Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

0
158

Pesenmakan.id, Yogyakarta – Bukan hanya kaya akan budaya dan keindahan alam saja, namun Jogja juga ternyata menyimpan banyak makanan yang gak kalah enaknya dari daerah lain lho. Makanan khas Jogja punya cita rasa yang unik dan beraneka ragam, mulai dari nasi yang bukan berasal dari beras, makanan pedas manis yang dicampur jadi satu hingga makanan ekstrem menantang nyali.

Kira-kira dari 10 makanan Jogja di bawah ini, ada makanan favoritmu gak?

1. Mangut lele

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihanpengusahasukses.com

Makanan yang cukup populer di Jogja adalah mangut lele. Mangut lele memiliki cita rasa yang sangat khas dengan cara pengolahan yang masih sangat tradisional. Lele dimasak dengan santan dan cabai di atas tungku kayu bakar. Beberapa tempat di Jogja bahkan menyediakan menu ini dengan cara yang beda dari biasanya, pengunjung langsung megambil dari dapurnya secara lansgung.

2. Tengkleng daging

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihantokomesin.com

Tengkleng daging sekilas mirip gulai daging namun perbedaannya tengkleng memiliki kuah yang lebih encer dibanding gulai. Tengkleng biasa dibuat dari daging sapi atau daging kambing, namun memang didominasi dengan jeroan atau tetelan.

3. Rujak Es Krim

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihanumisyam.com

Rujak es krim khas Jogja memiliki keunikan tersendiri, di sini es krim disatukan dengan kuah rujak beserta isiannya. Kalian dijamin akan jatuh cinta dengan perpaduan rasa manis, pedas dan segar dalam satu suapan. Setelah capek berkeliling kota Jogja rasanya makan rujak es krim gak akan cukup kalau cuma 1 mangkok!

4. Entok Slenget

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Entok merupakan hewan yang masuk dalam kategori itik dan memiliki bentuk mirip bebek. Sedangkan entok selengket adalah sebuah sajian menu lezat yang terdiri dari bumbu yang bisa membuat sensasi menyengat di lidah atau biasa disebut slenget oleh masyarakat Jogja, dari situlah tercipta nama entok slenget ini. Daging enthog yang dimasak ala semur lengkap dengan cabai untuk menghasilkan rasa pedas.

5. Kipo

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Kipo merupakan oleh-oleh khas jogja bercita rasa manis dan tekstur legit. Kipo berasal dari tepung ketan dan daun pandan sebagai pewarna hijau yang dicampur dengan santan lalu diberi isian kelapa. Cara pembuatannyapun masih sangat tradisional, yaitu dengan dipanggang diatas arang.

Selain bakpia, kipo ini bisa menjadi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Namun karena dibuat secara alami serta tidak menggunakan bahan pengawet, kipo tidak bertahan lama. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh, hanya saja tidak bisa bertahan lama.

6. Sate klatak

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihannjogja.co.id

Sate klatak merupakan sate yang terbuat dari daging kambing muda yang telah dimbumbui dan dibakar di atas bara selayaknya sate pada umumnya. Sate klatak biasanya disajikan dengan kuah gulai.

Nama klatak sendiri tercetus dari bunyi klatak-klatak yang dihasilkan saat daging menyentuh panasnya arang saat dipanggang. Keunikkan lain pada kuliner ini ialah pada tusuk satenya yang digunakan bukanlah tusuk sate biasa, namun jeruji sepeda yang sebelumnya telah dibersihkan.

7. Sayur lombok ijo

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Sayur lombok ijo adalah sayur andalan masyarakat Jogja yang terbuat dari campuran tempe/tahu dan cabe hijau atau biasa disebut lombok ijo dengan kuah santan. Kalau kamu ke Jogja gak lengkap rasanya kalau belum cobain sayur ini.

8. Nasi Tiwul

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Nasi tiwul berasal dari singkong yang dikeringkan kemudian ditumbuk. Rasanya tidak kalah enak dari nasi putih, bahkan nasi tiwul bisa menjadi alternatif obat bagi para penderita diabetes. Meskipun di daerah asalnya Gunung Kidul nasi tiwul sempat dijadikan ikon kemiskinan karena sangat sederhana, kini nasi tiwul sudah populer dan diminati banyak orang.

9. Oseng-oseng mercon

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Oseng-oseng mercon terdiri dari kikil, daging, gajih, kulit dan tulang muda yang dimasak dengan cabe rawit yang melimpah. Makanan yang satu ini merupakan salah satu andalan mahasiswa di tanggal tua, sebab harganya cukup terjangkau. Kamu bisa menikmati seporsi oseng-oseng mercon dengan membayar Rp 15.000 saja.

10. Walang goreng

Lezat & Menggiurkan, Ini 10 Makanan Khas Jogja yang Bikin Ketagihan

Di daerah Gunungkidul makanan yang satu ini bisa dikonsumsi dan dijual belikan. Belalang disana diolah menjadi suatu cemilan dan juga bisa dijadikan lauk pendamping nasi, belalang di sini digoreng hingga kering.

Meskipun terlihat mengerikan atau tidak lazim dimakan namun ternyata belalang mengandung protein yang tinggi lho. Kamu bisa menikmati cemilan unik ini hanya dengan Rp 20.000 per bungkusnya.

Nah, itu tadi makanan khas Jogja yang bikin kita mendadak keroncongan. Kalau kalian berkunjung ke Jogja jangan lupa mencicipi semuanya ya!

Banner Pesen Makan Sekarang