Ke Makassar Belum Lengkap Jika Belum Cicipi Nasi Goreng Merah

0
418
Nasi Goreng Merah dan Nasi Goreng Jakarta
Nasi Goreng Merah dan Nasi Goreng Jakarta - Foto oleh Mugniar

PesenMakan.id, Makassar – Waktu anak sulung saya masih berusia balita dan saya masakkan nasi goreng kecap, salah seorang tante dari suami saya berkomentar, kenapa masak nasi goreng pakai kecap? Baginya aneh, nasi goreng menggunakan kecap karena yang ngetop di Makassar itu adalah nasi goreng berwarna merah atau Nasi Goreng Merah.

Nasi Goreng Merah, Nasi Goreng Khas Makassar

Nasi goreng Merah dan Nasi Goreng Jakarta
Nasi Goreng Merah – Foto Oleh Mugniar

Mengapa berwarna merah, sudah tentu karena tak menggunakan kecap. Nasi Goreng Merah yang sudah menjadi makanan khas Makassar menggunakan saus tomat produksi lokal yang warnanya bisa menyebabkan nasi yang digoreng berubah menjadi kemerahan.

Di semua sudut kota ini, tak sulit menemukan tempat makan yang menyajikan Nasi Goreng Merah dalam daftar menunya. Di dalam tulisan ini saya akan memberikan rekomendasi makanan enak ini. Letaknya tak jauh dari rumah kami, tak sampai setengah kilo meter. Namanya Kantin Berkah.

Testimoni Ketika Meraup Kelezatan Nasi Goreng Merah dari Kantin Berkah

Kantin mungil ini menyediakan aneka macam makanan. Nasi goreng merah hanyalah satu dari sekian banyak menu yang ditawarkannya, yaitu aneka ayam goreng dan panggang, aneka mie, dan tiga varian nasi goreng. Tapi kali ini fokus saya adalah pada Nasi Goreng Merah dan Nasi Goreng Jakarta saja.

Nasi Goreng Merah dari Kantin Berkah ini berlauk telur dadar berukuran nyaris lingkaran. Ada tambahan jeruk nipis dan saus sambal dalam kemasannya. Nasi merahnya yang berbumbu bawang putih dan bawang merah yang ditumis tak sendiri. Ada potongan-potongan dadu daging ayam dan udang tersebar di dalamnya.

Paduan bumbu dan rasa asin yang pas membuat Nasi Goreng Merah ini begitu nikmat memasuki organ pencernaan. Satu porsi tak terasa cukup kalau tak ingat harus menahan diri. Nasi goreng merah ini biasanya cocok dimakan dengan sambal kuning khas Makassar bagi penyuka pedas tapi dengan saus sambal yang berwarna merah pun tak berkurang kelezatannya.

Tak jauh beda dengan Nasi Goreng Jakarta rasanya. Perbedaannya hanya pada rasa kecap di Nasi Goreng Jakarta lebih kuat rasanya sementara pada Nasi Goreng Merah, lebih kuat rasa saus tomat lokalnya. Sebagaimana Nasi Goreng Merah, di dalam Nasi Goreng Jakarta juga ada jeruk nipis selain saus sambal. Sebagian orang suka menetesi nasi gorengnya dengan jeruk nipis. Saya sendiri tak menyukai nasi goreng berjeruk nipis.

Nasi Goreng Merah dan Nasi Goreng Jakarta
Nasi Goreng Jakarta – Foto Oleh Mugniar

Sebenarnya, Nasi Goreng Jakarta bukan pilihan kedua kami. Putri saya memilih Bihun Goreng namun sayangnya menu Bihun Goreng itu sudah habis jadi saya menggantinya dengan Nasi Goreng Jakarta. Untungnya yang membelikan pesanan saya secepatnya mengabari saya dan menguruskan pergantian menu.

Jangan dikira saya menyuruh asisten pribadi saya. Yang membelikan Nasi Goreng Merah dan Nasi Goreng Jakarta ke Kantin Berkah bukanlah siapa-siapa saya. Kami dipertemukan melalui sebuah aplikasi di mana saya memesan kedua menu tersebut.

Saya tak tahu bagaimana caranya mengganti pesanan melalui aplikasi. Untungnya harga Bihun Goreng dan Nasi Goreng Jakarta sama, sama-sama Rp. 15.000 seporsinya. Untungnya pula pesanan saya hanya sedikit jadi tak ada masalah mengganti pesanan tanpa perlu mengganti data di aplikasi.

Melalui sebuah aplikasi, dengan cepat saya bisa memperoleh jenis makanan apa saja yang dijual di sekitar rumah kami. Ada beberapa merchant yang menjual Nasi Goreng Merah sebenarnya tapi saya memilih Kantin Berkah karena letaknya sangat dekat dari rumah kami. Jika memesannya di tempat makan yang dekat, dengan cepat pula pesanan itu tiba dan bisa segera disantap. Jika memesannya di tempat yang jauh, khawatirnya kena risiko terjebak macet.

Cara Mudah Memesan Nasi Goreng Merah dari Kantin Berkah

Jika Anda sedang di Makassar, cicipi Nasi Goreng Merah yang saya rekomendasikan. Petualangan kuliner Anda belum lengkap jika belum mencicipinya! Cara pesannya mudah saja. Bisa dilakukan secara online melaui aplikasi yang saya gunakan. Nama aplikasinya Go-Jek. Memesannya melalui fitur Go-Food. Silakan searching berdasarkan nama tempat makan atau berdasarkan nama jenis makanannya.

( PENA/119M )

Banner Pesen Makan Sekarang