Kenikmatan Empal Gentong, Legendaris Kuliner Pantura Cirebon

0
240
Kenikmatan Empal Gentong, Legendaris Kuliner Pantura Cirebon
Empal gentong dan Tahu Gejrot Kuliner Legendaris Cirebon - Foto Oleh muhamad syahri romdhon

Pesenmakan.id, Cirebon – Mendengar nama “Empal Gentong”, ingatan Anda langsung terbawa ke sebuah kawasan pesisir pantai utara Jawa Barat, yakni Cirebon. Yap, makanan khas daerah yang tak ada di kota lain ini sudah tak asing lagi didengar. Di tengah beragamnya kuliner khas Cirebon, empal gentong tetap menjadi buruan para wisatawan dan tak terkecuali warga sekitar. Tempat tempat yang menyajikan empal gentong selalu ramai baik di hari normal, akhir pekan, terlebih di musim liburan.

Empal Gentong Krucuk

Kenikmatan Empal Gentong, Legendaris Kuliner Pantura Cirebon
Empal Gentong – Foto Oleh Muhamad Syahri Romdhon

Empal Gentong Krucuk yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon salah satunya. Tempat makan ini selalu diburu dan tak pernah sepi dari pengunjung. Empal Gentong menjadi menu Andalan dari beberapa menu lainya: Empal Asem dan Sate Kambing.

Pengunjung yang tiba di lokasi langsung melihat suasana khas tradisional. Proses masak yang masih menggunakan gerobak pikulan, gentong dan juga kayu bakar. Anda yang tak memiliki rasa sabar tinggi, disarankan langsung memesan karena harus mengantre dengan pengunjung lainnya.

Empal Gentong, Aneka Hidangan Khas

Empal gentong adalah olahan daging sapi yang dimasak menggunakan kuah santan di dalam gentong. Campuran bumbu rempah khas tanah air menambah cita rasa yang tak hentinya menggugah selera. Penggunaan gentong sebagai ciri khas membuat rasa sajian ini tak tertandingi.

Empal gentong yang sudah dihidangkan, harus segera disantap. Untuk kalian yang cinta pedas, jangan lupa tambahkan sambal bubuk untuk menggoyang lidah. Pastikan aneka minuman serta sajian penutup lainnya tak jauh dari piring Anda untuk menyempurnakan wisata kuliner Anda.

Kenikmatan Empal Gentong, Legendaris Kuliner Pantura Cirebon
Tahu Gejrot – Foto Oleh Muhamad Syahri Romdhon

Di lokasi yang mudah Anda kunjungi ini, sajian tahu gejrot juga menjadi rekomendasi. Di balik penampilan dan sajian yang sederhana, tahu gejrot membuat lidah Anda enggan melupakan kenikmatannya. Empal Gentong, Empal Asem, Sate Kambing, Tahu Gejrot serta sejumlah menu lainnya menjadi daftar kuliner yang wajib masuk daftar perburuan Anda.

Daging Empuk, dan Kehangatan Rempah

Kenikmatan Empal Gentong, Legendaris Kuliner Pantura Cirebon
Empal Gentong – Foto Oleh Muhamad Syahri Romdhon

Kuah santan yang hangat dari semangkuk empal gentong membuat tubuh hangat. Belum lagi dengan daging sapi yang sangat empuk dan gurih. Sekali makan, lidah Anda akan sulit melupakannya. Meski tampak mirip opor, Empal Gentong tetaplah jauh berbeda.

Ups, jangan khawatir, bagi Anda yang menghindari santan, Empal Asem akan menjadi menu andalan Anda. Sajian ini tak kalah unik, menarik, dan nikmat dari empal gentong. Proses masak dan bumbu yang tak jauh berbeda membuatnya tetap diburu. Kuah bening yang dicampur blimbing wuluh menggugah selera santap Anda di siang hari.

GO FOOD

Empal gentong krucuk sudah memiliki dua toko yang keduanya melayani pembelian menggunakan jasa Go Food. Ini memudahkan Anda yang memiliki akivitas tinggi, namun tidak dapat bisa melupakan kenikmatan santap empal gentong atau empal asem di siang hari. Proses pemesanan yang mudah, pelayanan yang cepat, membuat waktu Anda optimal dan semakin efisien.

( PENA/MSR )

Banner Pesen Makan Sekarang