Makan Enak Spesial dari Ayam Sriwijaya

0
412
Mie Goreng Ayam Sriwijaya - Foto Oleh Alma Wahdie

Pesenmakan.id, Palembang – Dunia kuliner lagi semarak banget dan nuansanya terasa sampai ke kota dengan icon Jembatan Ampera ini, Palembang. Beragam menu tersedia dari beragam outlet penjaja makanan. Semua berlomba memberikan sajian yang enak dipandang dan pastinya enak dimakan. Tak cuma restoran besar yang sudah memiliki gaung di kota ini, tapi juga banyak outlet startup yang memeriahkan pesona kuliner daerah. Makin banyak pilihan untuk makan enak dengan menu spesial jadinya.

Siang itu panasnya bikin silau. Katanya sih kalau panas begitu akan turus hujan sebentar lagi. Entah benar, entah tidak. Yang pasti sudah saatnya makan siang. Nah, di Palembang sekarang ada banyak sekali outlet makanan yang tersebar. Kita tinggal pilih saja mau makan apa.

“Makan enak apa kita hari ini?’ mataku sibuk memilih menu dari layar Handphone. Sudah jam makan siang dan perut sudah ngasih kode khas. Kebetulan aku ingat ada outlet makanan enak yang bisa diakses dari Go food. Marilah kita pesan makan siang pakai Go Food aja. Pilihanku tertuju pada outlet Ayam Sriwijaya, Kampus TVRI. Lumayan dekat lokasinya denganku.

Ada beragam menu spesial yang tertera di etalase online outlet ini. Dan aku langsung melihat foto Mi Goreng Spesialnya di display aplikasi. Tanpa Ba-Bi-Bu aku langsung pesan Mi Goreng Spesial Ayam Sriwijaya dan dua gelas minuman. Yang satu untukku, yaitu Es Teh. Dan satu lagi adalah Es Milo untuk adikku. Panas begini memang hanya es yang mengerti. Hahaha…

Ayam Sriwijaya

Seperti yang kubilang tadi, bahwa outlet Ayam Sriwijaya ini lokasinya di Jl. Bidar. Daerah ini kawasan mall, bisa dibilang yah pusat kota. Lucunya adalah ini tuh kawasan nongkrongku jaman sekolah dulu. Tiba-tiba aku nyeletuk: “kenapa ga ada dari dulu yah? Biar pas butuh bantuan saat kelaparan nugas malam ada camilan. Hehhee..”

Setelah aku orderanku diterima oleh salah satu driver Go Foodnya, aku iseng cari tahu tentang Ayam Sriwijaya ini. Ada kontaknya dan aku coba chit-chat. Entah itu ownernya atau adminnya, yang pasti doi ramah ketika aku bertanya tentang menu spesialnya. Tepat pilihanku tadi karena masuk menu best seller katanya.

Duh, makin ga sabar menunggu pesananku datang. Oya, ketika aku bertanya tentang outletnya, Kakak yang menanggapi chat-ku itu menyarankan aku untuk langsung browsing kalau ingin lihat outletnya langsung. Well, aku pun menurut. Ternyata outletnya nampak asyik. Kayaknya enak banget buat nongkrong lama-lama di sana.

Ini adalah foto yang diunggah oleh pemilik/admin Aya, Sriwijaya di Google Maps-nya.

Bikin penasaran, besok-besok aku mau mampir juga aaah… sekalian nyoba menu keroyokannya, jadi, ada menu lainnya yang bisa buat banyakan gitu. Aku ceritakan nanti ya. Ini aku mau kasih tahu dulu tentang menu yang sudah kupesan tadi. Habis kulahap dan cuma menyisakan penyesalan adikku yang ga ikut pesan. Hahaha…

Mi Goreng Spesial Ayam Sriwijaya

Makan Enak Spesial dari Ayam Sriwijaya
Mie Goreng Ayam – Foto Oleh Alma Wahdie

Apa yang bikin Mi Goreng ini spesial?

Ternyata komplit isinya. Ada ayam geprek dengan sambal cabe merah, tempe goreng tepung, dan lalapan berupa mentimun. Dikemas dengan kotak kertas laminating putih. Efisien dan pas untuk makan siang di luar seperti ini.

Yang kusuka dari Mi Goreng Spesial ini adalah karena mi yang digunakan nampaknya mi instan kesukaanku. Dari rasanya aku sudah tahu. Spesialnya adalah karena ada tambahan lauk dan pelengkap lalapannya.

Menurutku oke sih. Karena hampir semua orang suka mi goreng ini. Ayam geprek sambal cabe merahnya enak dan cukup memberi tambahan rasa pada mi goreng ini. Boleh aku uraikan penjelasan rasanya?

Pertama adalah mi gorengnya. Teksturnya kenyal dan dimasak dengan pas. Jadi bukan mi yang lembek karena over-cooked yaaa. Ini bagus dimasaknya dan semua bumbunya tercampur dengan baik dan rata.

Pelengkap dari Mi Goreng Spesial

Melengkapi mi ini ada ayam goreng. Disajikan dengan digeprek berlumur sambal cabe merah mentah. Ada rasa bawang putihnya juga. Sedaaaap! Aku suka. Sambalnya Pas. Tidak terlalu pedas juga tidak terlalu asin. Ayamnya tadi juga tidak keras. Agak krispi di luar. Tapi dagingnya tetap lembut.

Selain itu ada lauk pelengkapnya juga, yaitu tempe. Tempenya digoreng dengan balutan tepung krispi. Rasanya enak. Kumakan setelah mi dan ayamnya habis.

Apakah kalian tipe yang sama denganku? Menyisihkan bagian yang paling disuka untuk dimakan terakhir. Hahaha. Makan siang enak bener ini memang. Porsinya juga cukup untukku.

Selanjutnya adalah semacam tradisi dalam sajian menu di masakan kita: ada lalapannya. Termasuk pada menu Mi Goreng Spesial Ayam Sriwijaya yang kupesan.

Terdapat irisan mentimun sebagi lalapan sekaligus garnish kurasa. Memang selain mempercantik sajian, lalapan adalah hal penting dalam sajian kuliner kita.

Apalagi irisan timun ini pas sekali untuk meredakan pedasnya sambal ayam sriwijaya ini. Jadi memberi sensasi segar dari air timunnya.

Minuman Segar

Makan Enak Spesial dari Ayam Sriwijaya
Es Teh Manis dan Es Milo – Foto Oleh Alma Wahdie

Di siang yang terik itu, aku juga order dua gelas es seperti yang kusebutkan tadi. Masing-masing es milo dan es teh manis. Rasa untuk es pasti enak karena memang udah standarnya kali ya?

Es teh manisnya pas. Tidak terlalu manis dan warnanya bagus. Penting banget ngomongin warna teh? Ooo jelas. Aku punya pengalaman bikin teh dan warnanya itu pernah yang terlalu pekat jadinya pahit. Pernah juga kurang merah, jadi pucat si teh tadi. Jadi ga enak dong ngeliatnya.

Dari pengalamanku tadi, urusan warna teh jadi poin penting. Sejak ibuku menjelaskan panjang lebar tentang pentingnya tampilan suatu sajian, aku jadi ikut memperhatikan soal itu.

Es Milo yang kupesan juga betul-betul terasa coklat Milo-nya. Warnanya memang tidak coklat pekat yang mengindikasikan rasa nyoklatnya. Karena Milo ini adalah jenis susu coklat. Wajar kalau warnanya mengandung susu.

Rasanya segar melengkapi Mi Goreng spesial tadi.

Kedua gelas es yang kupesan, Es Teh Manis dan es Milo ini dikirimkan melalui kurir Go Food dengan kemasan gelas plastik. Lengkap dengan sedotannya, masing-masing satu.

( PENA/104AW )

Banner Pesen Makan Sekarang