Kenyal dan Gurihnya Makanan Khas Makassar Ini Bikin Ketagihan

0
509

Pesenmakan.id, Makassar — Kuliner berbahan dasar daging ikan bisa dijumpai di banyak tempat di Kota Makassar. Kaya dengan hasil laut, banyak kedai menyajikan makanan khas Makassar. Makanan khas Makassar selalu memberikan rasa istimewa.

Salah satu kudapan dari daging ikan adalah Otak-Otak. Kuliner ini masuk dalam daftar makanan khas di Kota Makassar.

Otak-Otak adalah kudapan yang bisa disandingkan dengan nasi atau kentang. Kudapan ini sering disebut sosisnya orang Makassar. Karena bentuknya mirip-mirip sosis.

Yang membuat makanan ini punya rasa khas dan berbeda dengan daerah lain, karena dibuat dari ikan tenggiri segar. Langsung dari laut Makassar.

Otak-Otak Ibu Elly

otak otak dari otak otak ibu elly
Otak-otak – Foto oleh Muhammad Yunus

Ada banyak kedai yang menyajikan Otak-Otak enak di Kota Makassar. Salah satu kedai terkenal dalam menyajikan menu Otak-Otak adalah Otak-Otak Ibu Elly.

Otak-Otak Ibu Elly tercipta dari kreatifitas dan keberanian mencoba. Bermula dari sering melihat mertuanya membuat Otak-Otak dan dipercaya mengantar pesanan Otak-Otak ke pelanggan. Elly tertantang untuk meracik sendiri bahan dan bumbu Otak-Otak.

Berkat kerja keras, sekarang Ibu Elly berhasil membuat usaha Otak-Otak dan punya banyak pelanggan. Mulai dari wisatawan sampai rumah makan dan restauran.

Nama Elly pun dijadikan merek dagang Otak-Otak. Untuk membedakan Otak-Otak Ibu Elly dengan warung atau restauran lain yang menjual Otak-otak.

Rasa Khas Otak-Otak Bikin Lidah Bergoyang

otak otak dari otak otak ibu elly
Otak-otak – Foto oleh Muhammad Yusuf

Penasaran dengan keistimewaan rasa Otak-Otak, saya memesan satu paket Otak-Otak Ibu Elly secara online. Paket paling murah adalah kemasan berisi 15 biji.

Ukuran lebar dan panjang Otak-Otak yang dibungkus daun pisang ini kurang lebih seperti dua jari. Meski terbuat dari ikan, aroma amis ikan tidak tercium.

Otak-otak dibuat tanpa campuran bahan kimia dan perisa makanan. Otak-Otak dibungkus menggunakan daun pisang.

Cara makannya, Food Lovers harus melepas tusuk lidi dan mengupas daun pisang yang membungkus. Setelah itu akan terlihat warna daging putih. Di sela-sela daging akan terlihat potongan sayuran.

Saat digigit, teksturnya lunak. Seperti karet. Gurih dan ada rasa pedas-pedasnya. Dibuat tanpa menggunakan pewarna dan pengawet, Otak-Otak adalah makanan sehat dan bergizi. Sangat direkomendasikan untuk pencinta makanan sehat.

Sebagai pelengkap, diberikan juga sambal khas Otak-Otak. Sambal berwarna coklat ini rasanya manis dan beraroma khas. Tidak sama dengan manis kecap atau manis gula.

Silahkan mencocol daging Otak-Otak ke dalam sambal. Manis dan rasa daging ikan Tenggiri menyatu menjadi sangat lezat. Gurih Cuy…

Otak-Otak ini bisa langsung dimakan, bisa juga dibakar, digoreng, atau dimasak. Terserah selera masing-masing Food Lovers.

otak otak dari otak otak ibu elly
Otak-otak – Foto oleh Muhammad Yusuf

Saya lebih senang makan langsung atau dibakar. Aroma kulit pisang yang terbakar meresap masuk dan memberikan sensasi baru dalam daging Otak-Otak. Makin menambah nafsu makan.

Untuk makan siang atau makan malam, 15 biji Otak-Otak Ibu Elly sudah cukup untuk mengenyangkan perut. Jika Anda berdua atau bertiga, sebaiknya pilih paket 30 biji ke atas. Karena rasa Otak-Otak ini dijamin bikin ketagihan. Jika ditambah dengan nasi, dijamin makin kenyang.

Jika tidak sempat melahap semua, cukup disimpan dalam mesin pendingin. Otak-Otak bisa bertahan dalam beberapa hari. Jadi tidak perlu khawatir akan basi.

Jika cuaca dingin atau turun hujan, Otak-Otak bisa Anda potong-potong. Kemudian dicampur dengan mie instan. Hmmmm.. yummi.

Bagi Anda yang ingin membeli buah tangan, Otak-Otak Khas Makassar sangat cocok dikemas sebagai oleh-oleh.

Pesan Lewat Go Food

Food Lovers yang baik hati. Merasakan makanan khas Kota Makassar tidak perlu bersusah payah keluar rumah dan antri depan warung. Sudah banyak makanan khas tersaji dalam layanan Go Food. Jika Anda memanfaatkan Go Pay sebagai alat pembayaran, banyak bonus dan kesitimewaan yang akan Anda peroleh.

Saya senang menggunakan Go Food. Karena tidak harus meninggalkan pekerjaan untuk merasakan nikmatnya makanan khas di Kota Makassar. Apalagi sekarang sedang masuk musim hujan. (Pena/MY)

Banner Pesen Makan Sekarang