis, dan lain-lain. Patut dicoba!

Nasi Rendang & Dendeng

Malah Dicubo, Nasi Padang Populer di Bandung
Nasi Rendang & Dendeng Cabe Ijo – Foto Oleh Raisa Hakim

Siang ini melalui aplikasi online aku memesan Nasi Rendang dan Dendeng. Konon katanya menurut testimoni teman-teman yang sudah pernah kesana nasi rendang dan dendengnya dua diantara masakan unggulan rumah makan ini.

Rasa & Testimoni

Dendeng batokok lado ijo jadi santapan pertama. Menu ini memang yang paling tersohor dari Malah Dicubo. Terlihat potongan daging sapi tebal menggiurkan yang ‘berendam’ dalam sambal cabe ijo encer.

Pada cicipan pertama saya benar-benar langsung jatuh cinta! Rasa pedas sambal ijonya cukup kuat dengan sentuhan asam dari air jeruk nipis. Soal keempukan dagingnya jangan ditanya. Daging sapi ini sudah direbus waktu lama sebelum dibakar dan dibalur sambal ijo. Karenanya tak butuh usaha esktra untuk mengunyah dendeng.

Malah Dicubo, Nasi Padang Populer di Bandung
Nasi Rendang dan Dendeng – Foto Oleh Raisa Hakim

Nasi rendangnya bikin ketagihan, nasi rames dilengkapi kuah gulai, rebusan daun singkong, rebusan daun pepaya, mentimun dan sambal ijo. Porsi nasi dibungus Malah Dicubo tergolong mungil dibanding nasi di rumah makan Padang lain. Karenanya sudah jadi hal umum jika bersantap di sini, termasuk wanita, menambah nasi. Sementara itu, kuah gulai yang menyirami nasi rasanya enak. Hanya saja menurut kami rempahnya kurang kuat.

GO FOOD

Siang itu kerjaan lagi banyak-banyaknya, jadi untuk menikmati nasi rendang dan dendeng batokok lado ijo saya memesan melalui GoFood powered by GoJek. Aplikasi ini memang memudahkan sekali kehidupan di kota besar seperti Bandung dimana kita ga perlu macet-macetan untuk menikmati hidangan yang kita inginkan.

( PENA/RH )

Banner Pesen Makan Sekarang