Kuliner Khas Banyumas Dari Olahan Singkong Ini Bernama Cimplung

0
1375

Pesenmakan.id, Banyumas – Banyumas menjadi salah satu kabupaten yang memiliki bentang alam yang indah. Tak heran jika kabupaten ini kemudian menjadi tujuan wisata banyak orang. Menyadari hal tersebut, masyarakat Banyumas sepertinya ingin memperkenalkan makanan-makanan khas Banyumas kepada para wisatawan. Atau paling tidak, makanan tersebut dapat menjadi obat kangen masyarakat Banyumas sendiri.

Dilansir dari IDN Times, makanan khas Banyumas yang mesti dicoba adalah “Cimplung”. Makanan ini unik dan enak. Baik, mari kita simak ulasan menarik mengenai cimplung. Keinginan mencoba yang kuat nantinya, bukan menjadi tanggungjawab penulis, ya.

Bermandikan gula, cimplung ini menggoda selera

instagram/Erwin3010

Cimplung berbahan dasar dari singkong yang direbus. Tapi rebus bukan sembarang rebus. Singkong direbus di dalam air nira. Ya begitulah kemudian nama cimplung tercipta, cimplung yang berarti masuk ke dalam air.

Nama lain yang disematkan dalam olahan singkong ini adalah singkong mandi gula. Kalau mandi kembang mah, tengah malam. Tapi di tengah malam, biasanya perasaan lapar suka datang tiba-tiba. Nah, cimplung bisa menjadi solusi untuk menuntaskan lapar kamu lho. Perut kenyang, tidur nyaman tanpa harus mimpi mantan hehe

Sebentar, mari saya ajak kamu membayangkan kelezatan cimplung ini. Bermandikan gula, cimplung ini memberikan cita rasa manis yang menggugah selera. Tiap gigitan cimplung akan membawamu pada ingatan-ingatan manis semasa dulu. Cimplung manisnya real, beda dengan manisnya janji laki-laki ya. Gak perlu juga disamakan. Yang jelas, pecinta sweet food akan menggilai makanan tradisional ini dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Fakta lain mengena cimplung adalah bisa dinikmati kapan saja. Cimplung sepertinya memiliki sifat fleksible. Kapan saja bisa dimakan. Di mana saja boleh dimakan. Tapi jangan makan punya orang juga. Bayangin deh, kalau punya kamu diambil orang. sedih gak? Sedih kan? Pacar kamu diambil temen misalnya. Hem…

The best time menikmati cimplung adalah saat cuaca lagi dingin-dinginnya. Apalagi jika ditemani secangkir kopi. Bagi yang tidak suka kopi, teh juga jodohnya cimplung. Me time kamu menjadi menyenangkan, pula menenangkan. Makanan tradisional ini juga kerap menjadi hidangan saat berbuka puasa lho. Masuk ke dalam kategori takjil. Lagipula, bukannya saat berbuka puasa disarankan dengan yang manis-manis?

Cimplung pisang yang tak kalah menggiurkan

instagram/fardhanlizma

Bukan hanya singkong, cimplung bisa juga dibuat dengan bahan dasar pisang. Caranya sama. Pisang direbus ke dalam air nira. Cimplung pisang ini juga menjadi makanan favorit masyarakat Banyumas, lho.

Untuk dapat menikmati cimplung pisang, kamu bisa datang langsung ke daerah Banyumas, dan Soekaraja. Di sana, cimplung menjadi makanan tradisional yang manis dan legit. Cimplung dapat menjadi teman santai ketika lelah beraktivitas. Cimplung sepertinya juga bisa jadi teman patah hati sih. Rasanya yang manis akan meminimalisir rasa sedihmu. Inget gak sih sewaktu kecil dulu, ketika kita menangis, ayah maupun bunda akan memberikan kita gula-gula, lolipop, cokelat atau makanan manis lainnya. Gak ada salahnya bukan mencoba mengurangi kesedihan dengan menyantap kemanisan cimplung, hehe..

Untuk kamu yang berada jauh dari Banyumas, jangan khawatir. Cimplung ini bisa kamu buat sendiri. Bahan-bahannya tak sulit didapat, cara membuatnya pun tidak rumit. Yang paling penting, kamu tak harus mengeluarkan banyak uang untuk menyajikan manisnya cimplung di waktu santaimu.

Cimplung juga dapat dinikmati bersama keluarga di rumah. Santaplah cimplung selagi hangat-hangatnya. Yakin deh, suasana hangat bersama keluarga juga akan terasa begitu indah. Jangan lupa buatkan ayah kopi, ibu teh, untuk teman menyantap cimplung ya..

Sumber: IDN Times

Banner Pesen Makan Sekarang