Makan Siang Sampai Kenyang dengan Mie Ayam Palembang Afui

0
585
Mie Ayam Palembang Afui - Foto Oleh Ardian Kusuma

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Suatu hari saya ingin mentraktir makan siang teman-teman kantor. Namun saya sempat berpikiran cukup lama apa ya makan apa yang harganya terjangkau dan bikin kenyang. Setelah cukup lama berpikir mengingat-ingat dulu pernah makan siang dimana, akhirnya saya teringat dengan mie ayam enak dan porsinya sangat bikin kenyang dengan nama Mie Ayam Palembang Afui.

Mie Ayam Palembang Afui ini berbeda dengan kebanyakan mie ayam yang sering saya santap di Yogyakarta. Kalau Yogyakarta, kiblatnya adalah mie ayam asal Wonogiri Jawa Tengah. Mie Ayam Wonogiri ini tekstur mienya tebal namun tidak terlalu kenyal. Minyak bumbunya biasanya manis. Untuk toping ayamnya disajikan dengan kuah kari yang kental dan cenderung manis juga. Dari kecil perkenalan saya dengan mie ayam ya dengan pakem Wonogiri ini.

Baru saat kuliah saya mulai mengenal banyak varian mie ayam. Selain versi Wonogiri, mie ayam yang versi lain yang saya santap adalah versi Jakarta. Mienya kecil-kecil cenderung panjang dan tidak putus. Kuah mie ayam Jakarta gurih. Biasanya mie ayam Jakarta disajikan dengan pangsit basah yang rasanya juga hampir sama seperti adonan mie. Kalau toping ayam, mie ayam Jakarta memberikan toping ayam yang kering. Kuahnya tidak terlihat, hanya potongan ayam. Namun rasanya lebih enak daripada ayam versi mie ayam Wonogiri. Lebih meresap bumbunya.

Nah, mie ayam yang saya pesankan untuk teman-teman kantor saya ini mirip dengan mie ayam Jakarta. Perbedaannya menurut saya adalah mie ayam ini mienya sedikit berbentuk keriting, kuahnya lebih berasa dan toping ayamnya lebih juicy. Mie ayam tersebut berasal dari Palembang. Daerah yang sebenarnya hanya sebelah barat Jakarta, ya kebaratnya lumayan jauh dikitlah.

Kedai Mie Ayam Palembang di Yogyakarta

Di Yogyakarta ini, satu-satunya kedai yang saya tahu menjajakan mie ayam asal Palembang adalah kedai Mie Ayam Palembang Afui. Kedai ini sangat terkenal seantero Yogyakarta bagi yang ingin mencoba menyantap mie ayam khas Palembang. Dan terkenal pula karena porsi mie ayamnya yang jumbo walaupun hanya porsi biasa.

Murah, enak, porsi yang besar dan tentu saja promo pembelian di GOFOOD by GOJEK membuat saya yakin untuk membeli mie ayam ini. Teman-teman saya memang porsi makannya harus banyak, sehingga Mie Ayam Palembang Afui adalah menu makan siang yang cocok bagi mereka.

Saya dan beberapa teman memang terkadang bosan dengan menu makan siang kantor yang itu-itu saja. Promo merchant dan promo ongkos kirim saat jam makan siang dari GOFOOD selalu saya manfaatkan untuk memuaskan perut yang lapar.

Pesan Mie Ayam Afui melalui GO-JEK

Karena ternyata beberapa teman sudah tahu terkenalnya porsi mie ayam di kedai Afui, tidak ada yang menginginkan porsi selain normal. Oke, saya pesan porsi biasa untuk beberapa teman. Porsi biasa ini harganya tidak sampai Rp10.000, cukup murah bukan. Dengan harga tersebut, kita masih dibonusi es teh sebagai pelepas dahaga.

Tetap, kedai Mie Ayam Palembang Afui yang saya pesan tidak jauh-jauh dari kantor. Inilah enaknya di kota Yogyakarta. Banyak merchant GOFOOD yang bertebaran. Tidak perlu jauh-jauh untuk memilih, banyak pilihan merchant yang sangat menarik dengan jarak dekat yang tentu saja menghemat biaya antar.

Tidak lama setelah memesan, beberapa puluh menit kemudian pesanan saya datang. Seperti yang selalu saya katakan di artikel ini. Mie Ayam Palembang Afui ini porsinya terkenal besar walaupun varian biasa.

Mangkuk yang saya gunakan hampir penuh untuk menampung Mie Ayam Palembang Afui versi biasa. Kalau dibungkus, kuah mie ayam dibuat terpisah untuk menghindari tekstur mie hancur karena air.

Tak sabar ingin menyantap, langsung saya tuangkan kuah setelah menaruh mie di mangkuk. Untuk porsi biasa dan lainnya, Mie Ayam Palembang Afui tidak menyertakan pangsit basah maupun kering di dalam penyajiannya. Pangsit dapat dibeli terpisah. Tenang, harga pangsit masih tergolong murah. Namun karena saya bukan penggemar pangsit, maka saya tidak menambahkannya.

Mie Ayam Palembang Afui sekilas mungkin tidak bisa dibedakan dengan mie ayam Jakarta. Mienya kecil-kecil, tipis, kuah bening. Perbedaannya memang memerlukan ketelitian. Mie ayam Palembang sedikit lebih keriting dan rasa kuahnya lebih asin daripada Jakarta. Bagi saya mie ayam Palembang ini adalah pembeda untuk mengatasi rasa kebosanan dengan mie ayam asal Wonogiri yang bisa kita temukan di seluruh sudut Yogyakarta.

Mie Ayam Palembang Afui
Mie Ayam Palembang Afui – Foto Oleh Ardian Kusuma

Kalau kamu bingung lokasi kedai Mie Ayam Palembang Afui ini dimana. Cukup buka aplikasi GOFOOD by GOJEK. Ketikkan Mie Ayam Palembang Afui di kotak pencarian dan langsung pesan. Dengan GOFOOD saya merasakan kepraktisan. Tidak perlu repot-repot keluar kantor, biaya antar murah dan tentu saja praktis kapanpun bisa digunakan. Digunakan sesuai jam buka Mie Ayam Palembang Afui tentunya, jika kamu ingin mencicipi mie ayam enak ini seperti saya.

( PENA/115AK )

Banner Pesen Makan Sekarang