Intip 5 Tempat Makan Enak di Pekanbaru

0
947

Pesenmakan.id, Pekanbaru – Sebagai kota yang sadar kurangnya tempat wisata alam, Pekanbaru menarik wisatawan dengan ragam kuliner yang tak hanya enak dipandang, tapi bikin lidah bergoyang. Banyak tempat makan enak yang dapat kamu kunjungi di Pekanbaru. Hampir seluruh makanan khas daerah Riau, tersaji di kota bertuah ini. Sudah tak sabar berwisata kuliner di Pekanbaru? Ini lima tempat yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Pekanbaru:

1. RM. Pondok Selera Kampung

Terjebak Sedapnya Makanan Khas Melayu Riau di Pekanbaru
Gulai Siput Khas Melayu – Foto Oleh Andrew Pradana

Bagi pecinta kuliner melayu, kamu harus banget mencoba makanan di Pondok Selera Kampung ini. Rumah makan ini menjual berbagai macam makanan melayu, di antaranya adalah gulai siput, asam pedas patin, udang gulai nenas, sup kerang, dan masih banyak lagi. Menurut penulis, jika kamu telah sampai di sini, kamu wajib banget mencoba gulai siput dan udang gulai nenas yang sangat khas melayu ini. Percaya deh, pasti akan ketagihan dan ingin terus memakannya. Rumah makan ini terletak di jalan Khayangan No. 49, Rumbai, tak begitu jauh dari pusat kota Pekanbaru.

Baca Juga: Terjebak Sedapnya Makanan Khas Melayu Riau di Pekanbaru

2. Sate Toge Pondok Kuantan

Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan
Sate Toge – Foto Oleh Mutia Nurul Rahmah

Sate toge merupakan makanan khas dari Kuantan Singingi. Namun, jika ingin mencicipinya, tentu kita tak harus langsung menuju Kuansing. Jika saat ini kamu sedang di Pekanbaru, maka pergilah ke jalan Rajawali Sakti, di sana kamu akan menemui merchant Sate Toge Pondok Kuantan. Tenang saja, gerai makan ini buka dari 8 pagi hingga 6 sore, kok. Sebenarnya, sate toge ini sama dengan sate padang pada umumnya, namun perbedaannya terletak pada toge itu sendiri. Kuah satenya cenderung cokelat kehijauan, disajikan dengan ketupat, daun ubi dan toge. Selain menjual sate, Pondok Kuantan juga menjual banyak hidangan lain seperti camilan kue talam ubi dan pulut kucung srikaya. Jadi, ayo segera merapat!

Baca Juga: Uniknya Sate Toge Pondok Kuantan

3. Rumah Makan Sarina

Tergoda Ikan Kapiek Ndak Batulang, Makanan Khas Kampar Riau
ikan kapiek Ndak Batulang – Foto Oleh Andrew Pradana

Jika kamu adalah penyuka kuliner ikan, maka salah satu tempat makan yang harus kamu kunjungi adalah Rumah Makan Sarina. RM ini bertempat di jalan Arifin Ahmad. Rumah makan ini menjual berbagai makanan khas Kampar yang sangat memanjakan selera kita. Salah satu menu andalannya adalah ikan kapiek ndak batulang. ikan kapiek ndak batulang ini biasanya disajikan dengan berbagai macam sayur, sambal ikan asin balado, dan kalau kamu beruntung, kadang juga ada jengkol yang disambal atau gulai, lho. Proses penyajian ikan ini adalah dengan dibakar, dan tahukah kamu, yang istimewa dari hidangan ini adalah, ikan kapiek yang sebenarnya bertulang banyak, bisa disajikan tanpa tulang sama sekali. Jadi kita tak repot lagi deh untuk memilah-milah tulang ketika menyantapnya. Selain ikan kapiek ndak batulang, restoran ini juga menyediakan hidangan khas Kampar lainnya, di antaranya asam pedas baung dan rendang ayam kampung.

Baca Juga: Tergoda Ikan Kapiek Ndak Batulang, Makanan Khas Kampar Riau

4. Bolu Kemojo Puan Arni

Nikmatnya Menyantap Bolu Kemojo Khas Riau
Bolu Kemojo – Foto Oleh Fatma Kumala

Bisa dikatakan kalau bolu kemojo merupakan salah satu ikon daripada wajah kuliner melayu. Camilan satu ini memiliki banyak penggemar yang berasal dari mana saja. Adonan yang empuk dan menyerupai bunga kamboja berwarna pandan ini mempunyai rasa yang manis dan sangat memanjakan lidah. Jika kamu sedang berada di Pekanbaru, maka kamu mesti coba berkunjung ke gerai Puan Arni yang terletak di jalan Rajawali, Sukajadi. Mengapa demikian? Ya karena selain tempat ini sudah banyak dikenal orang, makanan di sini juga tidak memakai pengawet sama sekali. Selain itu, Puan Arni juga menyediakan banyak camilan lainnya, seperti bolu cermai dan kue bangkit.

Baca Juga: Nikmatnya Menyantap Bolu Kemojo Khas Riau

5. Lotek Bude Neti

Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru
Lotek Bude Neti – Foto Oleh Fatma Kumala

Berbicara soal kuliner khas di Pekanbaru, tak afdol rasanya jika tak membahas lotek. Lotek adalah makanan tradisional yang banyak digandrungi di Pekanbaru. Salah satu gerai yang menjual lotek yang enak adalah Lotek Bude Neti. Bagi yang belum pernah mencoba lotek, lotek ini berisikan macam-macam rebusan sayur yang diberi bumbu ulekan kacang yang sudah dicampur cabe rawit, kencur, daun jeruk, bawang putih dan asam jawa. Biasanya juga ada tambahan tahu, toge dan mie kuning. Adapun sayur-sayur rebusan itu, seperti kol dan ubi. Untuk tingkat kepedasan tentu bisa diminta kepada Bude Neti.

Baca Juga: Menyantap Lotek Bude Neti, Makanan Enak Di Pekanbaru

Kabar baiknya, semua tempat di atas telah mendaftarkan diri sebagai mitra GOJEK. Tentu akan sangat mudah untuk kamu yang ingin menyantap makanan khas tersebut. Kamu bisa memesan melalui driver GOJEK untuk mengantar ke alamat si penjual. Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi GOFOOD agar pesanan diantar ke alamat kamu. Kamu tidak perlu takut untuk lama waktu pengantaran. Pekanbaru bukanlah kota yang padat kendaraan.

Banner Pesen Makan Sekarang