Ketan Duren (Kinca) “Ketan Susu Bang Murtado” – Kuliner Legendaris yang Terus Eksis di Zaman Kekinian

0
100
Ketan Duren (Kinca)
Ketan Duren ( Kinca ) - Foto Oleh Nita Lana Faera

Pesenmakan.id Jakarta – Gurih dan legitnya ketan, yang disuap bersama manisnya kuah gula merah beraroma durian. Hemm… bagi para pecinta durian, pastinya Ketan Duren ini selalu menjadi kuliner favorit ya. Zaman now dengan segala hiruk pikuk ragam kuliner ngehits, tak lantas menjadikan kuliner legendaris di negeri ini melenyap. Ketan Duren yang juga dikenal dengan sebutan Kinca, merupakan salah satu cemilan lokal legendaris yang terus eksis di zaman kekinian ini.

Memasak ketan, tentu ada tekhnik khusus agar pas untuk disantap tidak keras karena kurang air santan, begitupun tak lembek karena air santan yang berlebih. Lalu dari sisi rasa, gurihnya pun harus pas, karena ketan yang hambar tentu jadi kurang semangat untuk menghabiskannya. Karena itu, bila ada kedai kuliner ketan siap beli dengan rasa yang cocok di lidah, tentunya menyenangkan. Apalagi, kuliner ketan ini bisa didapat tak jauh dari sekitar tempat tinggal, diantar ke rumah pula, mmm…

Ketan Susu Bang Murtado Tak Hanya Menjual Aneka Ketan

Selain penyuka Ketan Duren Kinca, siapa yang menjagokan Ketan Susu sebagai kuliner andalan? Di kedai Ketan Susu Bang Murtado yang berada di daerah Cipinang Jakarta Timur, tak hanya Ketan Duren Kinca saja yang bisa dicicipi. Ketan yang dinikmati dengan lelehan susu alias Ketan Susu pun juga ada. Beragam topping khas makanan kekinian pun juga dihadirkan, agar ketan makin mantap disantap.

Ketan kelapa susu, abon susu, keju susu, keju cokelat susu, cokelat susu, srikaya susu, cukup banyak juga pilihan rasanya. Dan masih ada lagi ketan serundeng, ketan green tea, ketan milo, dan ketan amburadul yang dari namanya saja cukup membuat penasaran. Selain Ketan Susu dan Ketan Duren, aneka Roti Panggang dan juga Pisang Panggang pun juga tersedia, dengan aneka isi dan topping yang menggugah selera.

Ketan Duren Kinca

Ketan Duren (Kinca) "Ketan Susu Bang Murtado" – Kuliner Legendaris yang Terus Eksis di Zaman Kekinian
Ketan Duren ( Kinca ) – Foto Oleh Nita Lana Faera

 

Sekepal ketan yang dibungkus dengan kertas roti, lalu pada plastik terpisah terdapat kuah kinca. Seperti ini tampilannya ketika disatukan. Kuah kincanya tak begitu cair, jadi begitu disiram pada ketan, tak lama kemudian kuahnya pun terlihat agak mengental. Rasa manis dari kuah kincanya ini pas, tak kelewat manis dan pastinya… duriannya pun berasa walau benar-benar dihaluskan.

Roti Panggang Cokelat

Ketan Duren (Kinca) "Ketan Susu Bang Murtado" – Kuliner Legendaris yang Terus Eksis di Zaman Kekinian
Roti Panggang Coklat – Foto Oleh Nita Lana Faera

Karena ada kuah kinca, jadi sekalian saja memesan roti panggang, yang juga bisa dicelupkan pada kuah kinca. Roti yang masih hangat dari pemanggang, dengan cokelat di tengahnya. Selain rasa cokelat, Roti Panggang di Ketan Susu Bang Murtado ini juga terdapat Roti Panggang keju, keju cokelat, srikaya, kacang, stroberi, dan juga nanas.

Susu Jahe

Ketan Duren (Kinca) "Ketan Susu Bang Murtado" – Kuliner Legendaris yang Terus Eksis di Zaman Kekinian
Susu Jahe – Foto Oleh Nita Lana Faera

Potongan jahe yang digeprek lantas dimasukan ke dalam susu, menjadikan minuman susu yang tak hanya sekadar manis, tapi juga ada rasa khas jahe. Biasanya minuman ini diminati kala musim hujan. Tapi pada moment apapun, terlebih saat malam-malam, menikmati Susu Jahe juga tak kalah nikmatnya ya. Dalam satu kantong ini cukup banyak juga Susu Jahenya. Aroma jahe yang begitu berasa, dengan rasa manis susu yang pas.

Cemilan Legendaris yang Bisa Dibeli Secara Online

Lelah dari aktivitas seharian dan hanya ingin melewatkan malam di rumah saja, sembari cemal-cemil kuliner tradisional seperti Ketan Duren Kinca, Roti Panggang Cokelat, dan juga Susu Jahe. Ketan Susu Bang Murtado pun juga ada di Go-Food, sebuah jasa belanja makanan dari aplikasi Go-Jek. Ketika saldo Go-Pay sudah cukup, saatnya pesen makan…

( PENA/NLF )

Banner Pesen Makan Sekarang