Ini Namanya Songkolo, Makanan Enak di Kota Makassar

0
340

Pesenmakan.id, Makassar – Mencari makanan enak di Kota Makassar tidak sulit. Banyak kedai yang menyajikan makanan enak di Kota Makassar, khususnya makanan tradisional.

Salah satu yang wajib Anda nikmati adalah makanan dari beras ketan. Namanya songkolo. Untuk mendapatkan kuliner khas Makassar songkolo, Anda bisa datang langsung ke kedai yang menyajikan atau dengan cara lebih praktis, pesan secara online.

Jika membuka internet, Anda menemukan banyak kedai yang menawarkan kuliner songkolo. Silahkan dipilih sesuai selera atau sesuai jarak tempat tinggal Anda.

songkolo dari Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah
Songkolo – Foto oleh Muhammad Yunus

Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah

Setelah menjelajah songkolo dalam jaringan, saya memilih Kedai Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah. Alasannya, jaraknya dekat dengan rumah saya. Selain itu, kedai ini punya cara yang unik dalam menyajikan songkolo.

Makanan songkolo Kedai Alhamdulillah akan ditimbang terlebih dahulu. Ada paket berat 1,5 ons dan paket 2,5 ons. Harganya terbilang murah.

Bagi warga Makassar, songkolo umumnya dimakan saat pagi hari. Sebagai sarapan sebelum beraktivitas. Karena banyak kedai yang menjual sampai larut malam atau buka 24 jam, songkolonya pun disebut begadang.

Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah juga menyajikan menu Pallubasa dan nasi kuning khas Makassar.

songkolo dari Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah
Songkolo – Foto oleh Muhammad Yusuf

Empuk, Gurih, Manis, dan Pedasnya Pas

Songkolo adalah makanan yang terdiri dari nasi ketan, parutan kelapa goreng, ikan kering, dan sambal.

Songkolo yang saya dapatkan dari kedai Alhamdulillah menggunakan beras ketan hitam dan ikan teri. Songkolo dibungkus plastik. Dasarnya diberi lapisan daun pisang. Agar panas songkolo tidak bersentuhan langsung dengan permukaan plastik. Jadinya, wangi daun pisang yang tercium. Bukan bau plastik.

Songkolo hitam ini empuk dan enak. Lembut saat dikunyah. Sangat pulen. Aroma ketan hitamnya juga sangat terasa.

Parutan kelapa goreng yang ditaburi di atas songkolo memberi rasa manis dan gurih. Ikan teri kering sangat enak. Tidak terlalu asin. Cara menggorengnya pas. Rasa dan aroma ikan sangat terasa. Tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Saat dikunyah rasanya seperti krupuk. Kriuk-kriuk. Yammi…

Sensasi rasa songkolo belum selesai Food Lovers. Masih ada sambal berwarna coklat kemerah-merahan. Ada campuran cabai dan tomatnya. Bagi Anda pecinta pedas, sambal songkolo ini sangat saya rekomendasikan. Pedasnya WOW.

songkolo dari Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah
Songkolo – Foto oleh Muhammad Yusuf
songkolo dari Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah
Songkolo – Gambar oleh Muhammad Yusuf

Sambalnya hot mengeluarkan aroma kayu manis. Makin menambah selera makan.

Saya memesan dua paket songkolo. Ukuran besar buat saya dan ukuran kecil buat anak saya. Bagi Anda yang terbiasa sarapan nasi, satu paket songkolo ukuran besar sudah cukup untuk energi sampai makan siang.

Owh iya, jika tidak suka ikan kering, Anda bisa memesan telur bebek asin atau telur ayam. Di beberapa tempat, songkolo disandingkan dengan ayam atau daging sapi.

Rasa songkolo kedai Alhamdulillah ini mantul: mantap betul.

Pesan lewat Go Food

Layanan Go Food membuat selera makan tidak pernah kendur. Kapan pun di wilayah Makassar, jasa Go Food selalu siap melayani pesanan Food Lovers. Saya makin rajin menggunakan jasa Go Food karena Makassar sudah sering hujan. Pesan lewat Go Food juga cepat dan lokasi pengantarannya selalu tepat. Makanan sampai dengan hangat.

Karena pakai Go Pay, saya mendapat bonus bebas biaya antar. Terima kasih Go Food, terima kasih Go Pay. (Pena/MY)

Banner Pesen Makan Sekarang