Makanan Khas Surabaya dengan Cita Rasa Pedas Ada di Djoeragan Sego

0
469
Djoeragan Sego - Foto Oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Pesenmakan.id, Surabaya – Bingung ingin makan apa saat berkunjung ke Surabaya? Tenang saja, kota yang terkenal sebagai Kota Pahlawan ini menyimpan aneka sajian kuliner yang akan membuat pengalaman berlibur ke Surabaya menjadi tidak terlupakan.  Bisa dibilang, setiap sudut kota Surabaya akan memanjakan lidah dengan makanan yang khas dan unik.

Kawasan di di Surabaya yang belakangan ini menjadi populer karena wisata kulinernya adalah area Surabaya Barat. Ada beragam hidangan kuliner, baik berupa makanan khas hingga kuliner kekinian yang ditawarkan di kawasan Surabaya Barat ini, mulai dari  gerai makanan di pusat perbelanjaan, kafe-kafe cantik, pusat makanan, pedagang gerobak dan restoran. Semua ada.

Di kawasan Surabaya Barat,  tepatnya di daerah Kupang Jaya. Ada sebuah tempat makan yang memiliki nama terbilang unik, yaitu Djoeragan (dibaca juragan) Sego Laris Manis. Entah apa alasan sang pemilik yang memilih menulis kata ‘juragan’ dengan menggunakan ejaan lama. Bisa jadi itu cara pemilik supaya para pengunjung selalu teringat dengan kata Djoeragan ini. Djoeragan Sego Laris Manis ini buka sejak tahun 2010 yang kemudian berkembang memiliki 3 outlet di Surabaya.

Menilik dari namanya yang berarti juragan nasi, tempat makan ini bisa dikatakan memiliki menu utama berupa nasi bungkus dengan berbagai pilihan menu lauknya. Keunikannya adalah bungkus nasinya yang memakai daun pisang. Kemasan daun pisang ini berlaku makan di tempat dan juga pemesanan menggunakan jasa layanan antar.

Selain menu nasi bungkus yang khas, Djoeragan Sego Laris Manis ini menyediakan menu lainnya seperti nasi goreng babat, ayam bakar madu, ayam taliwang, Soto Babat, Nasi Pecel dan lainnya.

Kali, kami tidak langsung berkunjung ke outlet, melainkan menggunakan jasa Go-Food. Dari menu-menu di Go-Food yang terbilang cukup banyak sempat membuat kebingungan. Dengan penuh pertimbangan, kami memesan menu nasi bungkus yang menjadi rekomendasi oleh Go Food, yaitu Sego Cakalang Suedep Suedep dan Sego Babat Gurih Tenan yang kabarnya juga masuk daftar rekomendasi.

Sego Cakalang Suedep-dep

Sego Cakalang Suedep dep
Sego Cakalang Suedep dep – Foto Oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Menu Pertama yang dipesan adalah Sego Cakalang Suedep-dep. Entah kenapa namanya terdengar lucu di telinga, ada saja cara orang menamakan menunya supaya menarik.

Seperti dibilang di atas bahwa menu ini sama kayak nasi bungkus hanya saja kemasan bungkusnya itu memakai daun pisang. Ini bisa dibilang jarang di era sekarang, biasanya para pedagang makanan lebih suka menggunakan kertas minyak, streofoam untuk mengemas makanan.  Bekas bungkusnya bisa diolah menjadi pupuk organik.

Sego Cakalang ini terdiri dari nasi putih, 1 potong ikan cakalang (biasanya disebut ikan tongkol) berukuran sekepalan tangan, tahu, kelapa (bumbu urap-urap), mie kuning dan sambal terasi.

Dari segi tekstur nasinya pas, tidak terlalu keras ataupun lembek. Ikan cakalangnya dimasak bumbu rujak alias cabe yang lumayan pedas, gurih dan sedikit rasa manis. Teksturnya empuk dan tidak bau amis. Beralih ke mie kuningnya, rasanya tidak terlalu gurih tapi enak. Mengimbangi rasa sedikit pedas dari ikan cakalangnya. Ditambah dengan parutan kelapa basah (biasanya buat campuran bumbu urap-urap) yang bercita rasa sedikit manis terasa lebih nikmat. Lalu, terakhir potongan tahu bacem dan sambal terasi. Rasa sambalnya pedas menggigit bercampur dengan rasa manis dan sedikit asin.

Oh iya, bungkus daun pisang ini menambah aroma khas pada makanan yang satu ini. Kebayangkan aroma daun pisang yang bersentuhan dengan uap panas nasi?

Menu sego cakalang ini direkomendasikan buat pecinta makanan yang suka dengan hidangan bercitarasa manis.

Sego Babat Gurih Tenan

Sego Babat Gurih Tenan
Sego Babat Gurih tenan – Foto Oleh Swastikha Maulidya Mulyana

Kuliner berbahan dasar jerohan sapi (babat, paru, dan usus), akhir-akhir ini menjadi primadona di Surabaya. Alasan inilah membuat kami ingin mencoba menu Sego Babat Gurih tenan ini.

Masih dengan kemasan bungkus daun, tampilan Sego Babat ini lebih minimalis ketimbang Sego Cakalang. Isinya terdiri dari 3 potongan babat berukuran kecil, 1 Paru berukuran sedang, 2 potongan usus berukuran kecil, sambal pencit korek, kemangi, satu irisan kemangi dan serundeng.

Nasi adalah poin utama ketika membeli nasi bungkus, nasi yang enak akan menambah kenikmatan yang hakiki. Tekstur nasinya sama dengan Sego Cakalang, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek.

Bicara soal lauk ya, rasa babatnya gurih dan sedikit ada rasa kunyit, tidak bau amis seperti ciri khas babat. Teksturnya empuk dan tidak kenyal sehingga mudah dikunyah.  Paru gorengnya renyah dan tipis malah sekilas nampak seperti empal kriuk. Sedangkan ususnya empuk dan rasa gurihnya pas saat dimakan bersama nasi dan taburan bumbu gorengnya, legit. Sambal pencitnya pedas mengigit, sesuai sama penyuka makanan pedas. Irisan ketimun dan daun kemangi menambah rasa segar. Setuju deh, kalau dibilang menu Sego Babat Gurih Tenan ini masuk dalam menu rekomendasi.

Djoeragan Sego Laris Manis ini buka mulai jam 6 pagi loh, bisa dipesan melalui Go Food untuk menu sarapan pagi. Aplikasi Go Food ini membantu orang-orang yang juga ingin memesan makan tapi malas keluar. Nanti di aplikasi Go Food tinggal tuliskan Djoeragan difitur pencaharian, Klik. Dalam hitungan detik (sesuai kecepatan internet), Go Food akan menampilkan menu-menu dari Djoeragan Sego Laris Manis mulai dari menu yang direkomendasikan, semua menu sampai fitur pesan manual. Mudah diakses dan aman.

( PENA/94SMM )

Banner Pesen Makan Sekarang