Gurihnya Nasi Bakar Tuna dan Dessert Manis dari Dapur Mama Rio

0
138
Gurihnya Nasi Bakar Tuna dan Dessert Manis dari Dapur Mama Rio
Nasi bakar - Foto Oleh Irma suryani

PesenMakan.id, Makassar – Menikmati seporsi nasi goreng, nasi kuning atau nasi uduk adalah hal yang biasa. Jika merasakan sensasi yang berbeda dengan aroma yang menggoda selera, cobalah nasi bakar. Nasi bakar menjadi makanan yang populer beberapa tahun terakhir ini. Tak ada sumber pasti yang menjelaskan dari daerah mana nasi bakar ini berasal, meskpun ada juga yang menyebutkan berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Seperti nasi pada umumnya, nasi bakar tentu saja berbahan utama beras yang ditanak menjadi nasi lalu diolah dan dibakar di atas api. Proses pengolahan inilah yang menjadikan nasi bakar menjadi istimewa. Penambahan santan, rempah-rempah dan isian seperti daging, ayam, jamur, bermacam-macam seafood (udang, ikan, cumi, kerang) dan lain-lain menjadikan nasi bakar dapat langsung disantap tanpa perlu lauk lagi.

Sebelum siap dihidangkan, nasi dengan isian tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di atas api. Penggunaan daun pisang memberikan aroma khas tersendiri yang menguar secara alami pada saat bungkus daun pisang tersebut dibuka. Ditambah lagi dengan adanya rempah-rempah menjadikan nasi bakar terasa lebih gurih, wangi dan lebih enak dibanding menyantap nasi biasa.

Setiap kali berkunjung ke event bertemakan kuliner di kota Makassar ini, ada saja yang berjualan nasi bakar di sana. Wajar saja ya mengingat nasi bakar ini sedang menjadi makanan yang populer dan banyak dicari. Nasi bakar memang selalu enak dinikmati dengan isian apa saja. Salah satu yang paling banyak diminati adalah nasi bakar tuna. Wangi aroma khas dari daun pisang dan kemangi, ditambah suwiran tuna pedas yang gurih menjadikan selalu ingin nambah lagi dan lagi.
Dapur Mama Rio
Di Makassar, bertebaran warung yang berjualan nasi bakar. Salah satunya adalah Dapur Mama Rio. Mendengar namanya saja sudah membayangkan masakan rumahan yang dimasak penuh cinta oleh seorang ibu. Selain nasi bakar tuna dan nasi bakar ayam rica, di Dapur Mama Rio juga tersedia beberapa macam dessert seperti salad buah, puding coklat lumer, brownis avocado brownis puding selimut coklat dan cheesecake oreo.

Gurihnya Nasi Bakar Tuna

Sedikit berbeda dengan nasi bakar yang dijual di tempat makan lain, nasi bakar tuna dari Dapur Mama Rio dilengkapi dengan seporsi gulai nangka + daun singkong, kerupuk dan sambel. Begitu pembungkus daun dibuka, wangi khas langsung menyeruak menyerbu indera penciuman dan menggugah selera makan. Ketika nasi dibelah, terlihatlah isian tuna yang lumayan banyak, ternyata Mama Rio cukup bermurah hati juga. Citarasa tuna pedas berpadu nasi yang gurih serasa menyatu ketika dikunyah di mulut.

Gurihnya Nasi Bakar Tuna dan Dessert Manis dari Dapur Mama Rio
Nasi Bakar – Foto Oleh Irma suryani

Gulai nangkanya juga enak, terasa gurih dan lumayan pedas. Perpaduan santan kelapa dan bumbu rempah terasa pas di lidah, begitu pun dengan sayur nangka dan daun singkongnya. Bersama dengan paket nasi bakar tuna, turut disertakan sebungkus kecil sambel. Sebenarnya tanpa sambel pun, nasi bakar tuna ini sudah cukup pedas. Tapi jika kamu ingin rasa pedas yang lebih nendang bisa juga disantap dengan sambel ini.

Puding Coklat Yang Lumer di Lidah

Dessert puding memang tidak ada matinya, apalagi puding coklat yang selalu menjadi favorit. Menyebut puding cokelat lumer, maka yang terbayang adalah puding cokelat yang meleleh di dalam mulut sesaat setelah disuapkan.

Gurihnya Nasi Bakar Tuna dan Dessert Manis dari Dapur Mama Rio
Pudding Coklat – Foto Oleh Irma suryani

Puding coklat dari Dapur Mama Rio sebenarnya masih agak kurang lumer. Tapi masih bisa diterima karena tertutupi dengan limpahan keju di permukaan puding. Selain itu, manisnya pas tidak berlebihan. Puding cokelat lumer ini terdiri atas 4 lapisan, yang pertama adalah lapisan vla coklat, disusul lapisan puding, vla coklat lagi dan yang terakhir adaah keju yang berlimpah.

Salad Buah Yang Berlimpah Keju

Gurihnya Nasi Bakar Tuna dan Dessert Manis dari Dapur Mama Rio
Salad Buah – Foto Oleh Irma suryani

Salad buah juga termasuk salah satu makanan yang populer belakangan ini. Tidak mau ketinggalan, Dapur Mama Rio juga menyediakan menu desser ini. Potongan buah mangga, apel, melon, pear, jelly dan saus vla yang banyak lalu ditutup dengan lapisan keju di atasnya. Sebagai pemanis, diletakkan potongan anggur dan seiris jeruk manis. Hadirnya buah mangga di salad buah ini memberikan rasa yang berbeda dengan salad buah yang pernah saya coba. Lebih unik dan segar.

Memesan Makanan di Dapur Mama Rio dengan Go-Food

Berkembangnya teknologi memberikan kemudahan tersendiri. Jika sedang sibuk sehingga tak sempat memasak dan ke warung membei makan, kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan Go-Food dalam aplikasi Go-Jek. Cukup klik beberapa kali, maka makanan yang dipesan akan tiba di rumah dengan selamat.

Dapur Mama Rio termasuk salah satu merchant yang bisa dipesan via Go-Food. Jika ingin menikmati promo atau diskon, direkomendasikan melakukan pembayaran dengan GoPay. Keinginan untuk menikmati makanan yang populer seperti nasi bakar tuna, salad buah ataupun puding coklat lumer bisa terwujudkan dengan sempurna. Selamat makan!

( PENA/129IS )

Banner Pesen Makan Sekarang