4 Kulineran Malam Palembang Ini Bikin Laper, Penasaran kan?

0
274
kuliner malam palembang
Kuliner Malam Palembang - Foto oleh Nila Ertina

Kulineran malam di Palembang? Ayo siapa yang mau ikut bareng? Kuliner malam Palembang sebenarnya cukup beragam bahkan hampir seluruh menu yang biasa dijumpai di Pulau Jawa juga ditemukan di kota pempek, seperti pecel lele dan sate madura.

Namun, setiap daerah tentunya menawarkan makanan khas yang kadang tidak dijumpai di tempat lain atau kalaupun ada namanya berbeda. Lazim, setiap wisatawan yang datang ke suatu daerah bukan hanya ingin menikmati destinasi wisata alam atau wahana yang disediakan tetapi kuliner atau makanan khas juga paling diburu.

Bagi Wongkito sejumlah makanan berikut adalah kuliner yang biasanya disantap saat malam hari dan dijual juga menjelang malam. Kuliner malam yang akan saya review tidak hanya khas Palembang ya, tapi juga makanan dan minuman yang bisa ditemukan di daerah lain tetapi peminatnya lumayan banyak.

Peminatnya banyak tentunya identik dengan rasa yang enak dilidah dan harganya pun tidaklah terlalu mahal.

Nasi Goreng Merah

Kuliner Malam Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Nasi yang digoreng dengan rempah-rempah khas dan berwarna merah dari saus tomat ini merupakan salah satu kuliner malam di Kota Palembang yang banyak diburu warga maupun wisatawan.

Nasi Goreng Merah Mang Din, di Jalan Radial tepatnya di depan salah satu mal milik salah satu konglomerat yang masuk dalam 10 orang terkaya Indonesia berdasarkan data Forbers yang baru-baru ini dirilis media menawarkan nasi goreng merah dengan beragam pilihan toping.

Saat memesan nasi goreng merah kita akan langsung ditanya mau pakai apa? ada sejumlah pilihan toping yang dapat dipilih mulai dari telur dadar, mata sapi, ayam, daging sapi dan daging kambing.

Harga satu porsi nasi merah yang lumayan penuh ini beragam tergantung pilihan toping kita mulai dari Rp17.000 sampai Rp30 ribu per porsi. Nasi goreng merah ini juga dilengkapi dengan tambahan emping goreng, sambal merah dan juga acar.

Penjual juga menyediakan beragam sate yaitu telur puyuh, hati ampela dan sate kerang, harga dibanderol Rp6 ribu per tusuk.

Bagi yang ingin menikmati kuliner ini, sila langsung datang ya sore hari menjelang magrib ke Jalan Radial tak jauh juga dari Simpang V DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Roti Komplit

Kuliner Malam Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Mungkin yang baru pertama beli roti komplit akan bingung, mengapa rotinya tidak dipanggang padahalkan lebih enak dipanggang terlebih dahulu. Karena roti komplit khas Palembang sebenarnya roti tawar yang diisi beragam selai mulai dari selai nanas, coklat, stoberi dan beragam toping kekinian lainnya.

Walaupun tak sebanyak penggemar roti panggang, tapi roti komplit masih diminati warga Palembang terutama bagi mereka yang ingin bernostalgia karenanya tak heran pedagang juga masih ramai menawarkan di sejumlah sudut Jalan Jenderal Sudirman saat malam hari.

Roti komplit ini dijual dengan harga mulai Rp15 ribu dan akan semakin mahal kalau kita minta tambahan selain lainnya.

Mi Goreng Jawa

Kuliner Malam Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Masakan berbentuk mi sebenarnya cukup beragam di Palembang, mulai dari lakso, mie celor sampai dengan mie ayam yang enak dan berbeda dibandingkan mi asal Pulau Jawa.

Namun, mi jawa juga menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Kota Palembang. Rasanya yang cenderung otentik dengan rempah khas dari Jawa menjadi mi ini diminati.

Salah satu warung mi jawa yang sudah puluhan tahun berdiri dan sempat berpindah-pindah adalah Mi Jawa Pakde di kawasan Jalan Merdeka Palembang. Cara memasaknya menggunakan tungku arang dan mi yang agak besar dan tambahan pelengkap suwiran ayam dan acar serta tak ketinggalan emping goreng membuat mi ini digemari.

Di warung tersebut, tidak hanya mi goreng yang ditawarkan penjual tetapi juga disediakan mi rebus, nasi goreng, bihun goreng dan bihun rebus. Proses memasaknya semua dilakukan dengan menggunakan tungku arang dengan bumbu-bumbu yang tidak terlalu pedas.

Penggemar mi ini tampaknya sudah menjadi pelanggan sejak lama, karena itu tak heran saat berkunjung ke warung yang kini menempati satu unit ruko ini rata-rata saling menyapa. Ingin beli mi jawa ini, tak perlu terlalu dalam merogoh kantong ya cukup bayar Rp16 ribu saja per porsi.

Sekoteng

kuliner malam palembang
Kuliner Malam Palembang – Foto oleh Nila Ertina

Minuman ini memang menjadi kudapan atau minuman nusantara ya, karena hampir setiap daerah ada penjual sekoteng. Sekoteng di Palembang biasanya campuran kacang ijo rebus, mutiara, kacang tanah goreng dan potongan roti tawar diguyur air jahe yang telah dimasak bersama gula merah.

Sama seperti di daerah lain, penjual sekoteng berdagang saat menjelang malam sampai tengah malam. Harga sekoteng mulai dari Rp8.000 per mangkuk. Oya, di Palembang sekoteng paling legend sudah berjualan lebih dari 30 tahun lalu ada di kawasan Lorong Roda tidak jauh dari Kantor Walikota Palembang.

Untuk menikmati sekoteng legendaris ini, kita tinggal datang memesan ke penjual yang gerobaknya mangkal di area lorong tersebut, lho.

(PENA/NILA)

Banner Pesen Makan Sekarang