Ke Pontianak Jangan Lupa Cicipi Salah Satu Kuliner Khas Pontianak Ini

0
65
Bubur Pedas Pa' Ngah - Foto Oleh Dwi Wahyudi

Pesenmakan.id, Pontianak – Jalan-jalan ke Negeri Khatulistiwa, jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner khas Pontianak ini. Diantara beberapa brand yang ada, nama Bubur Pedas Pa’ Ngah sudah cukup terkenal di kalangan pecinta kuliner kota Pontianak. Sedangkan bagi para tamu yang sedang berkunjung ke kota Pontianak, sajian khas kuliner ini wajib untuk dicoba.

Sekilas Mengenai Bubur Pedas

Pertama kali mendengar nama salah satu kuliner khas Pontianak ini, kita sudah pasti akan membayangkan bahwa bentuk sajiannya adalah berbentuk bubur yang terasa pedas. Akan tetapi, jika dilihat berdasarkan sejarah penamaannya, ternyata kata “pedas” yang selama ini digunakan sebenarnya adalah kata “paddas”.

Ke Pontianak Jangan Lupa Cicipi Salah Satu Kuliner Khas Pontianak Ini
Bubur Pedas Pa’ Ngah – Foto Oleh Dwi Wahyudi

Kata “paddas” digunakan karena dalam sajian kuliner khas ini terdiri dari berbagai macam campuran sayuran seperti: kangkung, cambah, kacang panjang, jagung muda, dan kacang tanah. Untuk menambah citarasa gurihnya, ditambahkanlah ikan teri dan potongan daging ayam, sapi, atau kambing.

Sedangkan kenapa dikatakan bubur karena dibuat dengan bahan dasar utama beras sangrai sama kelapa tua yang sudah diparut. Setelah itu baru diolah dan semua campuran dimasukkan menjadi satu dan jadilah “Bubbor Paddas”.

Proses Pembuatan

Bubbor paddas terbuat dari beras yang ditumbuk halus kemudian dimasak dengan cara sangrai, atau digoreng tanpa minyak, ditambah aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada hitam, serai, daun salam, daun kunyit, garam dan sedikit gula.

Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus, kecuali serai, daun kunyit dan daun salam, kemudian dimasak dengan cara sangrai pula. Bumbu yang telah disangrai dimasukkan ke dalam air mendidih bersama beras tumbuk yang juga telah disangrai. Bagi yang suka, bisa menggunakan kaldu sapi asli dengan daging dan tulang sapi.

Setelah beras tumbuk dan bumbu tercampur ke dalam air mendidih atau kaldu sapi, dimasukkan berbagai macam sayuran seperti daun pakis, kangkung, daun kesum, serta aneka sayuran lain sesuai selera. Daun kesum mungkin hanya ada di wilayah Kalbar, membuat bubbor paddas beraroma khas. Semua bagian tadi dimasak hingga matang dan siap dihidangkan. Tuangkan dalam mangkuk, hidangkan bersama kerupuk, kacang tanah goreng, kecap manis, sambal dan bawang goreng, jangan lupa tambahkan pula perasan jeruk sambal.

Order via Go-Food

Untuk dapat mencicipi salah satu kuliner khas Pontianak ini, kita dapat langsung melakukan pemesanan via aplikasi Go Food karena nama Bubur Pedas Pa’ Ngah sudah ada dalam daftar outlet merchant Go-Jek. Kita tinggal membuka aplikasi Gojek dan pilih menu Go-Food. Ketik kata kunci di kolom pencarian “Bubur Pedas Pa’ Ngah” dan nama brand kuliner khas Pontianak ini akan langsung muncul.

Di Pontianak sendiri, Bubur Pedas Pa’ Ngah memiliki 3 cabang, yaitu: Bubur Pedas Pa’ Ngah Jeruju, Natakusuma, dan Transmart Kubu Raya. Dengan menggunakan fitur Near Me, sistem di aplikasi Go-Food akan langsung mengarahkan ke titik lokasi cabang yang terdekat.

Menu Pilihan

Sesuai namanya, brand kuliner khas Pontianak ini menjadikan Bubur Pedas sebagai menu pilihan utama. Jika dilihat pada aplikasi Go-Food, jenis menu “Bubbor Peddas” masuk dalam kategori Best Seller alias paling banyak dipesan oleh pengguna aplikasi Gojek. Harganya cukup murah yaitu Rp. 18.410,- belum termasuk ongkos kirim pengantaran.

Selain itu, terdapat juga menu Sop Daging dengan harga Rp. 28.229,- dan Bubbor Peddas + Kikil dengan harga Rp. 39.273,-. Gunakan sistem pembayaran melalui Go Pay untuk mendapatkan promo potongan untuk ongkos pengantaran.

( PENA/DW )

Banner Pesen Makan Sekarang