5 Makanan Khas Medan yang Lezat dan Memanjakan Lidah

0
514
Makanan Khas Medan
Makanan Khas Medan

Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang menawarkan beragam keistimewaan, mulai dari tempat wisata, budaya dan juga makanan khasnya.

Bukan cuma durian, terdapat banyak makanan khas medan lainnya yang lezat dan wajib kalian coba.

Tertarik untuk mencoba makanan khas medan? Berikut 5 makanan khas medan yang lezat dan memanjakan lidah

Baca Juga : Sarapan Dengan Makanan Khas Kenamaan Medan, Soto Sinar Pagi

1. Lontong Medan

Lontong Medan
Makanan Khas Medan – Lontong Medan

Untuk sarapan, mungkin kalian bisa cicipi makanan khas medan yang satu ini. Terdiri dari perpaduan lontong, sayur santan, tauco, sambal, mi, teri dan bumbu kacang membuat lontong medan ini menjadi sangat lezat.

Tak sulit untuk mencarinya, lontong medan ini tersedia hampir diseluruh jalanan kota medan, salah satunya adalah di Lontong Kak Lin yang terletak di Jalan T. Cik Ditiro.

2. Mi Gomak

Mie Gomak
Makanan Khas Medan – Mie Gomak

Makanan yang satu ini, sering digadang-gadangkan menjadi spaghetti ala batak, dengan bentuk mi yang cukup besar dan tekstur kenyal membuat mi Gomak ini mirip dengan spaghetti.

Mi Gomak, disajikan dengan kuah yang menyerupai gulai karena bersantan. Dengan cita rasa asin dan gurih, membuat makanan khas medan ini menjadi sangat lezat. Selain itu, aroma dan rasa andaliman serta kincung menjadi ciri khas pada makanan ini.

3. Bihun Bebek

Bihun Bebek
Makanan Khas Medan – Bihun Bebek

Bihun bebek khas medan ini mirip seperti sup ayam, yang membedakan adalah makanan ini tidak menggunakan daging ayam, melainkan menggunakan daging bebek dan rasa kuah yang unik. Bihun bebek ini memiliki dua jenis, yaitu disajikan dengan kuah kaldu ataupun dengan kuah herbal.

4. Soto Medan

Soto Medan
Makanan Khas Medan – Soto Medan

Bukan hanya Jawa ataupun Betawi, Medan juga memiliki soto khasnya. Kuah santan kental yang berwarna kuning kehijauan menjadi ciri khas dari makanan ini.

Soto medan ini, bisa berisi daging sapi ataupun daging ayam sesuai dengan serela masing-masing orang. Agar lebih nikmat, kalian juga dapat menambahkan rempeyek udang ataupun perkedel kentang sebagai pelengkap hidangan.

5. Kari Bihun Tobana

Kari Bihun Tobana
Makanan Khas Medan – Kari Bihun Tobana

Bagi kalian yang menyukai kuliner yang kaya akan rempah-rempah, mungkin kari bihun tobana ini bisa menjadi jawabannya. Sesuai dengan namanya, bumbu kari pasti sudah terbayang dengan aroma yang khas, kuah yang kental, dan juga bumbu-bumbu yang memanjakan lidah.

Bumbu kari yang meresap ke dalam daging dan bihunnya menjadi kenikmatan tersendiri saat kalian mencicipi kari bihun tobana ini.

Baca Juga : Soto Kesawan, Makanan Khas di Medan yang Selalu Dirindukan

Itulah 5 makanan khas medan yang lezat dan memanjakan lidah. Kira-kira favorit kalian yang mana ini? Jangan lupa cicipi kelimanya ya saat berlibur ke Kota Medan.

Banner Pesen Makan Sekarang